Beberapa bagian utama AC yang perlu anda ketahui

Beberapa bagian utama AC yang perlu anda ketahui

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa penggunaan Air Conditioner sekarang sudah menjadi kebutuhkan pokok bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Suhu udara yang terus naik memaksa mereka untuk menggunakan AC dirumah atau dikantor mereka, sehingga aktifitas dapat dilakukan dengan nyaman
.
Melihat peluang ini, produsen Air Conditioner berlomba lomba mengeluar merk merk baru dengan berbagai fitur. Pada satu sisi, ini adalah keuntungan bagi kita sebagai konsumen, namun disisi lain jika kita tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang Air Conditioner ini, tentu membuat kita bingung.

Itulah mengapa penting bagi anda, terutama bagi anda yang ingin membeli Air Conditioner. Anda harus mengetahui perangkat perangkat atau bagian bagian Air Conditioner sehingga anda bisa memilah dan memilih fitur yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan anda.

Untuk membantu anda mengenal bagian bagian dari Air Conditioner, berikut ini kami buatkan beberapa daftar perangkat utamanya. Diharapkan setelah anda membacanya, anda sudah memiliki pengetahuan dasar terkait dengan Air Conditioner.

Berikut ini adalah bagian bagian utama dari Air Conditioner :

Bagian Compressor

Perangkat yang satu ini berfungsi untuk mengubah refrigent berupa gas dari yang bertekanan rendah menjadi gas yang bertegangan tinggi. Jika gasnya sudah bertekanan tinggi, maka gas ini akan diteruskan ke bagian berikutnya, yakni: kondensor

Bagian Kondensor

Jika compressor mengubah gas yang bertekanan rendah menjadi gas yang bertekanan tinggi, sedangkan kondensor berguna untuk mengubah gas yang bertekanan tinggi yang berasal dari compressor menjadi cairan yang bertekanan tinggi untuk dialirkan ke orifie tube.

Dibandingkan dengan perangkat Air Conditioner yang lain, kondensor termasuk perangkat yang cukup panas ketika Air Conditioner bekerja.

Bagian Orifce Tube

Pada orifice tube ini cairan bertekanan tinggi yang berasal dari kondensor akan diturunkan tekanan dan suhunya menjadi cairan dingin bertekanan rendah.

Katup Ekspansi

Setelah bagian orifice tube, ada bagian berikutnya yang perannya cukup penting dalam system Air Conditioner ini, bagian tersebut adalah katup ekspansi. Katup ini berfungsi untuk mengatur aliran cairan pendingin melalui katup orifice yang merubah wujud cairan tersebut menjadi uap ketika zat pending melewati katup tersebut menuju evaporator atau yang biasa disebut dengan pendingin

Bagian Evaporator/Pendingin

Alat ini lazim juga disebut dengan pendingin. Ketika freon menyerap udara dari ruangan melalui kumparan pendingin, pada bagian lain evaporator meniupkan udara dingin ke dalam ruangan. Selanjutnya freon atau refrigent dalam perangkat pendingin ini juga berubah kembali menjadi uap bertekanan rendah namun masih mengandung sedikit cairan.

Bagian Thermostat

Secara sederhana kita bisa memahami manfaat dari thermostat ini sebagai alat untuk mendeteksi perubahan suhu di sekitar Air Conditioner. Alat ini beroperasi memanfaatkan lempeng bimetal yang sangat peka terhadap perubahan suhu ruangan.

Lempeng ini terbuat dari 2 metal yang memiliki koefisien pemuaian yang sama sekali berbeda. Ketika suhu ruangan naik, maka metal terluar dari alat ini akan memuai terlebih dahulu sehingga lempeng ini akan membengkok dan akhirnya menyentuh sirkuit listrik yang menyebabkan motor Air Conditioner menjadi aktif.

Itulah beberapa bagian penting dari perangkat elektronik air conditioner sekaligus cara kerjanya. Mungkin pada kesempatan ini kami tidak bisa menjelaskan cara kerja air conditioner (AC) secara detail kepada anda. Jika anda masih penasaran bagaimana cara kerjanya, silahkan googling langsung di internet.

Oke. Diharapkan dengan mengetahui bagian bagian utama dari air conditioner ini, anda bisa menganalisa kerusakan secara mandiri sehingga bisa menentukan langkah yang perlu diambil.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment