tips-hemat-listrik-menggunakan-ac

Cara Menghemat Penggunaan Listrik Ac Split

Memiliki ac saat ini adalah sebuah kewajiban dan bukan lagi disebut barang mewah. Hanya menggunakan kipas angin saja masih belum cukup untuk membuat udara menjadi lebih dingin dan juga sejuk. Ac split menjadi pilihan sebab terdapat banyak tipe yang disesuaikan dengan budget termasuk juga kebutuhan mereka akan ac mengingat belum tentu satu rumah hanya memiliki satu ac saja namun terdapat beberapa hal penting.

Tips Menghemat Listrik Ac Split

Mungkin Anda memang seorang konsumen yang hanya butuh untuk membeli ac kemudian memasangnya dan menikmati udara dingin keluar tanpa perlu mengetahui hal yang lain. Namun konsumen yang cerdas tahu ac jenis apa yang ingin mereka beli sesuai dengan kebutuhan mereka dan juga budget. Apabila tertarik memiliki ac split, maka terdapat beberapa hal penting yang harus diketahui. Faktanya adalah biaya keseluruhan dari ac itu bukan dari tipenya melainkan juga melalui fungsi serta pemakaian ac ini pada rumah yang Anda miliki. Semakin banyak ac, tentu saja semakin besar biaya listrik yang harus Anda keluarkan namun itu juga tergantung dari pemakaian Anda.

Tidak selalu ac dengan jenis tertentu lebih murah dari ac split lainnya. Apabila Anda memiliki ac yang dinyalakan terus menerus mulai dari pagi hingga malam tanpa berhenti untuk mendinginkan ruangan, maka daya listrik yang akan terpakai juga sangat banyak. Sebaliknya jika Anda hanya menggunakannya di waktu tertentu saja seperti malam hari ketika hendak tidur maupun ketika Anda merasa panas setelah beraktivitas di luar, maka pemakaian listriknya pun dapat dikurangi dengan baik. Sebenarnya jika Anda ingin sekali menekan biaya listrik namun tetap mendapatkan manfaat dari penggunaan ac, maka sebaiknya jangan sering membuka atau menutup ruangan yang terdapat ac.

Ini dilakukan dengan tujuan agar kerja dari kompresor ac split jauh lebih ringan dan ruangan juga lebih dingin tanpa perlu mengatur suhu ke bagian paling rendah. Untuk membuat kerja kompresor lebih mudah dan ringan sehingga lebih hemat, maka sebaiknya cobalah untuk membuat pipa yang menghubungkan bagian outdoor dengan indoor jauh lebih pendek dan ini sangat efektif untuk membuat kerja kompresor jauh lebih ringan dan biaya listrik dapat ditekan dengan tepat. Namun ini juga diperlukan kontrol dari pengguna atau user yang mengendalikan remote control ac. Bila Anda ingin kerja ac semakin ringan, maka jangan terlalu mengatur suhu di titik yang paling rendah.

Anda harus bijak dalam mengukur seberapa dingin udara yang diinginkan untuk suatu ruangan. Meskipun Anda mengatur ac di suhu yang lebih tinggi, ruangan tetap akan terasa lebih dingin ketika Anda membiarkan acnya bekerja dan tidak selalu membuka ruangan maupun ventilasi di dalamnya. Apabila Anda ingin kerja ac jauh lebih maksimal tanpa membutuhkan biaya listrik yang mahal, maka sebaiknya Anda bisa memilih ac yang sesuai dengan ukuran ruangan tersebut. Apabila ruangan kecil, maka jangan memilih ac yang terlalu besar atau jangan mengatur suhu sangat rendah. Sebaliknya jika ukuran ruangan terlalu besar, mungkin satu ac masih belum cukup bagi Anda di ruangan itu.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengingat fungsi dari setiap ac yang terdapat di toko dan bingung untuk memilih yang tepat, maka sebaiknya Anda ingat fungsi utamanya saja. Sebagai contoh ac low watt digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik sangat terbatas, ac dengan tipe standar ditujukan untuk Anda yang menginginkan ruangan lebih cepat dingin dan inverter yang digunakan untuk suhu udara dingin yang sangat stabil.

Hal ini dikarenakan ac split jenis ini akan kembali mengatur suhunya jika suhu ruangan itu seketika tidak sesuai dengan remote. Pilihlah ac dengan bijak.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment