ac hemat energi

Cara Hemat Menggunakan AC Split

Banyak orang yang awalnya merasa jika memiliki ac split akan membuat tagihan listrik mereka menjadi lebih tinggi dan juga besar sebab barang elektronik memang membutuhkan banyak energi. Anda tidak bisa mencegah jika tagihan listrik akan naik seiring dengan pemasangan ac ini namun setidaknya hal yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi jumlah tagihan listrik yang banyak dengan beberapa langkah hemat.
Cara Hemat Listrik Dengan AC Split
Meskipun Anda memasang ac split di rumah, namun tetap saja terdapat beberapa langkah hemat untuk mengurangi konsumis energi selama menggunakan ac sebagai berikut:
·    Matikan alat eketronik yang lainnya
Semua peralatan elektronik menghasilkan panas atau kalor yang akan menaikkan suhu udara meskipun alat elektronik itu sebenarnya tidak dibuat untuk kegiatan yang mengandung panas. Ketika Anda ingin menggunakan ac untuk membuat udara di ruangan itu menjadi lebih dingin, maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah selalu mematikan alat elektronik lain yang tidak penting atau tidak digunakan seperti komputer, hair dryer dan sebagainya. Jika anda memiliki komputer, maka sebaiknya jangan hanya membuat komputer stand by sebab hal ini masih tetap berpengaruh pada listrik. Untuk membuat kerja ac split begitu maksimal, maka sebaiknya Anda jangan menggunakan alat elektronik lainnya dan matikan komputer secara penuh agar suhu udara tidak meningkat dan udara dingin pun dapat dihasilkan maksimal tanpa perlu membutuhkan energi yang besar.
·    Matikan juga lampu bila memang tidak dibutuhkan
Bukan hanya alat elektronik saja yang menghasilkan panas sehingga membuat suhu menjadi lebih panas hingga memacu kerja ac split menjadi lebih berat sebab masih ada hal lainnya yang menyebabkan kerja ac menjadi berat yaitu lampu. Meskipun lampu yang anda gunakan di rumah adalah lampu hemat energi, namun tetap saja lampu yang dinyalakan menghasilkan panas dan itu akan menyebabkan suhu ruangan menjadi lebih tinggi dan kerja ac pun menjadi lebih berat. Sebaiknya Anda matikan lampu ketika tidur dan jangan menyalakannya agar ac bekerja lebih ringan dan Anda pun mendapatkan kenyamanan dari suhu yang diinginkan.
·    Jangan pasang ac dekat furnitur maupun tirai
Guna membuat kinerja ac menjadi lebih ringan dan juga baik, maka jangan pasang acdi dekat barang-barang seperti furnitur maupun juga tirai sebab angnnya akan terhalang oleh keberadaan benda-benda tersebut sehingga udara dingin yang keluar tidak bisa tersampaikan dengan maksimal dan juga tidak bisa menjangkau bagian yang lebih jauh meskipun range yang dimiliki ac sangat luas. Pastikan jika udara dingin yang keluar dari ac tidak terhalang dengan barang maupun tirai agar angin yang keluar tidak sia-sia.
·    Cobalah menggunakan jendela reflektif
Jika Anda ingin membuat tagihan listrik tidak jeblok atau membuat kantong Anda menjadi bolong, maka cobalah untuk menggunakan jendela yang berjenis reflektif. Jendela ini memiliki fungsi untuk mengurangi jumlah panas yang terpantul sehingga ruangan yang ada di dalamnya tidak terlalu panas. Jangan juga menggunakan bingkai maupun jendela yang berwarna hitam karena warna hitam berfungsi untuk menyerap panas dan jika panas diserap, maka ruangan yang terdapat di dalamnya pun akan langsung menjadi lebih panas hingga kerja ac harus dipacu dengan kuat.
·    Jangan membuat gelap rumah Anda
Seperti yang dibahas pada poin sebelumnya jika hitam memiliki daya serap yang tinggi atau warna-warna gelap sehingga anda jangan membuat rumah Anda menjadi lebih gelap dibandingkan sebelumnya. Jika Anda ingin merombak maupun mengubah ulang warna cat maupun juga benda-bendanya, maka jangan gunakan yang berwarna gelap.

Inilah beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk membuat ac split bekerja maksimal namun biaya listrik tetap rendah.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment