service AC

3 Cara Merawat Umur AC Split

Bukan hanya tukang servis saja yang harus merawat ac split Anda secara berkala setiap tiga maupun enam bulan sekali namun Anda sebagai pengguna bukan hanya mengetahui cara untuk menggunakan ac saja melainkan perlu mengetahui cara untuk merawat dan mempertahankan umur ac sehingga tahan lama dan juga awet selama bertahun-tahun supaya ac tetap bekerja seperti pertama kali Anda membelinya di toko.

Tips Merawat Ac Split Agar Awet

Sebagai konsumen pintar pengguna ac split, Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk bisa mempertahankan umur ac sehingga lebih tahan lama sebagai berikut:

·    Jangan menyalankan ac yang baru saja dimatikan langsung
Mungkin Anda tidak mengetahui jika menyalakan dan mematikan ac split terus menerus memiliki resiko. Sebagai contohnya Anda sedang berada di kamar dan menyalakan ac. Kemudian Anda merasa lapar dan ingin membuat makanan di dapur selama beberapa menit saja lalu Anda mematikan ac. Setelah makanan jadi, Anda ingin makan di kamar dan kemudian menyalakan lagi padahal ac belum lama dimatikan. Hindarilah cara ini termasuk juga jika Anda sering salah menekan tombol on dan off di ac dengan maksud yang berbeda. Ketika Anda melakukan hal ini, semua sistem di dalam ac yang baru beristirahat akhirnya disuruh bekerja kembali dan lama kelamaan ini akan membuat ac menjadi rusak. Berikan waktu sedikit lebih lama bagi freon dan juga oli kompresor untuk kembali lagi menuju mesin kompresornya dengan begitu bagian kompresor ac pun akan jauh lebih awet.
·    Jangan sering membuka dan menutup pintu ruangan di kala ac menyala
Mungkin kesalahan ini tidak sadar Anda lakukan jika membuka atau menutup pintu ruangan di kala ac split sedang menyala ini salah. Ac yang dinyalakan akan berusaha untuk mendinginkan ruangan dengan suhu yang telah ditentukan di dalam remote ac Anda. Ketika pintu ruangan itu dibuka dan ditutup terus menerus, maka suhu yang terdapat di dalam ruangan dengan ac menyala ini tidak akan stabil sebab hawa panas yang berasal dari luar akan masuk menuju ruangan dalam dan ini akan membuat kinerja ac semakin keras sebab ac akan mencoba untuk menyesuaikan sekaligus menstabilkan suhu yang terdapat di dalam ruangan hingga mencapai suhu di dalam remote kembali. Jika ac ini dipasang di luar ruangan, maka akan lebih sulit lagi untuk bisa mencapai suhu yang telah Anda setting atau tetapkan sebab banyaknya sirkulasi hawa panas yang masuk di ruangan terbuka itu. Tentunya ini akan membuat umur ac menjadi lebih singkat sebab kompresor lebih cepat rusak. Sebaiknya pasanglah ac portable atau kipas angin untuk mendinginkan ruangan yang tidak tertutup.
·    Membersihkan debu secara rutin
Satu hal yang harus Anda mengerti adalah musuh yang paling utama untuk ac adalah debu. Seringkali anda hanya membersihkan debu yang terdapat di lantai dengan cara disapu maupun dipel agar tidak terbawa udara bebas dan menyebabkan udara kotor masuk ke dalam ac. Namun debu bukan hanya terdapat di lantai maupun sudut ruangan saja tetapi masih ada beberapa tempat lain yang seringkali Anda lupakan. Tempat-tempat itu adalah di atas lemari dan juga tembok ruangan. Kedua lokasi ini menjadi salah satu tempat favorit bagi debu untuk berkumpul dan akhirnya masuk ke dalam ac serta membuat kerja ac menjadi sangat sulit. Makin tebal penumpukan debu disana, maka kinerja ac juga makin berat sebab bagian filter akan kesulitan untuk menyaring dan menampung debu yang masuk.

Dengan melakukan beberapa tips untuk merawat umur ac split, maka Anda akan selalu mendapatkan ac seperti baru.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment