buku-petunjuk-mesin-cuci

Buku Petunjuk Berbahasa Inggris Pada Mesin Cuci

Seperti yang kita ketahui beragam simbol  dan petunjuk pada mesin cuci memang berbahasa Inggris karena memang merupakan produk impor. Meskipun dalam keseharian Anda sudah terbiasa menggunakan perangkat elektronik tersebut tetapi tak ada salahnya Anda memastikan penggunaan mesin tersebut memang sudah tepat. Bila hal ini dilakukan maka mesin akan awet dan bisa memberikan hasil mencuci yang bersih maksimal.

Mengoperasikan mesin cuci dengan instruksi berbahasa Inggris
Inilah langkah sederhana yang bisa Anda coba untuk menggunakan mesin cuci dengan petunjuk berbahasa Inggris.
1.    Mempelajari buku petunjuk penggunaan – Setiap produk mesin pencuci masing-masing mempunyai cara pengoprasian spesifik. Misalnya untuk menyalakannya bisa saja berbeda karena merk yang berbeda. Biasanya manual book yang disertakan pada mesin yang baru saja Anda beli tersedia dalam berbagai pilihan bahasa termasuk bahasa Indonesia.
2.    Memahami fungsi tombol – Dalam menunjukkan waktu, temperatur air, serta siklus pencucian, sebagian panel mempunyai teks, angka, atau gambar ikon. Bila Anda merasa kurang yakin dengan arti petunjuk yang berupa teks, cara paling mudah adalah mencarinya di kamus. Untuk memperoleh hasil terbaik, sesuaikan fungsi panel tersebut dengan label perawatan pada pakaian yang ingin Anda cuci. Inilah beberapa kata yang sering terdapat pada mesin cuci
·    Wool, cotton, delicates, dan synthetic (Wol, katun, bahan lembut, dan sintetis) – Sesuaikan tombol dengan bahan pakaian yang hendak Anda cuci. Dengan memilih tombol yang tepat secara otomatis mesin akan menyesuaikan suhu air di dalam tabung. Yang dimaksud dengan pakaian berbahan lembut adalah bahan berenda, berpayet, bordir, atau kain tipis.
·    Spin, dry, rinse, dan soak (peras, keringkan, bilas, dan rendam) – Tombol-tombol dengan teks tersebut bisa dibuat secara terpisah atau digabung seperti misalnya spin – dry. Soak artinya mesin bekerja mengangkat noda pada pakaian pada awal pencucian. Bila di akhir pencucian Anda melihat masih banyak sisa busa deterjen, maka Anda bisa memilih tombol rinse. Terakhir adalah tombol spin yang berfungsi untuk memeras pakaian dan siap dijemur.
·    Handwash (Cuci tangan) – Ini adalah panel yang paling sesuai untuk pakaian berbahan lembut.

·    Economy – Pilihan tombol ini untuk siklus cuci yang singkat bila pakaian tak terlalu kotor atau dengan air bersuhu rendah. Menggunakan tombol ini juga akan menghemat konsumsi listrik.

·    Prewash – Bila cucian Anda sangat kotor, pada mesin cuci pilihlah tombol ini karena pakaian harus direndam serta dicuci dua kali. Dengan pemilihan panel ini Anda juga harus memasukkan deterjen ke dua kota drawer. Satu untuk digunakan pada proses prewash, dan satu lagi pada siklus pencucian utama.

Selain teks, beberapa ikon berikut ini juga akan sering Anda temui pada mesin cuci berbagai merk.
1.    Bunga atau bulu – Ikon ini digunakan untuk kain berbahan lembut.
2.    kupu-kupu – lambang ini artinya pencucian bahan dari kain sutra.
3.    Lingkaran spiral berbentuk obat nyamuk bakar – Lambang ini artinya untuk memeras air hingga pakaian setengah kering.
4.     Tangan dicelupkan ke air – Inilah lambang yang tepat bila Anda ingin mencuci pakaian seolah dicuci secara manual.
5.    Bunga kapuk atau t shirt – Ikon pada tombol ini digunakan untuk kain katun.
6.    Pakaian bayi – Panel dengan lambang ini artinya diperuntukkan untuk kain berbahan lembut atau sensitif.

Dari ulasan di atas tentang lambang atau bahasa Inggris pada mesin cuci, Anda tentu bisa memperkirakan apakah cara mencuci Anda selama ini sudah tepat.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment