important

3 Hal Penting Yang Harus Diketahui Oleh Pemilik Kulkas

Sebagai salah satu perangkat elektronik yang kehadirannya bisa dianggap vital di dalam rumah, selayaknya setiap pemilik kulkas mengetahui secara tepat cara merawat dan memperlakukan lemari es ini agar tetap awet, hemat listrik, dan bisa menjaga kesegaran bahan makanan secara maksimal. Lemari es memang membawa dampak bagi kesehatan seluruh anggota keluarga sehinga harus benar-benar dirawat dengan baik.

3 Hal penting tentang kulkas
Inilah 3 hal penting tentang lemari es yang selayaknya diketahui oleh semua pemilik perangkat elektronik ini.
1. Merawat evaporator lemari es
Di dalam mesin lemari es terdapat bagian yang disebut evaporator. Dalam waktu yang cukup lama pada umumnya permukaan pipa evaporator akan ditempeli oleh bunga-bunga es yang telah mengeras. Untuk itu perlu dilakukan pembersihkan secara teratur. Caranya adalah:
·    Matikan hubungan dinamo atau motor listrik dengan arus listrik.
·    Diamkan selama beberapa saat hingga es yang menempel pada permukaan pipa evaporator meleleh.
·    Keringkan pipa  dengan kain lap yang sebelumnya telah dicelupkan air hangat. Hanya pembersih itulah yang boleh Anda gunakan. Benda keras, cairan kimia, atau sejenisnya akan merusak pipa evaporator.
·    Untuk membersihkan ruangan dan body lemari es Anda cukup menggunakan kain lap lembut dan menyerap air yang dicelup air hangat. Ingatlah untuk tak mencongkel bongkahan es dengan benda tajam karena bisa merusak evaporator.

2. Membersihkan kulkas
Sebagai pemilik lemari es Anda perlu mengetahui bahwa lemari pendingin tak bisa 100% steril dari jamur dan bakteri. Kedua jenis parasit tersebut mungkin terbawa oleh bahan makanan yang dimasukkan ke dalam lemari es dan baik jamur atau bakteri hanya non aktif pada suhu rendah tetapi tak mati sepenuhnya. Bila kembali berada pada suhu kamar parasit-parasit ini bisa kembali aktif dan berpotensi merugikan kesehatan Anda misalnya dengan penyakit gangguan pencernakan atau yang lainnya.

Untuk itu pembersihan secara teratur tetap harus dilakukan. Sebelumnya matikan lemari es terlebih dahulu dan keluarkan seluruh isinya. Bersihkan ruangan dalamnya dengan kain lembut yang telah dicelupkan campuran air hangat dan sabun cair. Sebaiknya pilih yang harumnya lembut agar tak merusak aroma makanan yang disimpan di dalam lemari es. Jangan melewatkan bagian sekat isolator atau gasket magnetis pada pintu lemari pendingin.

3. Menyimpan makanan
Jangan meletakkan makanan atau minuman yang terlalu panas ke dalam kulkas. Bila ingin menyimpan bahan makanan atau minuman yang bersuhu panas atau hangat sebaiknya diamkan dulu hingga suhunya normal atau bersuhu kamar. Untuk makanan yang beraroma kuat seperti durian atau terasi sebaiknya dibungkus rapat atau dimasukkan dalam wadah tertutup agar tak mencemari aroma makanan yang lain. Sayuran dan buah hendaknya tak disimpan terlalu lama di lemari pendingin agar bisa diolah dalam kondisi tetap segar.

Jenis makanan segar tersebut bisa disimpan maksimal selama 3 hari dan bisa dimasak tanpa mengubah rasanya. Sama seperti bahan makanan segar, makanan yang telah diolah pun bisa bertahan di dalam lemari pendingin selama sekitar 3 hari. Botol-botol minuman yang terbuat dari beling hendaknya tak dimasukkan ke dalam freezer karena bisa pecah pada suhu yang rendah.
Demikianlah 3 hal penting yang layak diketahui oleh seluruh pemilik kulkas agar bisa menjaga perangkat elektronik yang cukup besar jasanya ini di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment