led in plafond

Amankah Memasang LED TV Dengan Mengantungkan Pada Langit-langit?

Televisi adalah salah satu alat elektronik yang tetap tinggi dalam daya beli masyarakat, ini karena kebutuhan yang tidak bisa dihilangkan begitu saja, meskipun sudah cukup banyak barang penganti. Salah satu teknologi terbarunya adalah LED TV, dimana televisi modern ini memang memiliki banyak kecanggihan di bandingkan pendahulunya. Salah satunya dengan cara pemasangan, jika dahulu anda hanya tahu TV harus membutuhkan sebuah dasaran untuk berpijak, kini tak lagi karena mereka sudah bisa berdiri sendiri.

Bagi anda yang masih awan, televisi modern ini bisa di pasang dengan beberapa cara untuk memasang. Mulai dari dengan menempelkan pada tembok, hal ini terbilang bukan mustahil karena LED TV sangat ringan serta lebih tipis dari televisi sebelumnya. Jika anda ingin yang lebih ektrem, bisa dengan memasangnya menggantung pada langit kamar atau ruangan. Dimana hal ini banyak dilakukan di gedung perkantoran, loby hotel bahkan di ruangan pribadi sekalipun, namun anda harus memperhatikan dengan baik dimana tempat mengantung yang benar.

Perhatikan tinggi langit-langit yang akan digantungkan LED TV
Salah satunya jika ingin mengantung televisi anda adalah dengan memperhatikan tinggi dari langit ruangan tersebut, semakin tinggi langit ruangan tentu akan mendatangkan resiko yang lebih besar. Bahkan bisa saja membahayakan diri anda jika LED TV tidak mengantung dengan tepat bisa jatuh dan menimpa orang yang ada di bawahnya, oleh karena itu anda harus mengantisipasi dengan melihat terlebih dahulu langit ruangan yang akan digunakan.

Selain memperhatikan tingginya, anda harus memperhitungkan dengan matang antara penyangga dengan beban dari televisi itu sendiri. Serta perhatikan pula seberapa tinggi televisi akan di gantung, jangan sampai cara pemasangan ini akan membuat bencana nantinya. Setelah itu, perhatikan pula sistem pencahayaan, sebaiknya hindari terkena langsung sinar matahari juga terlalu dekat dengan cahaya lampu. Lakukan uji coba terlebih dahulu, sebelum menempatkan secara permanen.

Tips aman memasang LED TV pada langit ruangan
Bagi anda yang merasa khawatir dan takut untuk memasang LED TV dengan cara mengantung, sebaiknya untuk mengikuti tips pemasangan berikut, agar aman dan bisa menghasilkan lokasi yang maksimal :
·    Sesuaikan ukuran TV dengan tinggi pemasangan.
Jika anda menggunakan televisi dengan layar lebar, tentu akan membuat beban berat. Maka sebaiknya tidak mengantung sangat tinggi, batas aman yang baik adalah tidak lebih dari 3 meter, ini akan memberikan letak aman jika memang terjadi hal buruk.
·    Sebaiknya mengantung mulai dari bagian tengah televisi.
Banyak orang yang menggantung televisi hanya pada bagian atas atau ujung atas, ini akan membuat rentan terjatuh. Karena titik tumpu pada bagian televisi relatif lebih kecil, sehingga kemungkinan akan terjatuh besar. Sebaiknya mulai mengikatkan kaitan pada bagian tengah TV, biasanya memang sudah tersedia tempat untuk mengaitkannya.
·    Hindari sistem paku.
Jika anda menggunakan pengait pada bagian langit dengan sistem paku, maka akan rentan. Sebaiknya untuk member pemukaan langit-langit agar pengait bisa menancap dengan sempurna, tak lupa pastikan tidak hanya menggunakan satu pengait saja dan jangan sampai hanya menggunakan penempel atau lem.

Beberapa penjelasan di atas tentu sudah memberikan pencerahan pada anda bagaimana cara memasang LED TV dengan cara mengantung yang benar, ini akan membuat anda terhindar dari hal buruk, seperti kemungkinan televisi akan terjatuh. Disarakan untuk atap langit langit yang sangat tinggi, tidak menggunakan pemasangan ini karena akan rentan mengalami insiden.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment