hemat listrik

Cara Membuat Biaya Tagihan Listrik AC Split Rendah

Kebanyakan orang akan mengatakan jangan menggunakan ac jika tidak ingin mendapatkan kerugian berupa uang yang hilang dalam jumlah banyak hanya untuk membayar tagihan. Menggunakan ac split bukan berarti listrik Anda akan langsung naik sebab masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap hemat menggunakan energi sekaligus juga merasakan manfaat dari menggunakan ac untuk kebutuhan Anda sehari-hari.

Tips Hemat Gunakan Ac Split

Menggunakan ac split bukan berarti listrik juga ikut naik dan menyusahkan Anda sebab masih terdapat beberapa cara untuk hemat listrik dengan ac yaitu:

·    Saat udara begitu panas, gunakan kipas angin saja
Ketika anda merasa jika udara semakin panas dibandingkan dengan yang biasanya, maka jangan gunakan ac split langsung untuk menurunkan suhu udara dan membuat dingin. Gunakan saja kipas angin dahulu karena kipas angin juga mampu membuat udara menjadi sedikit lebih rendah dari yang sebelumnya tanpa kipas. Namun jika panas yang ada sangat besar bahkan Anda merasa ingin menyalakan ac untuk dingin yang lebih cepat, maka sebaiknya Anda gunakan ac dan kipas angin secara bersamaan sebab kipas mampu membantu ac untuk menurunkan suhu udara dengan cepat tanpa membuat kerjanya menjadi lebih sulit dan keras hingga tagihan menjadi lebih berat. Kipas angin ini mampu membuat jumlah penguapan udara menjadi lebih cepat sehingga Anda mendapatkan suhu dingin lebih cepat pula.
·    Memasang awning di jendela rumah Anda
Jika kebetulan rumah Anda terkena sinar matahari dengan sangat cepat dan langsung tanpa terhalang oleh apapun, maka sebaiknya Anda harus memasang awning di jendela rumah sehingga sinarnya tidak akan masuk langsung ke dalam rumah melainkan masih terdapat penghalang yang membuat kinerja ac split menjadi lebih ringan. Jika jendela rumah tidak diberikan penghalang, maka panasnya sinar matahari akan mengenai langsung dan membuat kinerja ac menjadi lebih berat dibandingkan sebelumnya. Masuknya cahaya panas terus menerus akan membuat ac sulit menyesuaikan suhu.
·    Tanamlah pepohonan di sekeliling rumah anda
Perlu diketahui jika pohon bukan hanya berfungsi untuk mengurangi polusi udara saja melainkan juga mengurangi suhu panas yang terbawa oleh angin. Bahkan jika anda menanam beberapa pohon untuk sekeliling rumah Anda, maka pohon ini akan mengurangi penggunaan listrik pada ac hingga 30% yang artinya kerja kompresor tidak berat ketika menyerap panas sebab panas sudah dikurangi sebagian oleh pohon yang ada. Semakin banyak pohon yang ditanam, maka akan semakin banyak pula prosentase pengurangan energi untuk ac sehingga Anda tetap merasakan manfaat ac untuk jangka waktu yang lama sekaligus juga lebih hemat.
·    Letakkan bagian unit outdoor ac di tempat yang teduh
Salah satu bagian terpenting dari pemasangan ac adalah bagian unit outdoor yang sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh dan juga terlindungi dari sinar matahari langsung sebab jika panas langsung mengenai bagian dari unit outdoor, maka kinerja ac akan semakin lebih berat lagi dan menjadi panas. Jangan juga meletakkan bagian unit outdoor dekat dengan barang-barang lainnya sebab hal ini bertujuan untuk melancarkan pembuangan yang akan dilakukan. Seringkali air pembuangan keluar dan jika terhalang dengan barang maupun yang lainnya, maka air ini akan mencemari dan merusaka barang tersebut. Akan lebih baik jika daerah pembuangan unit outdoor ini benar-benar kering.

Dengan demikian, anda bisa tetap menghemat biaya listrik jika mampu menggunakan ac split sebaik mungkin dan selalu pastikan jika Anda telah memasangnya dengan tepat.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment