4tips merawat ac agar tahan lama ac murah

4 Tips Merawat AC Agar Tahan Lama

Memiliki ac di rumah untuk membantu menurunkan suhu ruang agar nyaman perlu mengetahui tips merawat ac tersebut. Bahkan untuk ac yang mahal dan dikenal memiliki ketahanan mesin yang bandel sekalipun sangat wajib untuk dirawat dengan baik. Perawatan yang baik ialah perawatan yang tepat dan dilakukan secara rutin. Perawatan ini bisa dengan berbagai bentuk yang tentunya bisa dilakukan kapan saja dan sebaiknya diupayakan untuk terjadwal dengan baik. Adapun bentuk perawatan yang bisa dilakukan agar ac di rumah tahan lama meliputi:

Selalu menggunakan ac sesuai kebutuhan

Ketika anda memiliki ac upaya perawatan yang mudah namun sering diabaikan ialah mematikan ac ketika ruangan tidak digunakan. Mematikan ac saat tidak diperlukan merupakan salah satu tips merawat ac yang paling mudah dan memberikan manfaat besar. Saat ac dinyalakan tentunya mesin yang ada akan bekerja sesuai fungsi. Jika intensitas kerja mesin ac terbilang secukupnya dan tidak berlebihan akan membantu ketahanan mesin ac tersebut. Sehingga usia dari ac akan lebih panjang, kemudian juga membantu anda menghemat kebutuhan listrik.

Pastikan membersihkan ac dengan baik

Ac berfungsi untuk mengalirkan udara yang sejuk dan bersifat menyerap udara yang berada di ruangan tersebut. Jika kondisi ruangan berdebu meskipun tidak banyak, dan dibiarkan akan membuat bagian filter ac tertutup oleh debu tersebut. Tips merawat ac dengan membersihkan ac baik bagian luar maupun dalam terutama bagian filter (penyaring udara) sebaiknya dilakukan secara berkala. Anda bisa membersihkan setiap bagian ac yang dimiliki yakni minimal sebulan sekali. Hal ini tentunya akan memudahkan anda mengatur jadwal sebab tidak perlu meluangkan waktu setiap hari.

Pintar menggunakan ac

Sifat ac yang berfungsi menyaring dan menggantikan udara dalam ruangan sebaiknya menjaga kebersihan ruangan tersebut. Kebersihan disini merupakan kebersihan dari segi adanya bakteri, virus, asap rokok, dan lain sebagainya. Cara mengaplikasikan tips merawat ac satu ini ialah melihat kondisi, semisal ada keluarga yang tengah sakit flu sebaiknya tidak menyalakan ac. Jika memaksakan menyalakan ac akan membuat anggota keluarga lain bisa terserang flu juga. Kemudian juga akan membuat kerja ac semakin keras dan memicu kerusakan pada ac yang dimiliki. Ac juga sebaiknya dipasang untuk ruangan bebas rokok sehingga membantu kerja mesin.

Melakukan service secara rutin

Service ac juga sangat diperlukan untuk membantu mempertahankan kualitas ac yang dimiliki. Service disini tidak harus membuat anda membawa ac ke pusat service namun memanggil jasa service dari pusat service resmi secara berkala. Pengecekan oleh ahlinya dan sesuai dengan merk ac yang dimiliki akan menjadikan ac bisa bertahan lebih lama. Mengaplikasikan tips merawat ac ini tentunya bukanlah hal yang sulit. Pasalnya setiap service center akan menerima jasa panggilan cek rutin dan dilakukan setiap enam bulan sekali. Jikalaupun perlu mengganti part yang ada di dalam mesin, anda akan mendapatkan part yang orisinil sehingga mengoptimalkan mesin ac anda.

Merawat ac sebaiknya dilakukan dengan tertib, sebab ac yang rusak justru akan menjadi sumber penyakit. Ac yang kotor misalnya, dapat menjadi sarang yang cocok bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak dan berevolusi. Hal ini akan mengancam kesehatan anda dan keluarga kemudian akan membuat udara yang dihirup menimbulkan banyak gangguan lain. Aplikasikan tips merawat ac di atas untuk menjamin kenyamanan anda menggunakan ac di rumah. Semoga bermanfaat.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment