cooker hood with lamp

Cara Memperbaiki Lampu Cooker Hood

Ruangan dapur pada rumah-rumah modern biasanya menerapkan penggunaan cooker hood. Cooker hood atau alat penghisap asap adalah perlengkapan dapur yang dipasang menggantung, tepat di atas kompor. Fungsi dari alat ini adalah untuk menyedot udara kotor, uap panas, asap, serta partikel-partikel lemak yang timbul akibat aktivitas memasak. Selain itu, menggunakan hood cooker di dapur juga karena faktor kesehatan. Dengan alat ini, udara di rumah, terutama di dapur, tetap terjaga kesegaran dan kesehatannya.

Jenis dan Macam Sistem Pembuangan Cooker Hood
Terdapat beberapa jenis pilihan cooker hood yang dijual di toko-toko. Tipe-tipe ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dapur serta seberapa tinggi aktivitas memasak anda. Apakah anda memerlukan cooker hood yang memang berperan sebagai unsur dekoratif dapur atau yang bisa disembunyikan di bawah kitchen cabinet dan terlihat hanya saat digunakan.

Selain jenis-jenisnya, anda juga perlu mengetahui macam-macam sistem pembuangan cooker hood. Setidaknya ada 2 macam cooker dilihat dari cara kerjanya, yaitu sistem pembuangan ekstraksi dan sistem pembuangan resirkulasi. Sistem pembuangan ekstraksi menghisap udara kotor kemudian membuangnya melalui saluran pipa ke ruang terbuka. Sementara cooker hood dengan sistem pembungan resirkulasi menyedot uap, partikel lemak, serta udara kotor dan memprosesnya kembali menjadi udara bersih yang dikembalikan ke ruangan. Kedua sistem ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Spesifikasi Cooker Hood
Cooker hood pada umumnya memiliki bagian-bagian seperti dekorasi hood, tombol switch, lampu, filter, dan dekorasi glass. Setiap bagian memiliki fungsinya masing-masing yang telah dijelaskan pada buku manual produk. Pada manual juga biasanya dijelaskan panduan-panduan seperti jangan mengubah koneksi dan konstruksi saat menggunakan hood cooker.

Beberapa informasi lainnya juga biasanya tertulis seperti misalnya kabel yang ada tidak bisa digunakan untuk tujuan lain, artinya tidak bisa dipotong dan disambungkan dengan kabel lain. Pihak penjual juga terbuka untuk anda berkonsultasi dan dengan senang hati akan melayani apabila ada bagian dari hood cooker yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

Masalah yang umum terjadi pada cooker hood telah dijabarkan dalam manual lengkap dengan kemungkinan penyebab serta cara mengatasinya. Hal-hal yang umum menjadi masalah antara lain adalah body cooker hood bergoncang, daya hisap kurang, dan tombol-tombol yang tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Masalah pada Lampu Cooker Hood
Namun, yang sering menjadi masalah adalah lampu cooker hood tidak menyala. Trouble yang berkaitan dengan lampu antara lain adalah sebagai berikut:
·    Tombol telah ditekan, tapi lampu tidak bekerja
Masalah tombol fungsi pada hood telah ditekan namun hood dan lampu tidak bekerja, umum terjadi. Kemungkinan penyebabnya adalah kabel listrik yang belum terpasang dengan benar, lampu rusak, atau ada sambungan kabel yang terputus. Cara mengatasinya yaitu dengan mengecek dan pasang kabel dengan benar, atau mengganti lampu.

·    Lampu menyala, motor tidak bekerja
Penyebab dari masalah ini bisa karena kipas hood yang terganjal, kapasitor yang terlepas dan rusak, atau motor rusak. Solusi dari masalah ini cukup dengan memeriksa dan membersihkan kipas.

Menggunakan alat elektronik seperti hood cooker ini memang membutuhkan perawatan yang detail dan rutin. Apabila terjadi kerusakan pada bagian alat itu adalah hal yang wajar. Jika langkah-langkah solusi yang tertulis pada buku manual sudah anda lakukan namun belum juga berfungsi sebagaimana mestinya, anda bisa menghubungi layanan purna jual di tempat anda membeli hood cooker.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment