cara menyimpan makanan dalam kulkas

3 Cara Menyimpan Bahan Makanan Dalam Kulkas Portable

Dibuat sesuai dengan namanya, kulkas portable merupakan sebuah kecanggihan terbaru dari bentuk kulkas konvensional yang bisa dibawa kemana-mana dan memiliki banyak sekali sumber daya yang menyuplai tenaganya. Namun tidak semua orang merasa bisa menggunakan kulkas jenis ini dengan baik dikarenakan luas bagian dalamnya yang sempit sehingga tidak semua bahan makanan bisa masuk kedalamnya sehingga diperlukan adanya pengaturan khusus.

Tata Cara Menyimpan Makanan Dalam Kulkas Portable
Meskipun ukurannya relatif lebih kecil, namun bagian dalam kulkas portable ini juga berbeda-beda sehingga Anda harus bisa menyimpan bahan makanan dengan cara berikut ini:

·    Mengelompokkan bahan makanan terlebih dahulu
Dikarenakan kulkas portable ini sangat kecil sehingga Anda tidak bisa memasukkan semua bahan makanan bercampur menjadi satu karena hal ini bisa menimbulkan bau yang tidak sedap dari kulkas Anda. Sebaiknya bahan makanan tersebut harus dikelompokkan terlebih dahulu sesuai jenis dan juga ketahanannya. Sayuran hijau merupakan bahan yang cepat layu dan membusuk sehingga Anda harus mengelompokkannya sendiri dan tidak dicampurkan dengan bahan makanan lain yang lebih awet. Pisahkan juga sayur dengan buah karena jika sayuran layu dan membusuk, maka hal ini bisa mempengaruhi kesegaran dari buah. Pisahkan juga lauk pauk seperti ayam dan daging dengan cara meletakkannya di dalam wadah kedap udara sehingga tidak bercampur dengan bahan lainnya dan tidak akan menimbulkan bau tidak sedap.
·    Kulkas dengan 2 rak
Kebanyakan dari kulkas portable memiliki dua rak saja yang sebagai sekat serta pemisah sehingga tidak bisa meletakkan makanan dengan banyak ataupun makanan berukuran besar karena hal tersebut bisa membuat rak menjadi sesak dan tidak lapang. Untuk bagian telur serta minuman biasanya sudah disediakan di sisi pintu sehingga Anda bisa meletakkan berbagai mcam minuman botol atau kaleng disana. Pastikan minuman tersebut tidak terbuka atau dalam kondisi rawan tumpah karena bisa mengotori dan mengontaminasi bahan makanan lainnya di dalam. Tempatkan telur pada bagian atas pintu dan letakkan sisanya dalam kotak tertutup dan tempatkan pada rak bawah bagian pojok. Selain itu, gunakan juga rak bawah untuk meletakkan bahan makanan seperti sayuran atau buah dan jika perlu masukkan terlebih dahulu ke dalam wadah tertutup sehingga tidak akan tercampur. Untuk rak bagian atas, Anda bisa meletakkan daging, seafood, ayam ataupun ikan dalam wadah tertutup sehingga aroma tidak keluar dan bercampur menjadi satu dengan bahan lainnya.
·    Memisahkan makanan tahan lama dengan yang tidak tahan lama
Terdapat dua jenis makanan berdasarkan ketahanannya yaitu makanan yang tahan lama serta yang tidak tahan lama atau cepat basi. Pada kulkas portable, sebaiknya Anda meletakkan bahan makanan yang tidak tahan lama di bagian depan sementara bahan yang bisa bertahan lama seperti makanan instan ataupun saus di bagian belakang. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menjangkau bahan makanan tersebut dengan mudah bila memang sudah tidak bisa digunakan lagi. Jika Anda meletakkannya di bagian belakang, maka Anda harus mengeluarkan makanan yang berada di depannya terlebih dahulu untuk bisa lebih mudah dijangkau. Hal ini bisa merepotkan Anda sendiri karena harus mengeluarkan bahan makanan sendiri serta menatanya kembali di dalam kulkas. Selain itu, Anda juga jangan selalu mengubah suhu dalam kulkas karena hal tersebut bisa mempengaruhi ketahanan bahan makanan di dalamnya dan membuatnya cepat busuk ataupun layu.

Semoga beberapa cara mengatur bahan makanan dalam kulkas portable ini bisa membantu Anda sehingga lebih memudahkan Anda untuk menyimpan bahan makanan supaya lebih awet dan tahan lama tanpa terkontaminasi apapun.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment