mesin-cuci-hemat-listrik

Agar Mesin Cuci Hemat Listrik

Agar lebih menghemat waktu dan tenaga, banyak orang memutuskan untuk menggunakan mesin cuci untuk urusan mencuci pakaian dan sepatu. Tetapi di balik manfaatnya yang cukup besar, perangkat rumah tangga berteknologi tinggi ini ternyata dipandang cukup banyak memboroskan air dan juga listrik. Penggunaan listrik dan air secara berlebihan bisa berdampak buruk kepada lingkungan dan selain itu tagihan Anda juga berpotensi membengkak hingga melebihi pengeluaran lain dalam rumah tangga.

Tips menggunakan mesin cuci agar hemat air dan listrik
Bila hal ini pernah atau tengah terjadi pada Anda maka tak perlu khawatir karena berikut ini adalah solusinya bagi Anda.
1. Memilih mesin cuci yang hemat air dan lisrik
Di pasaran tersedia beragam jenis mesin pencuci yang bisa Anda pilih sesuai selera, kebutuhan, dan ketersediaan dana. Sebelum membelinya sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui secara maksimal fitur-fitur yang tersedia pada mesin incaran Anda. Bila keinginan Anda memang membeli perangkat yang bisa menghemat air dan listrik maka pilihlah mesin yang dalam pengoperasiannya membutuhkan daya kecil agar tak memboroskan listrik setiap harinya.

Produk mesin dengan satu tabung bukaan adalah pilihan yang cocok untuk menghemat air. Fitur-fitur hemat air dan listrik yang telah ditanamkan pada produk-produk mesin cuci modern secara otomatis akan meminimalkan penggunaan kedua energi tersebut dalam pengoperasiannya. Harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan produk biasa tetapi Anda bisa menganggapnya sebagai investasi demi tagihan listrik dan air yang lebih kecil.
2. Mengurangi frekuensi mencuci
Seberapa sering Anda mencuci pakaian juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh kepada penggunaan air dan listrik. Agar cucian tak menumpuk banyak orang justru menggunakan mesin cuci di bawah kapasitas mesin. Inilah yang bisa menyebabkan konsumsi air dan listrik menjadi lebih boros dan selain itu juga bisa merusak mesin. Cara yang paling ideal adalah mengumpulkan pakaian kotor hingga dalam kapasitas yang mencukupi untuk kemudian dicuci menggunakan mesin. Tips ini juga akan membuat Anda lebih menghemat tenaga.
3. Mengatur durasi saat memutar mesin cuci
Bila Anda telanjur membeli produk yang menyediakan fitur hemat listrik dan air, Anda tak perlu khawatir karena dengan beberapa upaya Anda masih bisa berhemat. Caranya adalah dengan mengatur durasi dan suhu pencucian. Contohnya untuk pakaian harian yang tak terlalu kotor, Anda bisa men-set durasi putaran mesin dengan suhu paling rendah atau sekalian menggunakan air dingin. Mudah, bukan?
4. Memasukkan pakaian sesuai kapasitas
Memasukkan pakaian dalam jumlah banyak ke dalam tabung mesin sekaligus akan memberatkan kinerja mesin Anda. Kebiasaan ini bisa membuat mesin cepat rusak. Sebaliknya sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, memasukkan pakaian terlalu sedikit ke dalam tabung adalah kebiasaan yang tak hanya dapat merusak mesin tetapi juga memboroskan air.
5. Menggunakan air sesuai takaran yang tepat
Untuk menghindari pemborosan air, cermati petunjuk dalam pengisian air dan upayakan agar tak sampai melebihi takaran. Apalagi bila pengisian air harus dilakukan secara manual karena misalnya air kran mati. Penggunaan air dalam tabung mesin cuci idealnya adalah sekitar 40 liter atau Anda seharusnya menghentikan pengisian air bila seluruh pakaian telah terendam sepenuhnya.

Demikianlah 5 tips untuk menghemat listrik dan air dalam menggunakan mesin cuci yang bisa Anda terapkan di rumah. Semoga bermanfaat!

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment