repair

Cara Memperbaiki AC Split Mampet

Pernahkan merasakan bahwa udara yang di keluarkan AC sudah tidak dingin seperti biasanya? jika ini terjadi maka lakukan pemeriksaan dengan cepat. Karena ada beberapa kemungkinan tidak terjadi perubahan suhu tersebut. Bisa saja bahwa AC Split yang di gunakan memang sudah aus dan bisa pula jika AC tersebut hanya mengalami sumbatan.

Perbedaan AC Split yang sudah terlihat rusak dengan mengalami mampet pada salurannya memang tidak beda jauh. Keduanya terdapat beberapa ciri-ciri yang hampir sama sehingga sebagian orang sulit untuk menentukan kerusakan apa yang terjadi. Oleh karena itu jangan sampai menunggu AC tersebut benar-benar rusak tapi lakukan mengecekan secara rutin

Endapat oli penyebab AC Split mampet
Pengecekan yang di lakukan dengan melihat struktur dari setiap komponen dalam AC apakah masih normal atau tidak. Perhatikan jika ada pipa-pipa yang terlihat bocor, karena jika bocor maka oli pada compressor bisa masuk ke dalamnya yang menyebabkan mampet. Sehinga sirkulasi dari froen tidak akan berjalan lancar yang membuat udara dingin pada AC Split lebih lama di keluarkan. Untuk lebih jelas mengenai tanda-tanda AC mampet, berikut ciri-cirinya :
•    Adanya suara berisik
Jika AC Split yang di pasang di rumah mengeluarkan suara seperti desisan air pada komponen indoor, lebih baik segerakan untuk memeriksanya. Setelah itu lakukan perbaikan dengan memanggil tukang service AC karena jika tidak segera di perbaiki maka compressor akan cepat rusak.
•    Periksa manifold
Dengan menggunakan manifold gauge, maka lakukanlah pengukuran. Biasanya jarum pada manifold tidak akan stabil yaitu kadang naik kadang juga turun.

Mengatasi AC Split mampet
Setelah mengetahui tanda-tandanya lalu segera atasi AC Split yang mampet tersebut. periksa kondisi indoor dan outdoor unit pada AC. Jika mampu untuk memperbaikinya sendiri maka lakukan dengan benar. Tapi jika di kira memperbaiki AC mampu terlalu panjang prosedurnya, lebih baik serahkan pada tukang service AC. Berikut cara mengatasi AC yang bisa di lakukan :
•    Lakukan dengan cara di flushing
Untuk pertama, lakukan pembersihan pada semua jalur pipa yang menghubungkan ke bagian indoor.
•    Pasang manifold
Setelah itu lihat selang kuning pada pipa tersebut yang akan di flushing. Pasang selang warna birug yang akan di pasangkan pada tabung Freon untuk mengangkat berbagai kotoran pada pipa tersebut. pasang selang warna merah untuk di sambungkan pada tabung Freon yang berbeda. Setelah itu buka tabung dan kran pada Freon pertama agar bisa mengalir pada pipa tersebut. lalu bukalah tutup dan kran Freon agar bisa mengalirkan Freon yang pertama dan bila selesai tutup kembali. Maka oli yang ada pada pipa dapat larut dan bersih.
•    Flushing outdoor
Saat indoor unit sudah di flushing dan bersih kembali, saatnya untuk memflushing bagian outdoornya. Untuk melakukan flushing pada bagian ini gunakan Freon pertama yang tadi telah di pasang. Caranya cut pipa high pres dan low pres yang telah terhubung pada compressor. lakukan tata caranya seperti membersihkan bagian indoor unit. Jangan lupa untuk mengganti baru filter dan juga pipa kapiler agar masih tetap bersih.

Setelah semua cara di atas telah di lakukan maka pasang kembali AC dengan benar sesuai dengan semula. Jangan lupa pula untuk melakukan vacuum yang di gunakan sebegai pengecekan terhadap udara yang terjebak di dalamnya. Jika mulai lancar, maka AC Split sudah siap untuk di gunakan kembali.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment