penipuan

Cara Beli LED TV Online Agar Tidak Kena Tipu

Teknologi yang berkembang pesat membuat semua hal bisa didapatkan dengan sangat mudah. Ya, internet adalah jawabannya. Dunia maya menyediakan berbagai macam hal, termasuk LED TV. Anda hanya perlu berada di rumah, kantor atau tempat lain, dengan komputer/ pc/ laptop yang tersambung ke internet, tanpa perlu berpanas-panas ria, berdesak-desakan dan melalui penawaran yang sangat alot pada penjual. Kemudahan tersebut memang sangat menarik untuk dicoba, tapi banyaknya penipuan yang berkedok pedagang online sering kali membuat para calon pembeli merasa takut untuk melakukan order, apalagi produk elektronik merupakan barang yang tidak murah.

3 Cara Beli LED TV Secara Online

Apakah anda sering merasa tergiur untuk membeli produk elektronik, seperti di internet tapi membatalkannya karena takut terkena penipuan? Jika ya, sebaiknya anda membaca ulasan di bawah ini, agar tidak menjadi salah satu korban para penipu saat ingin membeli LED TV. Berikut adalah uraiannya :
•    Cari Website Jual Beli Online Terpercaya
Situs jual beli di internet ada dua, yaitu situs yang menawarkan barang/ jasa langsung kepada konsumen seperti Lazada, Groupon, Lakupon, Elevania dan lainnya. Sedangkan jenis lainnya adalah website yang berperan sebagai perantara atau penyedia bagi penjual dan pembeli bertransaksi seperti OLX, Kaskus dan lainnya. Sebenarnya website yang bertugas hanya sebagai perantara, cenderung kurang aman, bila dibandingkan dengan situs yang menjual langsung kepada pembeli. Jadi bila anda tetap memilih tipe perantara tersebut, sebaiknya pilih penjual dan situs yang terpercaya. Jangan lupa untuk melihat kolom testimony dan kolom komentar dari konsumen yang sudah lebih dahulu melakukan transaksi.
•    Waspada Bila Harga Terlalu Jatuh
Seperti yang telah diketahui, bahwa harga LED TV memang tidak murah. Hal ini menjadi sasaran empuk bagi penipu untuk menarik calon korbannya. Bahkan untuk melancarkan aksinya, potongan harga yang diberikan, bisa lebih dari 50% dari penawaran pasar. Jika sudah begini, anda harus ekstra waspada, karena bila barang tersebut benar-benar ada, biasanya sudah dalam kondisi tidak baik, seperti bekas, cacat atau rekondisi (perangkatnya telah banyak yang diganti).
•    Proses Pembayaran
Cara pembayaran yang ditawarkan oleh situs penjualan biasanya beragam, seperti COD (Cash On Delivery atau bayar langsung di tempat), rekber (rekening bersama), kartu kredit dan lainnya. Pilihan yang banyak dipilih adalah COD, karena anda dapat meneliti langsung LED TV yang dibeli, selain itu upaya ini juga mengurangi tindak penipuan, sebab anda membayar saat produk sudah sampai. Biasanya konsumen yang menggunakan pembayaran ini adalah konsumen yang tempat tinggalnya tidak terlalu jauh dari penjual.

Tak perlu khawatir bagi anda yang kediamannya jauh, karena masih ada pilihan pembayaran lain yaitu rekber. Ya, sehingga uang konsumen tidak dibayarkan ke produsen bila LED TV yang dibeli belum sampai ke pembeli. hal lain yang perlu diperhatikan adalah rahasiakan data pribadi penting, karena tidak ada situs online terpercaya yang meminta pin ATM, user id, password internet banking dan lainnya.

Tingkatkan Waspada Saat Beli LED TV Online

Kejahatan tidak hanya terjadi di dunia nyata, tapi juga dunia maya. Bukan rahasia lagi, kalau sudah banyak orang yang tertipu oleh pembelian di dunia maya. Semoga setelah membaca penjelasan di atas, anda menjadi lebih paham dan bijak sebelum melakukan order, termasuk pembelian LED TV. Apalagi sekarang tak sedikit, website yang menawarkan diskon besar-besaran. Maka, jadilah konsumen yang teliti dan waspada agar tidak ada penyesalan dikemudian hari.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment