mesin-cuci-front-loading

Agar Hasil Cucian Bersih Maksimal Dengan Mesin Cuci Front Loading

Selama ini Anda mungkin menggunakan mesin cuci bukaan depan atau front loading tetapi sering kecewa dengan hasil cuciannya yang dirasa tak membersihkan secara maksimal. Padahal Anda mungkin telah menggunakan banyak deterjen. Jangan terburu-buru menyalahkan mesinnya yang Anda kira tak bekerja dengan baik, tetapi bisa saja hal tersebut karena kitalah yang tak terlalu paham cara mengoperasikan mesin pencuci tersebut sehingga hasilnya kurang optimal.

Menggunakan mesin cuci front loading dengan tepat
Karena alasan kepraktisan dan hemat waktu, kerap kali saat mencuci kita memasukkan banyak pakaian sekaligus pada tabung mesin pencuci yang tanpa kita sadari hingga melebihi kapasitas mesin. Cara ini sesungguhnya kurang bijaksana karena akibatnya mesin harus bekerja lebih berat dan bila terus-menerus dilakukan tentu akan memperpendek usia perangkat ini. Selain itu pakaian tak bisa tercuci secara sempurna karena tak bisa bersirkulasi dengan baik di dalam tabung mesin pencuci.

Sebaliknya, memasukkan terlalu sedikit pakaian ke dalam tabung mesin front loading juga bukan kebiasaan yang baik. Bila terlalu sering dilakukan akibatnya mesin bisa bergetar hebat, berhenti di tengah proses mencuci, serta boros air, listrik, dan deterjen. Yang paling baik adalah mengisi pakaian kotor ke dalam tabung mesin sesuai kapasitasnya. Darimana Anda tahu kapasitas mesin tersebut? Bacalah manual book atau buku petunjuk penggunaan sebelum mulai mengoperasikan mesin pencuci Anda.

Mesin cuci front loading atau bukaan depan hanya dapat bekerja efektif bila dalam proses pencuciannya menggunakan deterjen yang kandungan bahan aktif yang rendah. Produk deterjen dengan kandungan bahan aktif rendah biasanya disertai enzyme yang tinggi serta active alkanility. Bahan-bahan inilah yang akan membuat mesin Anda bekerja secara maksimal sehingga hasil cucian bersih sempurna, mesin pencuci lebih awet dan tak gampang berkarat.

Perlu Anda ketahui bahwa deterjen bubuk tak bisa dipergunakan pada semua jenis produk mesin pencuci pakaian. Deterjen bubuk akan meninggalkan residu yang tersisa pada drum, dispenser, pipa mesin cuci, bahkan menjadi noda kotor pada pakaian kesayangan. Inilah sebabnya untuk menghilangkan kotoran pada pakaian secara sempurna dibutuhkan deterjen khusus mesin pencuci front loading. Karakter deterjen tersebut adalah mempunyai kandungan konsentrat yang tinggi serta bahan aktif yang berbeda bila dibandingkan dengan deterjen untuk pencucian pakaian secara manual.

Penggunaan deterjen biasa untuk mesin cuci juga tak direkomendasikan karena busa yang dikeluarkan dari deterjen akan membawa dampak buruk bagi mesin pencuci. Busa yang melimpah bukahlah tolok ukur kinerja deterjen tersebut baik dan bisa membersihkan pakaian dengan sempurna. Padahal pada mesin pencuci front loading, busa ini justru bisa menghambat proses pemutaran mesin serta menghambat aliran air secara otomatis yang berfungsi untuk menyemprot kotoran dari kain. Selain itu busa yang terlalu banyak juga akan membuat mesin bekerja terlalu berat terutama pada bagian spin horizontalnya. Inilah yang sering menjadi penyebab kerusakan pada mesin pencuci Anda.

Nah, demikianlah beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui tentang mesin cuci front loading sehingga hasil cucian menjadi bersih sempurna dan memuaskan. Kumpulkan pakaian kotor hingga memenuhi kapasitas tabung mesin dan barulah gunakan mesin pencuci Anda. Bila pakaian yang kotor kebanyakan adalah bahan-bahan berukuran kecil seperti pakaian dalam, kaos kaki, serbet, atau sejenisnya, cucilah bersamaan dengan handuk untuk memenuhi kapasitas tabung mesin. Tak sulit, bukan? Semoga bermanfaat!

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment