dispenser air

Agar Air Dalam Dispenser Tetap Sehat

Penggunaan dispenser dalam keseharian memang dapat dikatakan cukup praktis tetapi yang mungkin sering kurang menjadi perhatian pemiliknya adalah potensi terjadinya penurunan kualitas air akibat bersinggungan dengan dispenser Anda. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Sebagaimana peralatan lain, dispenser pun berpeluang untuk menyimpan kuman apalagi bila bagian tabungnya tak terbuat dari logam yang aman seperti stainless steel. Bila sudah demikian tentu air kemasan yang Anda gunakan dari brand terkenal, mahal, dan higienis menjadi sia-sia. Lalu bagaimana agar air minum tak terkontaminasi kuman. Inilah tipsnya bagi Anda.

Agar air minum dalam dispenser tak tercemar
Beberapa cara berikut bisa membantu untuk mencegah pencemaran air minum dalam dispenser.
1. Letakkan dispenser serta botol galon isi ulang pada tempat yang sejuk, teduh, dan bersuhu normal agar botol galon tak memuai sehingga bakteri mikroskopik bisa masuk dan mencemari air.
2. Air bersifat mudah menyerap bau sehingga jauhkan dispenser dari benda-benda yang berbau tajam.
3. Jangan sampai dispenser terkena sinar matahari secara langsung agar tak memicu perkembangan alga.
4. Idealnya Anda menggunakan sistem first in first out dalam penggunaan air minum dalam kemasan.
5. Sebelum mengganti botol atau air isi ulang cucilah tangan dengan sabun antiseptik serta bersihkan leher dan ujung botol dengan tissue khusus yang selalu kita dapatkan bila membeli air kemasan galon.

Berikut ini adalah cara membersihkan serta merawat dispenser yang penting untuk Anda ketahui.
1.    Lakukan pembersihan secara berkala pada tangki dispencer paling kurang sebulan sekali.
2.    Pertama, cabut stop kontak dispenser dan angkatlah botol galon yang telah kosong dari dispenser.
3.    Lepaskan penyangga pada galon dan cuci sampai bersih menggunakan sabun antiseptik.
4.    Buka kran dispenser untuk membuang air yang tersisa
5.    Pada tempat penampungan air bubuhkan satu sendok makan sabun khusus antiseptik atau bubuk pembersih.
6.    Agar cairan atau bubuk pembersih merata hingga ke area kran, siramlah dengan air dingin dari kran dispenser.
7.    Diamkan selama 10 menit.
8.    Gunakan spons atau sikat berambut halus untuk membersihkan tempat penampungan air.
9.    Agar sisa kotoran yang tertinggal pada sepanjang saluran air bisa terbuang bersih siram bagian tersebut dengan air dingin. Lakukan pembilasan paling tidak sebanyak 4 kali dan terakhir menggunakan air matang.
10.    Sebaiknya Anda juga melepas kran dan bagian penyangga gelas untuk dicuci dengan sabun antiseptik.
11.    Dengan lap yang kering, bersih, dan menyerap air keringkan seluruh komponen dispenser sebelum memasangnya kembali.
12.    Masukkan kembali botol galon air minum. Jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu bagian leher galon serta bagian atasnya.

Nah, mudah, bukan? Pembersihan yang benar dan dilakukan secara berkala akan membuat dispenser Anda selalu bersih, higienis, bebas dari bau serta kuman. Alat elektronik water dispencer ini akan membawa efek langsung bagi kesehatan Anda dan keluarga. Bila dispenser Anda kotor tentu Anda tak akan mengonsumsi air yang sehat dan bersih serta bebas kuman, bukan?

Di pasaran sudah banyak sekali produk dispenser yang ditawarkan, baik dispenser dengan galon atas, galon bawah, atau desain yang mengombinasikan keduanya. Selain itu ada pula dispenser dengan pilihan pemanas air, pendingin air, dan gabungan antara keduanya. Bagi Anda yang ingin merintis bisnis kuliner produk dispenser yang disebut jus dispenser juga siap menjadi salah satu investasi Anda. Yang jelas pilihan berada di tangan konsumen dan yang paling penting bagi Anda adalah memilih produk dispencer yang bergaransi serta menyediakan fasilitas layanan purna jual.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment