Cara Membersihkan Layar LED TV

Bagaimana Cara Membersihkan Layar LED TV Dengan Tepat?

Televisi merupakan media hiburan yang wajib ada di semua rumah. Seiring berkembangnya teknologi, mulai muncul tipe tv baru yang semakin canggih, yaitu LED TV. Dibandingkan LCD, plasma tv, tv tabung dan lainnya, LED merupakan terobosan terbaru yang canggih, sehingga dengan cepat dapat menempati posisi di hati para konsumen. Hal tersebut membuat penjualannya semakin melonjak dan telah banyak masyarakat yang menggunakannya untuk menonton berbagai acara tv dan mempercantik interior rumah. Desainnya yang ramping juga membuatnya semakin elegan, cantik, stylish dan menunjukkan kesan modern.

Cara Membersihkan Layar LED TV Dengan Tepat
Apakah anda memiliki tv LED di rumah? Apakah anda tahu cara membersihkannya? Layar LED TV bukan seperti TV tabung yang layarnya terbuat dari kaca, jadi anda perlu berhati-hati dalam pembersihannya. Ada tips khusus yang perlu anda perhatikan, agar layar tidak tergores ataupun lecet. Pembersihan ini harus dilakukan secara rutin, agar tidak ada debu yang melekat pada tv. Seperti yang diketahui, debu atau kotoran yang telah menumpuk ternyata dapat menyebabkan dampak negative bagi tv. Ya, karena debu tersebut dapat menutupi lubang sirkulasi atau pertukaran udara di tv. Hal tersebut dapat membuat suhu tv menjadi lebih mudah panas.

Demi memiliki tv yang lebih awet, tentu anda jangan malas untuk membersihkannya. Anda juga harus memerhatikan kondisi LED TV agar terus terawat. Nah, berikut adalah tindakan yang bisa dilakukan dalam upaya pembersihan, yaitu :
•    Sebelum melakukan proses bersih-bersih, anda harus mematikan tv terlebih dahulu, agar lebih mudah untuk melihat kotoran yang melekat pada layar dan tentunya menghindarkan dari kerusakan bila ada cairan pembersih atau air yang masuk ke dalam perangkat.
•    Lap layar tv dengan hati-hati dan pelan. Pengelapan dilakukan dari atas ke bawah dan kiri kenan ataupun sebaliknya.
•    Proses pembersihkan tidak dianjurkan menggunakan cairan yang mengandung alkohol. Anda bisa menggunakan cairah pembersih kacamata ataupun cleaning kit. Anda dapat membeli cairan tersebut di toko elektronik. Tapi bila tidak tersedia, ada solusi lain yang bisa dijadikan pilihan yaitu menggunakan air bersih.
•    Sebaiknya menggunakan spray, agar proses penyemprotan cairan pembersih dapat langsung tertuju disemprotkan ke layar LED TV.
•    Kain yang digunakan juga tidak boleh sembarang saja. Anda bisa memakai magic cloth, kanebo atau kain flannel.
•    Bila ada kotoran yang susah dibersihkan. Anda dapat membasahi ujung kain dengan menggunakan cairan perbersih, lalu mulai gerakan memutar. Tapi ingat, harus dengan gerakan yang pelan dan hati-hati. Lakukanlah gerakan tersebut hingga noda hilang.

Gunakan Protektor Untuk Layar LED TV
Untuk memudahkan proses pembersihan, sebaiknya anda tidak pernah memegang layar dengan tangan, apalagi tangan yang dipakai sedang dalam keadaan berminyak atau kotor. Ya, karena noda yang timbul akan sulit sekali dibersihkan. Kalau sudah begini, anda harus lekas membersihkannya, agar kotoran tidak berlama-lama melekat pada layar LED TV.

Ada cara lain yang dapat digunakan untuk mengurangi debu yang melekat pada layar. Caranya adalah dengan memasangkan protector atau pelindung. Anda dapat membuatnya sendiri, karena barang ini tidak dijual bebas dipasaran, seperti yang digunakan untuk monitor komputer. Dengan menggunakan pelindung, anda hanya perlu melap protektornya dengan kain bersih untuk menghilangkan noda. Langkah ini memang lebih mudah, tapi tentu anda tak boleh lupa untuk sering-sering membersihkannya, karena lama kelamaan layar akan berubah buram bila kotoran tidak juga dilap dalam jangka waktu lama.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment