cara memilih ac portable

Cara Memilih AC Portable

Air conditioners (AC) portable biasanya digunakan dalam ruangan tertentu saja terutama dalam ruangan yang kecil dan sempit. Namun banyaknya juga AC portable digunakan dalam ruangan seminar, event atau acara yang menggunakan ruangan tertutup. Akan tetapi jangan sampai lengah ketika akan memilih AC portable untuk dijadikan satu alat dalam menjalani kehidupan supaya lebih nyaman dan segar. Salah satunya lihat dari kekurangan dan kelebihan yang ada di AC portable. Selain itu pemilihan AC juga sangat penting.

Berikut kelebihan dan kekurangan yang ada di AC portable:

Kelebihan AC Portable

•    Sebagai alat penyejuk suatu ruangan yang merupakan fungsi utama dari setiap jenis AC.
•    Tidak merusak dinding karena setiap pemasangan AC portable tidak butuh untuk pembobolan dinding hanya meletakkan di satu tempat yang strategis dan sesuai kebutuhan.
•    Bisa dipindah di mana saja karena AC ini mudah dan ringan untuk diangkat dan bisa dibawa di manapun tempatnya.
•    Bentuknya simple dan ringkas yang cocok untuk kalangan yang rumahnya masih mengontrak dan alat ini sudah termasuk split dan kompresor ada di dalamnya.
•    Harganya relative murah namun semua terhitung jenis merknya. Kisarannya 800 sampai 2 jutaan.

Kekurangan AC Portable

•    Kapasitas daya besar hampir 1000 watt lebih. Ini butuh daya listrik dalam rumah yang lebih dari 1000 watt. Jika tidak maka pemakaiannya tidak maksimal.
•    Suaranya berisik karena kompresor yang bergabung langsung dengan AC. Sangat tidak cocok untuk ditempatkan di ruang kerja atau belajar.
•    Mudah rusak karena AC portable yang mudah dibawa kemana-mana dan rentan dalam kerusakannya karena sering jatuh dan terbentur dengan benda lain. Service untuk AC ini sangat mahal karena harus membuka sekaligus dan sparepartnya juga sangat langka.

Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan AC portable, maka akan bisa memilih AC portable yang baik dan berkualitas. Adapun cara memilih AC jenis ini adalah sebagai berikut:

1.    Pilihlah produk yang berkualitas dan non-cina
Tidak ada hal untuk mengejek atau yang lain karena sudah terbukti bahwa produk china sudah menyebar luas di seluruh wilayah Indonesia dan produk cina sudah terkenal dalam kualitasnya yang baik tapi cepat rusak. Selain itu spare part dan barang bekas dari produk cina sudah tersebar di pasar loak dan penjualan barang bekas di seluruh Indonesia. Maka hindari betul dalam pembelian AC yang berlabel seperti ini.
2.    Cari produk yang ada layanan purna jual
Layanan purna jual merupakan suatu layanan yang diberikan oleh konsumen yang menyediakan fasilitas purna jual yang bagus dan service center yang mana bersedia langsung ke rumah guna untuk service dan perawatan AC portable hanya cukup menelepon saja. Pastikan membeli AC dari sebuah produk yang mempunyai layanan seperti ini.
3.    Pilih AC yang tidak ada saluran airnya
Untuk menjaga keefisienan ruang maka pilih produk AC yang berbentuk simple dan mempunyai saluran air yang sekaligus di badan AC. Namun jangan sampai lupa atau perhatikan betul dalam masalah penampungan maksimal satu minggu sekali agar nanti tidak penuh dan bisa tumpah dalam ruangan. Ini penting agar nanti Ac portable dibawa ke mana-ke mana tidak membuat masalah dan kendala.

Itulah cara memilih AC portable yang baik dan benar. Perhatikan prosedur yang telah dijelaskan di atas agar nanti ketika akan membeli AC portable tidak salah pilih dan mendapatkan AC yang terbaik dan berkualitas.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment