komponen-ac

4 Komponen Pendukung Dalam Ac Split

Anda mungkin hanya tahu beberapa komponen utama dari sebuah ac split namun tidak mengetahui sama sekali komponen pendukung apa saja yang membuat kinerja dari ac bisa seperti itu dan mampu menghasilkan udara dingin yang Anda butuhkan. Mengetahui komponen yang terdapat di bagian dalamnya akan memudahkan Anda untuk mengetahui apabila terjadi kerusakan sehingga perbaikan dapat langsung tepat sasaran.

Komponen Pendung Penting Dalam Ac Split

Selain kondensor maupun kompresor yang dinilai sebagai jantung dari ac split, masih ada juga beberapa komponen penting yang mendukung komponen utama sebagai berikut:

·    Strainer
Di dalam bahasa Inggris, strainer berarti saringan dan sesuai dengan namanya, alat ini memiliki fungsi utama untuk menyaring kotoran di udara yang masuk bersama dengan refrigerant di dalam sistem ac. Meskipun kecil dan hanya disebut bagian pendukung dari ac split, namun penyaring ini memiliki fungsi yang paling penting sebab jika alat ini rusak, maka kotoran akan lolos dan tidak akan tersaring kemudian menyebabkan penyumbatan di bagian pipa kapiler. Bila hal ini terus menerus terjadi, maka pipa ataupun saluran dari sirkulasi refrigerant akan terganggu dan menyebabkan udara kotor bisa terhirup.
·    Accumulator
Alat ini mempunyai fungsi untuk menampung refrigerant yang berbentuk cair sementara dan memiliki suhu yang rendah serta juga menampung minyak yang berasal dari pelumas evaporator. Selain itu, fungsi lain dari evaporator ini adalah untuk mengatur aliran sirkulasi dari refrigerant supaya lebih mudah keluar masuk melalui saluran yang terdapat di accumulator bagian atas menuju saluran isap dari kompresor. Supaya aliran dari refrigerant yang cair tidak masuk menuju kompresor, maka disini accumulator memiliki tugas untuk menjaga bentuk wujud dari refrigeran agar tetap seperti gas dan bukan cair. Jika bentuk dari refrigeran adalah gas, maka gas tersebut akan masuk dengan mudah menuju kompresor tanpa perlu membuatnya menjadi rusak.
·    Minyak pelumas kompresor
Bukan hanya kendaraan saja yang memiliki minyak pelumas melainkan ac split juga memiliki minyak pelumas untuk bagian kompresor. Fungsi minyak pelumas yang terdapat di dalam ac ini hampir sama dengan pelumas mobil dimana minyak ini berfungsi untuk melumasi atau melapisi bagian-bagian dari kompresor yang sering bergesekan. Secara langsung, minyak ini memiliki fungsi untuk mencegah bagian yang sering bergesekan tersebut menjadi cepat aus dan akhirnya mengalami kerusakan. Fingsi lainnya dari minyak ini adalah untuk mendinginkan sekaligus mengurangi panas khusus untuk bagian yang selalu terkena gesekan. Bagian kompresor yang sering bergesekan tersebut menimbulkan kalor dan minyak adalah untuk mendinginkannya.
·    Fan atau blower
Sesuai dengan namanya, fan atau yang dikenal dengan blower ini merupakan sebuah alat di dalam komponen ac split yang memiliki fungsi untuk mensirkulasi udara yang terdapat di dalam ruangan sehingga udara itu mampu masuk dengan mudah menuju evaporator dan setelah melalui evaporator, maka udara tersebut nantinya akan langsung disebarkan kembali dalam keadaan yang sudah dingin. Tentunya udara ini melalui sebuah proses terlebih dahulu. Blower di dalam ac ini akan terus bekerja hingga suhu ruangan sama dengan suhu yang diatur di dalam remote control ac. Sementara untuk fan yang terdapat di outdoor, bentuknya seperti kipas dan memilki fungsi yang berbeda yaitu untuk mendinginkan udara refrigeran yang terdapat di dalam kondensor. Dikarenakan fungsinya beda, maka penggeraknya pun juga berbeda dan motor listriknya tidak sama.

Inilah beberapa komponen pendukung dari sebuah ac split yang membuat kinerja dari komponen utama menjadi maksimal.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment