cara memilih ac

Cara Memilih AC Split Sesuai Dengan Ukuran Ruangan

Ketika Anda memilih sebuah ac, mereka cenderung terpaku dengan merk karena semakin terkenal sebuah merk, maka dipercaya semua produknya sangat baik. Tetapi, ada kalanya masalah timbul ketika seseorang merasa ac split yang mereka miliki tidak dingin dan merasa jika ac mereka mengalami kerusakan padahal sebenarnya tidak ada sama sekali yang rusak namun Anda memang harus memperhatikannya lebih baik.
Cara Memilih AC Split Sesuai PK
Apakah ac split yang anda beli tidak dingin meskipun masih baru? Biasanya orang awam selalu mengira jika terjadi sesuatu pada ac ini atau ketika mereka membelinya, sudah terdapat kerusakan di bagian dalam sistem. Terlepas dari berbagai macam sistem yang mungkin mengalami kerusakan, Anda harus mengetahui hal penting sebelum membeli ac sebab ac yang tidak dingin bukan berarti jika terdapat sesuatu yang dsalah atau rusak sebab kemungkinan ac ini tidak cocok dengan ruangan yang Anda pilih. Anda harus memperhatikan detail dari rumah atau ruangan yang akan diberikan ac dengan ukuran dari setiap ac sehingga menemukan kecocokkan dan akhirnya ac bekerja maksimal.
Sebelum Anda membeli ac split yang diinginkan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa orang yang tidur di dalam ruangan yang akan Anda berikan ac sebab ini juga mempengaruhi dingin atau tidaknya sebuah ac untuk setiap penghuninya. Perlu diketahui jika satu orang dewasa membutuhkan sekitar 600 btu hingga mereka cukup dingin dan satu orang anak membutuhkan sekitar 400 btu agar mereka merasa dingin. Hal ini disebabkan karena manusia juga mengeluarkan hawa panas dari tubuhnya dan belum lagi terdapat alat elektronik lainnnya yang terdapat di dalam satu ruangan seperti lampu, komputer, TV dan juga barang lainnya termasuk juga hp dan chagrernya.
Semua alat elektronik yang Anda miliki di satu ruangan mengeluarkan panas dan ini akan membuat suhu udara di kamar tersebut menjadi lebih panas dan otomatis ac split yang dibutuhkan jauh lebih besar ukurannya dibandingkan dengan yang biasanya. Namun ada hal penting lainnya yang harus diperhatikan ketika memilih ac yang sesuai dengan ruangan itu. Bagian unit outdoor mempunyai breathing room yang artinya tempat untuk bernafas yang cukup. Meskipun bagian outdoor ac terkena hujan maupun matahari, tetap tidak akan masalah selama masih terdapat ruang bernapas dan kisi-kisi dari kipas di bagian outdoor harus memiliki jarak minimal 60 cm menuju depan yang kosong.
Selanjutnya di sisi kiri, kanan maupun juga atas harus memiliki jarak minimal 60 cm ke arah depan yang kosong. Bagian unit outdoor ac juga tidak boleh diletakkan langsung berhadapan sebab udara panas nantinya akan terperangkap disitu dan nantinya akan membuat kompresor menjadi lebih cepat panas. Jika sudah demikian, kompresor bisa lebih cepat rusak dan nantinya ac menjadi tidak dingin sebab kompresor akan lebih cepat mati dan akhirnya menjadi panas. Intinya adalah ketika Anda memiliki kamar dengan ukuran sekitar 3×4 meter, maka Anda membutuhkan ac yang memiliki ukuran btu sebesar 6000 tapi jika ada dua orang dewasa yang tidur di dalamnya, maka Anda butuh 7200 btu.
Jika hanya menggunakan ac yang berukuran ¾ pk dengan banyaknya alat elektronik yang terdapat di dalamnya, maka masih belum cukup untuk membuat suhu udara di seluruh ruangan menjadi dingin. Apabila di dalam kamar terdapat dua orang plus barang elektronik lainnya, maka sebaiknya gunakan ac yang berukuran 1 pk saja. Karena itulah Anda harus memilih ac split berdasarkan ukuran dan bukan berdasarkan dari merk saja meskipun merk juga mempengaruhi kualitas tersebut.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment