masalah

Cara Mengatasi Masalah Pada Kulkas Portable

Semua alat elektronik pasti memiliki kecanggihan teknologi serta keistimewaannya sendiri-sendiri sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Termasuk juga dengan kulkas portable, meskipun berukuran kecil namun penggunaannya bisa bertahan sangat lama. Agar bisa digunakan secara terus menerus, maka Anda sebagai pemilik tidak hanya harus bisa membersihkannya namun juga mengetahui cara mengatasi masalah yang mungkin timbul.

Cara Mengatasi Masalah Pada Kulkas Portable

Berbagai macam masalah mungkin bisa timbul jika Anda tidak merawat dan membersihkan kulkas portable dengan baik dan Anda harus tahu cara terbaik untuk mengatasinya sebagai berikut:

·    Chiller yang tidak dingin
Apabila chiller tidak terasa dingin, maka kemungkinan hal itu disebabkan oleh saluran udara yang menghubungkan bagian freezer dengan chiller tersumbat oleh kotoran yang mengendap karena makanan sisa yang disimpan di dalam kulkas sehingga mengakibatkan kinerja chiller tidak maksimal. Untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa membersihkan saluran udara tersebut dan memeriksa keadaan heater sehingga fungsi dari chiller bisa kembali normal. Oleh sebab itu, banyak sekali pihak yang menyarankan Anda sebagai pemilik untuk selalu merawat serta menjaga kebersihan bagian dalam kulkas.
·    Bagian dingin dari freezer tidak maksimal
Sebagian dari kulkas portable memiliki bagian freezer yang lebih besar sehingga mudah untuk melakukan penyimpanan bahan makanan yang beku. Namun jika Anda merasa freezer tidak dingin atau titik bekunya tidak maksimal, mungkin terdapat suatu masalah di dalamnya. Freezer yang tidak dingin memiliki tanda-tanda berupa es yang mulai mencair dan terdapat banyak sekali embun air yang terdapat di permukaan setiap barang yang disimpan. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor seperti kulkas kelebihan muatan, terdapat kotoran di bagian evaporator, pengaturan suhu yang mengalami masalah, atau timer yang sedang mangalami kerusakan sehingga tidak bisa mengatur kinerja dari heater dan kompressor dengan tepat. Untuk mencegah kerusakan seperti ini, maka Anda harus memeriksa setiap komponen yang ada dalam kulkas yang berpotensi untuk terkena masalah secara rutin.
·    Dingin dari freezer tidak merata
Apabila suhu dingin dari freezer tidak merata, kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh saluran dari refrigan yang bekerja tidak lancar karena beberapa faktor seperti sistem refrigan yang tersumbat, kompresor yang tidak dapat bekerja dengan maksimal, oli yang berkurang, berkurangnya refrigan, pembuangan panas dari kondensor terhambat, kotornya evaporator, suhu dari sekitar lingkungan kulkas yang terlalu tinggi, sirkulasi udara yang tidak baik dan sebagainya. Jika Anda ingin mengatasi hal ini, maka perlu dilakukan pengecekan dan kontrol rutin secara menyeluruh khususnya pada jalur-jalur sirkulasi dari refrigan yang rawan kotor sehingga suhu dingin dari freezer akan merata nantinya.
·    Kulkas yang tidak dingin
Seringnya membuka kulkas secara terus menerus, membuka kulkas terlalu lama, kebocoran refrigan, kerusakan kompresor, aliran listrik yang naik turun atau tidak stabil, pintu kulkas yang tidak tertutup rapat merupakan beberapa penyebab dari suhu dingin kulkas yang tidak merata. Untuk mengurangi resiko terjadinya hal tersebut, maka Anda bisa melakukan pengecekan secara rutin pada karet pintu, serta komponen-komponen yang rawan terkena masalah. Bersihkan juga kulkas secara teratur minimal seminggu sekali supaya semua komponen fungsi berjalan dengan lancar dan aliran dingin akan menyebar secara rata dan tetap terjaga hawa sejuk di dalamnya.

Dengan mengetahui beberapa masalah yang mungkin terjadi pada kulkas portable milik Anda, maka diharapkan Anda sebagai pemilik tidak hanya bisa menggunakannya saja melainkan bisa merawat dan membersihkannya secara rutin sehingga kulkas dapat bertahan lebih lama.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment