Cara Aman Bekerja di Ruang Ber-AC Seharian

cara aman bekerja diruangan ber-AC seharian

cara aman bekerja diruangan ber-AC seharian

Udara sejuk ber-AC
Cuaca yang tidak bisa ditebak akhir-akhir ini memang membuat siapapun terkadang kalang kabut. Jika hujan yang melanda mungkin tidak begitu masalah, karena udara terasa sejuk. Tetapi bagaimana jika cuaca terlalu panas? Tentunya membuat Anda atau siapapun malas untuk keluar rumah seharian. Selain membuat kulit berubah warna seketika, pastinya Anda juga mudah berkeringat ketika berada di luar. Tak salah bila akhirnya Anda memilih berada di dalam ruangan dengan AC yang selalu menyala.
Belakangan ini, AC memang menjadi sahabat setia bagi para masyarakat. Hal ini dikarenakan suhu yang bisa disetting senyaman mungkin sehingga terasa sejuk. Tak hanya itu, mereka pun tak perlu takut berpaparan langsung dengan sinar matahari yang menyengat. Satu hal yang pasti, memakai AC tentunya terhindar dari cuaca panas yang tak nyaman. Apalagi pemakaian AC yang terlalu praktis, pastinya menjadi pilihan tepat bagi siapapun yang menginginkan udara sejuk.
Cara aman ber-AC
Sayangnya, AC tak selamanya memberikan keuntungan dengan udara dinginnya. Tetapi juga ada beberapa dampak tak mengenakkan bagi kesehatan kita pula. Mulai dari gangguan pada paru-paru hingga alergi yang mungkin ditimbulkan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa cara agar terhindar dari hal tersebut. Untuk itu, berikut beberapa solusi aman bagi Anda yang terlalu sering berada di ruangan ber-AC namun tetap sehat.
? Curi-curi waktu untuk menghirup udara segar
Bagi Anda yang bekerja di ruangan ber-AC, mungkin waktu makan siang atau istirahat bisa dimanfaatkan dengan keluar ruangan. Hal ini sangat diperlukan untuk memberikan udara segar dan sehat bagi paru-paru Anda. Tak hanya itu, tentunya kulit Anda akan lebih bebas bernapas dan mengembalikan kelembabannya. Meluangkan waktu ini memang menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan bila ingin tetap sehat bekerja di ruangan ber-AC.
? Pilihlah pakaian tebal
Seharian di ruangan ber-AC memang membuat tubuh Anda merasakan dingin. Tak ada salahnya memang memakai pakaian hangat ataupun sedikit tebal untuk menstabilkan suhu tubuh. Jika terlalu ribet, cobalah untuk memakai kemeja lengan panjang berbahan sedikit tebal. Ini tentunya cukup membantu Anda bukan? Anda juga bisa membukanya ketika berada di luar ruangan bila tidak diperlukan lagi.
? Aturlah suhu AC ketika digunakan
Terkadang kita memang terlalu terburu-buru ingin mendapatkan udara sejuk hingga tak memperhatikan suhu AC sendiri. Untuk itu, cobalah mengatur suhu yang terasa cocok ketika Anda baru masuk ke dalam ruangan. Pasalnya perubahan suhu yang tiba-tiba seperti ini sangat berpengaruh pada sendi Anda. Biarkan tubuh untuk beradaptasi dari udara luar yang terlalu panas ke udara sejuk berpendingan ruangan seperti ini.
? Minum air putih secukupnya
Berada di ruangan ber-AC memang membuat tubuh terhidrasi secara baik. Minum air putih adalah solusi yang baik untuk mengembalikan tubuh dari kondisi dehidrasi tersebut. Ingat, Anda harus tetap minum air putih secara teratur tanpa harus menunggu rasa haus melanda. Selalu siapkan air putih di meja kerja Anda untuk menjaga ketika Anda ingin minum.
Setelah mengetahui cara tetap aman menggunakan AC, Anda tak perlu lagi khawatir dengan kondisi kesehatan Anda. Tentunya Anda bisa menerapkan langkah-langkah tersebut untuk tetap sehat selama bekerja di ruangan ber-AC. Walaupun terlihat mudah, Anda perlu teliti karena tak selamanya memang mudah untuk dijalani. Bahkan Anda sering lupa melakukannya hingga menyebabkan kondisi tubuh yang tidak mengenakkan.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment