4 Tips Menggunakan AC agar hemat hemat listrik

4 Tips Menggunakan AC agar hemat hemat listrik

Salah satu konsekuensi logis dari pemasangan air conditioner di rumah anda adalah naiknya tagihan listrik. Sebenarnya ini adalah sesuatu yang lazim terjadi, setiap ada penambahan perangkat elektronik dirumah anda, maka pasti tagihan listrik anda juga akan naik.
Namun, jika kenaikan tagihan listrik anda begitu tinggi, tentu ada sesuatu yang perlu anda evaluasi dirumah anda, terutama terkait dengan pemakaian listriknya, apakah sudah mengacu pada pemakaian yang hemat energy atau sebaliknya.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan berbagi tips sederhana bagaimana mengurangi pemakaian listrik anda sehingga bisa menghemat pengeluaran anda untuk membayar tagihan listrik. Selamat menyimak!

1.Hindari Panas Matahari Langsung

Jika rumah anda terkena cahaya matahari langsung, baik pada pagi hari maupun sore hari, maka ini akan berdampak secara tidak langsung pada pemakaian energy listrik dirumah anda. Dinding rumah yang terkena cahaya matahari akan menyerap panas pada saat cuaca panas dan melepaskan panas tersebut pada saat cuaca sudah mulai dingin.
Jika pada ruangan yang dindingnya terkena cahaya matari langsung terdapat air conditioner, maka ia membutuhkan energy yang cukup besar untuk mendinginkan ruangan karena pada saat yang sama, dinding ruangan tersebut juga melepaskan hawa panas yang diserapnya pada siang hari.

Untuk mengantisipasi kondisi diatas, anda bisa mensiasatinya dengan cara menghindarkan panas matahari langsung ke dinding rumah anda. Bisa dengan cara mananam pohon pelindung sekitar rumah anda maupun dengan cara pemasangan tirai.

2.Atur suhu Air Conditioner sesuai dengan kebutuhan

Mungkin bagian ini sering diabaikan, kebiasaan pengguna biasa menyamakan pengaturan suhu untuk semua kondisi. Jika hal ini tidak segera anda rubah, maka tagihan listrik anda akan terus naik dari waktu.

Pengaturan suhu sesuai dengan kebutuhan sangat penting untuk bisa menghebat pemakaian listrik dirumah anda. Pengaturan suhu pada siang hari dan malam hari jelas berbeda. Begitu juga pengatuan suhu untuk ruangan yang berisi 1 orang berbeda dengan ruangan yang terdiri dari beberapa orang.

Sekilas hal ini tampak sepele, tapi jika anda sedikit peduli dan mulai mengaturnya sesuai dengan kebutuhan, maka anda akan melihat perubahan yang nyata pada tagihan listrik anda.
Berikan informasi ini kepada seluruh anggota keluarga anda. Jika dirumah anda terdapat 3 unit Air Conditioner dan semuanya melakukan pengaturan suhu sesuai dengan kebutuhan, maka anda akan melihat perubahan yang cukup signifikan pada tagihan listrik anda.

3.Service secara rutin Air Conditioner anda

Langkah berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengurangi tagihan listrik ketika menggunakan air conditioner adalah dengan merawatnya secara rutin.

Air Conditioner yang sudah lama digunakan tentu akan mengalami penurunan kenerja dari waktu ke waktu. Dampak langsung atas penurunan kenerja mesin air conditioner ini adalah penggunaan energy listrik yang berlebihan. Oleh karenanya perlu dilakukan perawatan rutin terhadap mesin tersebut sehingga ia bekerja dengan maksimal tanpa mengkonsumsi energy listrik yang berlebihan.

Pada beberapa kasus anda juga perlu mengganti perangkat-perangkat tertentu dari mesin air conditioner ini sehingga ia berjalan sebagaimana mesin baru.

4.Gunakan Kapasitas Air Conditioner sesuai dengan ukuran ruangan

Ini adalah langkah penting dan hal pertama yang perlu anda perhatikan ketika anda tidak ingin tagihan listrik dirumah anda terlalu besar. Dengan menyesuaikan kapasitas AC yang digunakan dengan luas ruangan, maka diharapkan penggunaan energy listrik tidak terlalu besar.
Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghemat tagihan listrik dirumah anda untuk jangka panjang. Pada awalnya mungkin belum terasa pengaruhnya pada keuangan anda, tapi setelah beberapa waktu anda akan merasakan betapa penghematan yang anda lakukan

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment