showcase minuman

Cara Menata Barang Dalam Showcase Agar Dapat Untung Lebih

Ketika memutuskan untuk menggeluti bisnis kuliner, banyak hal yang harus diketahui, dan lakukan agar usaha tidak jalan ditempat bahkan colapse. Salah satunya adalah dengan menata produk sesuai aturan dan estetika, terutama di dalam showcase produk. Dengan begitu, penghasilan akan semakin tinggi, karena konsumen akan dibuat puas dengan apa yang mereka beli dari toko Anda.

Untuk menata produk tersebut, sebenarnya sudah diatur dalam sejumlah Standard Operating Procedure (SOP) sehingga tidak ada yang akan dirugikan dari penataan tersebut, baik penjual maupun pembeli karena harus mudah untuk dilihat, dipilih, dimengerti, diambil, dan dirapikan. Mau tahu seperti apa pengaturan yang tepat itu?

Pakai Cara Tata Ini Pada Produk Di Showcase Anda, Dan Rasakan Efeknya!
-    Ketika Anda memajang produk makanan pada showcase, hal pertama yang harus diperhatikan adalah menempatkan produk sesuai dengan kategori. Semisal, produk cake letakkanlah sesama cake, atau roti dengan topping yang sama. Begitu juga dengan minuman, letakkanlah satu jenis pada tempat yang sama.
-    Pastikan Anda memberi label untuk setiap produk yang dipajang. Bisa sesuai dengan kategori, atau jenis produk tersebut. Usahakan nama produknya memotivasi untuk membeli, dan bila perlu sertakan foto dan detail produk tersebut.
-    Soal ukuran, pastikan Anda meletakkan kue atau minuman dengan ukuran besar di bagian paling bawah, dan yang paling kecil di bagian atas, sehingga semua jenis bisa terlihat dengan sempurna. Begitu juga dengan tinggi, usahakan dalam satu tempat, produk yang Anda tata memiliki tinggi yang sama, sehingga siapapun yang melihat akan terkesima karena produk Anda yang eye catching.
-    Pastikan meletakkan produk menghadap ke depan, sehingga konsumen bisa melihat dengan sempurna, dan memilih sesuai keinginannya. Jangan pula pastikan produk yang ditata memiliki bentuk menarik, sehingga membuat konsumen tertarik, jangan pernah meletakkan produk gagal Anda di dalam showcase karena akan menurunkan nilai jual dari produk, dan upayakan untuk segera memenuhkan kembali semua posisi produk yang kosong, sehingga bisa terlihat mana produk yang harus segera ditambah produksinya mana yang tidak.
-    Tentukan area pada lemari tata Anda ini. Mulai dari area best seller yang ditempati oleh produk-produk unggulan Anda, lalu  area impulse yang merupakan area tempat produk strategis untuk dibeli pada kondisi tiba-tiba. Mungkin Anda pernah melihat di depan sebuah kasir toko terdapat beberapa produk seperti makanan ringan, permen, hingga parfum, itulah yang disebut area impulse. Lalu pastikan ada area promosi yang nantinya diisi produk terbaru Anda dengan harga promosi, atau produk yang sedang Anda beri potongan harga

Apa Manfaat Penataan Produk Yang Tepat Pada Showcase Anda?
Memang sekilas tak terlihat dampak signifikan dari penataan produk yang benar, namun ketika dikaji lebih dalam, ternyata hanya dengan mengikuti prosedur penataan barang yang benar, ternyata akan meningkatkan penjualan produk Anda. Apalagi jika ditunjang dengan model showcase yang menarik dan indah dipandang. Selain itu, akan memudahkan untuk inventarisir produk, sehingga terlihat mana produk yang laku keras dan harus diproduksi dalam jumlah lebih banyak, dan mana produk yang sebaiknya dihentikan produksi karena tidak memiliki konsumen yang banyak. Manfaat lainnya adalah mmempercepat perputaran dari produk Anda, serta meningkatkan daya saing dengan pebisnis lain.

Mungkin saat ini Anda menyadari bahwa ternyata selama ini ada sedikit kesalahan yang dilakukan saat menata barang di dalam showcase milik Anda. Segeralah perbaiki, dan rasakan efek luar biasa untuk jangka panjang bagi bisnis Anda.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment