tahapan

4 Tahap Pemasangan AC Split yang Tepat

Memasang ac bukan perkara yang mudah dan hanya mereka para ahli yang bisa memasangnya. Biasanya ketika Anda membeli ac, maka akan ada gratis pemasangan yang dilakukan langsung oleh pihak toko tempat Anda membeli ac split. Namun untuk mendapatkan manfaat yang sangat baik serta tepat dari ac yang dibeli, maka seseorang harus mampu memasang dan menempatkan ac ini dengan tepat di setiap unitnya tanpa kesalahan.

Cara Memasang AC Split Dengan Tepat

Ada beberapa tahap pemasangan dari ac split sekaligus juga hal penting yang harus diperhatikan lebih sehingga ac dapat dipasang dengan benar sebagai berikut:

·    Perhatikan posisi indoor
Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika memasang ac split adalah memperhatikan posisi indoor. Posisi dari unit indoor seharusnya diletakkan sekitar 15 cm dari atap dan hal ini berfungsi supaya aliran udara dari unit indoor lebih baik karena udara yang dialirkan oleh unit indoor tersebut dihisap melalui bagian atas dan juga depan dari unit indoor sehingga jika bagian atasnya tertutup, maka kualitas dari pendingin akan menurun. Lalu hal lain yang harus diperhatikan adalah pemasangan dari unit indoor yang lainnya adalah barang yang terletak di bawah. Jangan meletakkan unit indoor ini di bawah dari sumber listrik maupun alat elektronik lainnya seperti komputer serta alat yang tidak boleh terkena air sebab dikhawatirkan jika ac dalam kondisi yang kotor serta air menetes dan mengenai barang tersebut. Selain itu jangan pernah pula mengarahkan udara dari ac langsung pada tubuh karena tidak baik untuk kulit dan juga pernapasan.
·    Perhatikan posisi outdoor
Selain posisi indoor, posisi unit outdoor pun harus dipertimbangkan dengan baik sebab unit inilah yang menjadi kunci apakah ac split ini akan bertahan lama atau awet karena sebagian mesin yang terdapat di dalam ac ada di bagian unit outdoor. Karena itulah, pemasangan dari unit ini diharuskan lebih rendah sekitar 30 cm diantara nepel atau sambungan pipa baik itu indoor maupun outdoor dengan tujuan supaya oli mesin selalu kembali menuju unit outdoor. Disini oli kompresor juga turut bersirkulasi dengan refrigeran. Namun jika pemasangan ini outdoor lebih tinggi, maka oli akan berpindah menuju unit indoor dalam waktu 1 hingga 2 tahun dan tidak bisa kembali lagi menuju unit outdoor. Oli yang berada di dalam unit indoor nantinya akan menghalangi peresapan dari hawa panas serta juga menyebabkan kompresor nantinya kekurangan oli dan makin lama, kompresor akan rusak. Pemasangannya harus sekitar 50 cm di depan dan sekitar 20 cm dari sisi belakang dan cobalah untuk meletakkannya di area yang sirkulasinya baik.
·    Perhatikan pipa penghubungan bagian indoor dan outdoor
Pipa yang menghubungkan bagian indoor dan juga outdoor harus diperhatikan dengan baik karena jika pipa ini bengkok, maka aliran refrigeran pun akan terganggu. Panjang pipa harus sekitar 3 hingga 6 meter karena ini merupakan ukuran yang paling ideal. Namun jika ternyata tidak memungkinkan, maka pipa dapat disambungkan dengan lainnya mulai dari 9 hingga 12 meter. Sebaliknya jika panjangnya kurang dari 3 meter, maka pipa penghubung harus dihubungkan kembali dengan sambungan hingga mencapai 3 meter.
·    Perhatikan jalur pembuangan air
Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah jalur pembuangan air sebab jika ini tidak dipasang dengan tepat, maka air akan menetes sembarangan dari unit indoor dan ini jelas tidak akan nyaman.

Dengan melakukan pemasangan ac split secara tepat, maka Anda bisa mendapatkan manfaat dari ac yang sesungguhnya tanpa masalah maupun juga error.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment