membersihkan-filter-ac-split

Alasan AC Split Harus Dirawat Meskipun Tetap Dingin

Alat elektronik memang sangat berguna dengan teknologi yang canggih namun jika tidak dirawat dengan baik, maka alat itupun juga akan rusak. Memiliki ac split mungkin adalah teknologi yang paling canggih namun tetap saja Anda harus merawatnya meskipun ac itu masih dingin. Jangan merawat ac ketika alat itu sudah mulai rusak namun tetaplah melakukan servis yang tepat sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Mengapa AC Split Harus Diservis Meskipun Masih Dingin?

Walaupun ac split yang Anda miliki masih berfungsi dengan baik dan tetap dingin, akan tetapi ada alasan mengapa Anda harus tetap melakukan perawatan sebagai berikut:

·    Memperpanjang usia ac
Salah satu alasan yang paling penting mengapa Anda harus merawat ac dengan rutin setiap tiga atau enam bulan sekali adalah untuk tetap memperpanjang usia dari ac split milik Anda. Ac yang digunakan setiaap hari dan dalam setiap jam pasti akan terus bekerja untuk menyaring udara kotor dan hal ini akan menyebabkan kompresor maupun kondensor harus lebih kuat lagi bekerja dan jika tidak dicek secara berkala, maka lama-lama ac akan menjadi kotor dan akhirnya kinerja ac akan semakin berkurang hingga akhirnya tidak dingin lagi. Usian ac pun akan lebih singkat dan Anda tidak mungkin bisa menggunakannya dalam jangka waktu 10 tahun meskipun di dalam ac ini, produsen mengatakan jika ac ini mampu bertahan sangat lama.
·    Dapat menjaga kebersihan suplai udara di ruangan Anda
Ac split memiliki fungsi untuk menjaga suplai udara tetap bersih di dalam ruangan dan Anda tetap akan mendapatkan udara bersih untuk dihirup dan dinikmati. Seperti yang Anda ketahui jika ruangan yang menggunakan ac harus tetap rapat dan tertutup sehingga suhunya dapat dijaga. Namun jika evaporator kotor yang berfungsi sebagai filter, maka udara yang akan dihirup oleh Anda pun juga akan kotor dan akhirnya Anda bisa terinfeksi oleh virus yang terdapat di dalam udara itu. Akhirnya udara kotor yang terhisap oleh ac pun juga akan keluar dalam kondisi kotor juga dan ini tentu saja merugikan Anda. Apabila Anda selalu membersihkan ac dengan teratur, maka udara yang bersih pun akan Anda hirup.
·    Tetap menjaga suara agar tidak bising’
Ac bukan hanya berfungsi untuk meredam udara yang kotor namun ac ini juga berfungsi sebagai peredam suara. Namun ac yang kotor akan menimbulkan suara yang bising sebab banyak kotoran yang akan menempel di dalamnya dan tidak bisa keluar hingga bergesekan dengan banyak sekali alat yang terdapat di bagian dalamnya. Suara bising ini tentu saja akan mengganggu anda apalagi jika bagian unit outdoor ac ini terdapat di dekat bagian indoor sehingga suaranya pun akan mengganggu. Suara bising ac mungkin tidak akan menagganggu apabila dijalankan di siang hari namun ketika malam disaat Anda butuh suasana yang tenang namun terganggu dengan suara ac, maka Anda tidak akan tidur tenang. Jika dibersihkan dengan maksimal, maka semua mesin bersih dan tidak akan saling bergesekan akibat kotoran yang mengendap.
·    Menghemat biaya listrik
Ac yang kotor dan banyak sekali kotoran di dalamnya akan membuat kerja mesin menjadi lebih keras dan kompresir harus bekerja ekstra untuk tetap membuat fungsi ac menjadi tetap stabil namun kompresr yang bekerja dengan sangat keras akan membuat daya atau sumeber energi yang digunakan pun menjadi lebih berat hingga membuat pemakaian daya listrik menjadi banyak dan rekeningnya pun membengkak.

Dengan membayar tukang servis ac split secara berkala jauh lebih terjangkau dibandingkan membayar rekening listrik yang membengkak sehingga anda harus mengetahuinya.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment