tips memilih mesin cuci

5 Tips Sebelum Membeli Mesin Cuci

Pernahkah Anda mendengar istilah kualitas bagus harga murah? Mungkin Anda sering mendengarnya, tetapi percayakah Anda bahwa produk bagus dibandrol dengan harga murah? Pada kenyataannya, kualitas menentukan harga pula. Tak salah bila akhirnya beberapa produk berkualitas dibandrol dengan harga yang tinggi pula. Jadi, Anda jangan terlalu tergiur dengan iming-iming produk berkualitas murah yang ditawarkan oleh para seller produk.

Mengingat tak ada batasan yang pas tentang harga murah tersebut, tentunya Anda pun tak tahu bukan dengan batasan murah? Disinilah para seller memanfaatkan kemampuan mereka untuk meyakinkan para pembeli tentang produk mereka. Oleh karena itu, cobalah Anda mencari tahu tentang standar harga produk tersebut sebelum membeli. Bisa-bisa Anda mendapatkan kualitas barang yang lebih baik dan dengan harga yang terjangkau pula.

Untuk Anda yang masih bingung memilih mesin cuci baru, berikut beberapa tipsnya.

·       Pertimbangkan kapasitas mesin cuci

Poin terpenting dari sebuah mesin cuci adalah kapasitas yang bisa dicuci dalam satu periode. Mengingat Anda pun memiliki anggota keluarga lainnya yang membutuhkan pakaian bersih. Oleh karena itu, cobalah memperhitungkan jumlah anggota keluarga dan banyaknya kain yang harus dicuci dalam satu waktu. Bila Anda tinggal seorang diri, mungkin mesin cuci berkapasitas kurang dari 6 kilogram bisa jadi pilihan yang tepat. Begitu pula sebaliknya, jika Anda tinggal bersama 5 anggota keluarga lainnya, mesin cuci berkapasitas 7 kilogram atau lebih akan lebih baik.

·       Pilih fitur mesin pengering

Beberapa produk memang menyediakan pilihan mesin cuci tanpa mesin pengering. Mesin pengering sendiri sebenarnya bekerja sebagai mesin pemeras air dari pakaian yang telah Anda cuci. Dengan begini membantu Anda mengefisiensikan waktu bekerja setiap harinya. Setidaknya anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam saja untuk benar-benar membuat pakaian kering. Bila Anda merasa tidak memerlukan mesin pengering ini, maka ada baiknya memilih mesin cuci tanpa pengering dengan harga yang jauh lebih murah.

·       Semi otomatis atau otomatis?

Walaupun digadang-gadang mampu mengurangi jam kerja Anda di belakang, ternyata tak sepenuhnya benar. Pasalnya ada dua macam mesin cuci yang beredar di pasaran dengan berbagai pilihan fitur. Salah satunya adalah pilihan mesin cuci otomatis atau semi otomatis. Jika mesin cuci otomatis meminimalkan campur tangan manusia, tidak begitu halnya dengan semi otomatis. Pada semi otomatis, Anda tetap perlu memindahkan pakaian dari mesin cuci ke mesin pengering. Walaupun demikian, semi otomatis jauh dari resiko kerusakan ketimbang otomatis.

·       Perhitungkan listrik yang digunakan

Bagi Anda yang memiliki daya listrik sekitar 1000 watt di rumah, cobalah memilih mesin cuci semi otomatis dengan 2 tabung. Dengan begini Anda tetap bisa menggunakan alat elektronik lainnya di rumah tanpa mengganggu aktivitas mencuci. Tetapi jika rumah Anda dipasangi daya listrik lebih dari 2000 watt, maka mesin cuci otomatis dengan satu tabung menjadi pilihan. Tentunya jauh lebih efisien, karena Anda bisa meninggalkannya untuk melakukan aktivitas lainnya.

·       Dana yang dimiliki

Meskipun menjadi faktor terakhir, bukan berarti harus dilupakan. Tetapi inilah yang menjadi faktor terpenting sebelum Anda membeli mesin cuci. Ada baiknya Anda mempertimbangkan antara harga yang ditawarkan dengan kemampuan kantong. Jika Anda memiliki dana yang cukup besar, mungkin mesin cuci otomatis bisa menjadi pilihan. Pasalnya mesin cuci ini dibandrol dengan harga yang tinggi. Anda pun bisa mendapatkan kualitas terbaik dengan dana yang cukup tinggi pula.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment