memperbaiki ac

Cara Memperbaiki AC Split yang Rusak

Saat ini produk AC Split bukanlah menjadi barang yang asing dikalangan masyarakat yang hidup dijaman serba maju sekarang ini. Produk ini semakin dibutuhkan oleh masyarakat luas karena fungsinya yang berguna untuk memberikan kenyamanan bagi mereka yang berada pada ruangan rumah maupun bangunan tertentu. Meskipun cukup mudah melakukan perawatan untuk produk ini, orang-orang biasanya mengalami kesulitan karena biasanya terjadi kerusakan yang membuat kinerja dari produk ini berkurang maupun mengesalkan. Ada banyak orang yang penasaran apakah mereka bisa memperbaiki sendiri produk AC yang rusak tersebut. Metode dan langkah yang diperlukan memang cukup mudah.

Kerusakan Umum Pada AC Split
Kerusakan yang terjadi pada AC Split memang sering terjadi dan amat membuat orang-orang mengalami masalah dalam hal perbaikan. Produk pendingin ruangan tersebut dapat cepat rusak jika pemakaian tidak sesuai dengan yang semestinya. Kurangnya disiplin pada proses servis dan juga pengecekan adalah salah satu alasan kenapa produk tersebut amatlah cepat rusak. Memperbaiki beberapa masalah dan kerusakan pada pendingin ruangan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang dan hal ini memang benar-benar perlu dicoba oleh para pemilik AC. Kerusakan yang sering muncul adalah pada masalah freon-nya.

Mendeteksi Kerusakan AC Split
Jika berbicara mengenai perbaikan pada produk AC Split, maka yang perlu untuk dipertimbangkan adalah mengenai proses deteksi pada kerusakan AC tersebut. Proses deteksi dari AC tersebut adalah untuk mengetahui bagian mana yang rusak pada produk tersebut. Cara yang termudah adalah dengan menggunakan remote control produk AC tersebut. Jika tidak berada pada posisi cool, maka setting harus berada pada posisi ini. Setelah ini, perlu dilakukan penyetelan suhu terkecil. Pemilik AC juga perlu untuk mengecek bagian outdoor pada produk AC. Jika ada endapan salju, maka hal ini menjadi indikator bahwa AC tersebut mengalami kebocoran freon.

Pengecekan juga bisa dilakukan pada bagian fan motor outdoor unit. Jika bagian pada AC Split tersebut tidak berputar, maka dapat dikatakan bahwa AC ini tidak memiliki supplay listrik yang memadai sehingga harus dilakukan cek kembali. Bagi orang awam, pengecekan keruakan tersebut seringkali susah untuk dilakukan sehingga  mereka seringkali membutuhkan bantuan ahli untuk mendapatkan efisiensi yang tepat. Seringkali orang-orang akan memanfaatkan bantuan ahli dari pemasangan, perawatan, dan juga bagaimana mereka akan memperbaiki segala kerusakan yang ada pada produk tersebut. Meskipun mereka harus keluar banyak uang, tentu saja ini lebih efisien jika dibandingkan dengan menggunakan usaha sendiri dalam melakukan perbaikan produk tertentu diiluar sana.

Untuk memperbaiki AC Split, tentu saja ada banyak langkah yang perlu diperhatikan secara baik. Pengecekan box sumber listrik adalah yang paling basic karena bisa mempengaruhi tegangan yang dibutuhkan pada produk tersebut. Sekring seringkali putus sehingga harus segera diganti untuk tidak menimbulkan lebih banyak kerusakan nantinya. Kerusakan yang terjadi pada bagian sekering memang bisa merentet pada konsleting pada AC. Orang juga perlu melakukan pemeriksaan apakah trafo power supply yang ada pada AC mereka masih berfungsi dengan baik. Jika lampu timer yang ada pada bagian indoor berkedip-kedip, maka dapat dipastikan bahwa thermos pada PCB telah rusak.

Dengan mengetahui beberapa hal pengecekan dan juga cara memperbaiki AC Split, maka dapat dikatakan bahwa segala kerusakan yang terjadi bisa segera diatasi dengan segera dan bahkan tanpa membutuhkan bantuan jasa ahli sama sekali. Hal ini amat penting diperhatikan oleh siapa saja yang memang benar-benar tertarik untuk mencoba memperbaiki AC mereka yang rusak dan segala permasalahan lain yang menghampiri.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment