cara membersihkan dispenser

Cara Menghilangkan Kotoran Tangki Dispenser

Bukan hal baru lagi jika di setiap rumah memiliki sebuah atau beberapa dispenser untuk membantu mengatur kebutuhan air, seperti kita tahu bahwa setiap orang membutuhkan air minimal 2 liter dalam sehari. Angka tersebut tidak boleh kurang dan di sarankan untuk melebihinya, namun bagaimana memenuhi kebutuhan air dalam tubuh jika anda tidak bisa memberikan air dalam kualitas bagus. Untuk itulah anda membutuhkan dispenser agar bisa mempermudah menyiapkan air sebagai kebutuhan harian, selain untuk minum namun juga sebagai bahan memasak. Anda tentu membutuhkan air dengan kualitas bagus agar bisa menghasilkan masakan enak dan menyehatkan bukan ?

Namun masalah terjadi saat kotoran mulai timbul dalam dispenser, tidak terkecuali pada tangkinya. Karena secara tidak langsung akan mempengaruhi kualitas air itu sendiri, pasalnya air akan di proses disana, baik untuk di dinginkan maupun di panaskan. Jika ada kotoran dalam tangki dispenser tentu akan membawa kuman dan virus, ini akan membawa bencara karena bisa membawa penyakit pada pengkonsumsinya. Tidak ingin bukan air di rumah menjadi penyebab keluarga menjadi sakit, maka dari iitu lebih melakukan pembersihan berkala agar bisa mendapatkan kualitas air terbaik.

Cara membersihkan kotoran tangki pada dispenser

Menjaga kebersihan dispenser tidak hanya pada tampilan luar saja, soalnya pada bagian dalam turut memberikan andil besar terhadap kualitas air yang di konsumsi. Jika ada kotoran yang menempel, maka secara tidak langsung akan mengkontaminasi air, hasilnya bisa menimbulkan penyakit ringan seperti gangguan diare, gangguan pencernaan ataupun hingga gangguan pada tenggorokan. Ini baru efek ringannya, jika di konsumsi terus menerus akan membuat timbulknya penyakit kronis lainnya.

Untuk mengatasi timbulnya penyakit karena air, anda harus melakukan perawatan kebersihan secara berkala, apalagi pada bagian tangkinya. Tenang tidak perlu khawatir karena membersihkan bagian dalam dispenser ini mudah dan bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga sekalipun. Berikut tahapan untuk membersihkan bagian tangki pada dispenser :

1.    Mematikan dispenser minimal 1 jam sebelum membersihkan. Karena terhubung dengan listrik, maka lebih baik untuk mematikan sambungan terlebih dahulu dan tunggu hingga dingin. Karena jangan sampai anda tersengat air panas yang tersisa di dalamnya.
2.    Menguras seluruh air dalam dispenser. Jika memang ingin membersihkan bagian tangki dispenser, anda harus menguras atau mengeluarkan seluruh air di dalamnya, pastikan juga sisa yang terdapat dalam kran panas ( merah ) dan kran dingin ( biru ). Ini untuk meminimalisir terjadi melepuh pada tangan dan juga menjaga suhu tetap normal pada dispenser.
3.    Gunakan sarung tangan. Pastikan anda menggunakan pelindung pada tangan, bisa menggunakan sarung tangan yang di rasa aman, sehingga saat membersihkan tidak akan ada material mengores ataupun membuat rasa kesakitan pada tangan.
4.    Gunakan bahan ringan. Untuk membersihkan dispenser tidak membutuhkan pembersih tingkat tinggi seperti saat membersihkan lantai kamar mandi, cukup gunakan sabun cuci piring saja. Usahakan untuk membersihkan seluruh bagian ruangan dan tidak menyisakan busa apapun sebelum menutup kembali tangki dispenser.
5.    Tunggu hingga dispenser benar benar kering. Setelah selesai membersihkan tangki dispenser, maka lebih baik untuk membiarkan tangki dalam posisi benar benar kering. Bisa gunakan kipas angin agar cepat kering ataupun mendiamkan saja dalam suhu ruangan hingga sekitar 30 menit.

Tidak sulit bukan untuk membersihkan tangki dispenser sendiri, bahkan anda ibu rumah tangga bisa melakukannya di sela kesibukan membersihkan rumah. Pastikan selalu dalam keadaan kering dan bersih, jangan sampai ada kotoran ataupun lumut karena bisa menggangu kualitas air yang di konsumsi oleh keluarga. Selamat mencoba !.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment