ac split

Apa itu AC Split?

Indonesia merupakan negara tropis sehingga suhu dan cuaca disini sangat panas. Untuk itulah sebagian orang tidak bisa lepas dan hidup tanpa ac. Namun pemasangan yang rumit dan juga tidak praktis seringkali membuat masyarakat cenderung memilih kipas angin saja. Kini teknologi yang semakin canggih telah menciptakan AC split yang dapat Anda pilih sebagai referensi sehingga mendapatkan manfaat AC yang sesungguhnya.
Mengetahui Pengertian AC Split
Disebut dengan AC split bukan karena ac ini terpisah lalu Anda harus memasang maupun merakitnya sendiri akan tetapi ac ini memiliki komponen kompressor atau evaporator yaang terpisah dengan bagian inti dari ac. Mungkin Anda berpikir jika komponen ac yang terpisah justru akan membuat sulit dipasang ataupun rumit dalam merawatnya. Namun pada kenyataannya tidak demikian. Ac ini mempunyai desain yang sangat ergonomis yaitu terdiri dari bagian esternal untuk unit outdoor dan juga di bagian dalamnya terdapat pula cempressor AC serta indoor unit lainnya. Inti dari kinerja AC ini tetaplah sama seperti AC central namun terdapat beberapa perbedaan yang kecil.
Perbedaan ada pada duct yang dibuat lebih kecil sehingga hal ini menyebabkan harga AC split terbilang jauh lebih terjangkau untuk kantong konsumen yang membutuhkannya serta jauh lebih mudah untuk dipasang. Untuk AC bertipe split ini, refrigerant nantinya akan langsung dipompa menuju koil pendingin melalui saluran atau duct. Pipa yang sering digunakan untuk ac ini biasanya berjenis conduit yang memiliki diameter sekitar 3 inci dan nantinya akan dipasang menembus tembok kemudian menghubungkannya dengan unit indoor serta outdoor. Di dalam pipa conduit ini telah berisi saluran suction atau penghisap serta refrigerant ditambah dengan kabel listrik dan saluran drainase.
Saat ini banyak sekali masyarakat atau konsumen yang membutuhkan Ac mencari ac split dibandingkan ac jenis lainnya sebab bentuk maupun ukurannya lebih kecil sehingga pas untuk rumah yang ukurannya tidak besar atau minimalis serta tidak menghabiskan banyak space di dinding apabila pemilik rumah ingin menambahkan hiasan maupun pigura. Selain itu, bukan hanya ukuran yang seringkali lebih kecil melainkan juga AC ini jauh lebih mudah untuk dipasang dibandingkan AC central. Justru disinilah letak dari kelebihan yang dimiliki oleh ac ini yaitu zoning. Zoning merupakan sebuah fitur dimana Anda dapat mendinginkan ruang-ruang tersendiri lebih dulu sebelum digunakan.
Namun kadang kala banyak ibu-ibu yang mungkin berpikir jika mendinginkan ruangan lebih dulu akan membuat harga listrik menjadi naik namun sistem zoning yang terdapat di dalam ac ini tidak akan membuat listrik di rumah menjadi cepat dan tetap hemat. Bahkan dikarenakan teknologi desain elektronik yang semakin canggih, banyak produsen ac yang membuat produk ac ini dengan desain menarik sesuai dengan dekorasi rumah Anda. Proses pemasangannya pun sangat cepat dan mudah tanpa merusak tembol sebab para tukang yang memasang mungkin hanya memerlukan lubang kecil saja. Bahkan untuk satu unit outdoor dapat langsung disambungkan untuk empat unit indoor.
Hal ini disebabkan karena pipa yang berjenis conduit ini dapat dibeli secara terpisah dan juga di pasaran telah tersedia berbagai macam pipa dengan ukuran yang berbeda mulai dari yang panjang maupun yang pendek. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda untuk mengatur setiap penempatan unit baik itu indoor maupun outdoor secara terpisah pada jarak tertentu namun masih di sekitar kisaran yang telah direkomendasikan oleh produsen..
Semoga dengan mengetahui pengertian ac split akan membantu Anda untuk memilih jenis ac yang dibutuhkan sehingga manfaatnya pun akan terasa dengan maksimal.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment