save energy

Cara Menghemat Listrik Menggunakan Kulkas Side by Side

Banyak sekali orang yang beranggapan jika pemilihan kulkas side by side akan meningkatkan biaya tagihan bulana listrik Anda sehingga bisa mengalami pemborosan serta pengeluaran menjadi lebih meningkat jika dibandingkan dengan sebelumnya. Namun dengan kecanggihan teknologi yang sudah dikembangkan saat ini, sudah banyak beredar kulkas hemat energi dan ramah lingkungan sekaligus terdapat banyak sekali cara untuk menghemat listrik Anda di rumah.

Cara Menghemat Listrik Dalam Kulkas Side by Side

Pada kenyataannya, banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk menghemat energi listrik di rumah dengan menggunakan kulkas side by side sebagai berikut:

·    Jangan terlalu sering membuka pintu kulkas
Cara untuk menghemat daya listrik di rumah Anda adalah jangan terlalu sering atau terlalu lama membuka pintu kulkas karena hal tersebut akan membuat performa dari kompresor menjadi lebih meningkat sehingga penggunaan energi listrik pun akan semakin meningkat pula. Menurut penelitian yang dilakukan, setiap menit pintu lemari es yang dibuka, maka dibutuhkan waktu tiga menit energi penuh untuk bisa mengembalikan temperatur serta suhu kulkas ke level yang diinginkan. Untuk mencegah hal tersebut, maka Anda harus segera menutup pintu kulkas setelah mengambil makanan atau minuman yang diperlukan dan jangan terlalu lama mendinginkan diri di hadapan kulkas yang terbuka. Selain itu, Anda juga harus menutup rapat pintu dan pastikan karet sudah menempel dengan sempurna sehingga tidak ada udara dari luar yang akan masuk ke dalam.
·    Memastikan pintu tertutup rapat
Seringnya membanting pintu kulkas ataupun lupa menutupnya dikarenakan membawa banyak sekali bahan makanan dari dalam kulkas memang merupakan hal sepele namun itu bisa berujung fatal dikarenakan udara panas dari luar masuk sehingga menyebabkan kinerja kulkas menjadi lebih berat untuk tetap mendinginkan bahan makanan yang ada di dalamnya. Untuk mengakali hal ini, maka Anda bisa meletakkan sebuah papan kayu di bawah kaki kulkas side by side milik Anda sehingga posisi dari kulkas akan miring ke belakang. Hal ini sangat efektif untuk membuat pintu selalu menutu dengan sendirinya walau Anda hanya mendorongnya saja.
·    Mengatur suhu serta lokasi dari kulkas
Hal yang paling penting untuk bisa menjaga serta menghemat energi listrik yang terpakai dalam kulks, maka Anda harus cermat serta bijak untuk menentukan ukuran suhu yang sesuai dengan tingkat kebutuhan Anda tidak terlalu beku namun juga tidak terlalu panas sehingga suhu makanan bisa menjadi lebih terjaga. Selain itu, Anda juga tidak boleh memasukkan bahan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas karena hal tersebut akan membuat kinerja pendingin menjadi lebih berat sehingga konsumsi listrik pun bertambah dan mengakibatkan peningkatan daya. Selain itu, Anda juga harus menempatkan kulkas yang letaknya jauh dari beberapa sumber panas seperti kompor ataupun oven karena hal itu akan mempengaruhi suhu dari kulkas.
·    Melakukan pengaturan pada makanan
Cara lain yang dapat menghemat penggunaan listrik dari kulkas side by side adalah dengan menempatkan makanan ke dalam wadah yang berukuran lebih kecil serta tidak memasukkan bahan makanan dengan ukuran besar ke dalamnya karena kulkas akan membutuhkan energi lebih besar untuk bisa mendinginkannya. Anda juga bisa menyusun isi kulkas sesuai dengan tingkatannya seperti daging di bagian freezer, bahan makanan yang matang di rak paling atas serta sayuran di bagian paling bawah supaya energi bisa tersalurkan dengan baik.

Semoga dengan membaca informasi mengenai cara menghemat listrik dengan penggunaan kulkas side by side ini bisa Anda terapkan di rumah sehingga Anda bisa menghemat energi serta tetap memanfaatkan fungsinya dengan baik.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment