Cara Merawat AC Agar Awet

cara merawat AC agar awet

cara merawat AC agar awet

Fitur-fitur AC
Tak dipungkiri AC telah menjelma menjadi barang sederhana yang dimiliki hampir oleh semua kalangan. Entah itu masyarakat kalangan atas ataupun kalangan menengah. Hal ini dikarenakan semakin maraknya produk AC yang dibandrol dengan harga sangat terjangkau. Tak heran akhirnya masyarakat memilih beralih dari kipas angin ke AC yang lebih nyaman. Apalagi AC mampu menyulap suhu ruangan yang cukup panas menjadi lebih dingin dalam waktu yang cukup singkat.
Selain itu, para pengguna AC pastinya juga bisa mengatur suhu seperti yang dikehendaki oleh para penggunanya. Dengan kelebihan ini tentunya para pengguna AC semakin dimanjakan untuk merasakan udara yang sejuk. Tak harus lagi menunggu hujan turun ataupun berlibur ke puncak dan pedesaan hanya untuk udara sejuk. Di samping itu, fitur AC yang semakin beragam juga menambah kelebihan tersendiri bagi AC yang digunakan oleh para masyarakat tersebut.
Kini, AC tak hanya berperan sebagai pendingin udara tetapi juga penyaring debu. Alasan inilah yang membuat kenapa AC lebih nyaman digunakan ketimbang kipas angin biasa. Kondisi kesehatan yang tak harus terganggu karena debu ataupun kuman yang bertebaran. Bagaimana dengan Anda yang juga menggunakan AC di rumah? Pastinya sangat setuju dengan beberapa fitur pendukung AC yang diciptakan oleh pabrikan tersebut bukan?
Cara merawat AC
Untuk Anda yang juga pengguna AC di rumah, setidaknya ada cara-cara tertentu dalam merawat AC. Cara-cara ini diperlukan agar pendingin udara mampu bertahan atau awet hingga bertahun-tahun. Sehingga Anda tak perlu mengeluarkan biaya berlebih hanya untuk menggantinya. Lalu, apa sajakah cara untuk merawat sendiri AC di rumah? Berikut beberapa cara yang akan dibagi kepada Anda.
? Bersihkan filter secara rutin
Langkah pertama dalam merawat AC adalah dengan membersihkan bagian filter AC. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka AC split yang terdiri dari 3 bagian. Bagian-bagian ini adalah indoor, outdoor, dan remote control. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah membuka tutup indoor untuk mendapati filter. Bagian filter ini umumnya sedikit kotor karena menyaring debu yang bertebaran. Cucilah bagian filter tersebut hingga bersih dengan menggunakan air. Lakukan secara hati-hati agar filter tidak rusak. Lakukan hal ini setidaknya sebulan sekali untuk hasil yang maksimal.
? Perhatikan evapator AC
Setelah Anda membuka filter, Anda biasanya akan menemukan evapator AC yang berperan untuk mendingin udara. Bagian ini juga akan kotor tergantung dari seringnya pendingin ruangan tersebut digunakan. Cara membersihkannya sedikit sulit memang, karena Anda membutuhkan steam AC. Jika tidak memiliki ketrampilan dan alatnya, ada baiknya Anda menghubungi teknisi service agar lebih maksimal.
? Isi freon jika dibutuhkan
Tak hanya menilik bagian indoor, Anda pun harus memperhatikan bagian outdoor dari AC itu sendiri. Periksalah bagian outdoor dari AC Anda, perhatikan apakah ada yang mengganggu sirkulasi udara. Jika Anda mendapatkannya, maka singkirkanlah karena ini akan berpengaruh pada tingkat kedinginan yang dikeluarkan oleh AC. Perhatikan pula pipa kecil yang terdapat di dalam outdoor. Bila Anda menemukan bunga es di bagian ini, hal tersebut menandakan freon harus diisi kembali. Untuk pengisian freon seperti ini, tenaga teknisi sangat diperlukan agar tak salah.
? Matikan AC ketika tegangan menurun
Cara paling mudah untuk melihat apakah tegangan listrik rumah Anda menurun atau tidak adalah dengan memperhatikan nyala lampu. Umumnya lampu akan sedikit meredup ketika tegangan listrik mulai menurun. Pada saat seperti ini, usahakan untuk segera mematikan listrik agar AC tak mudah rusak.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment