cara perawatan led tv

Cara Perawatan Lampu LED TV

Laju perkembangan teknologi berimbas pada televisi juga. Televisi dulunya hanya menyajikan gambar hitam dan putih, saat diklaim dapat menyajikan gambar sesuai warna aslinya. Hal ini karena kemajuan teknologi yang dapat menyajikan gambar yang rapat pada LED TV. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan masyarakat yang ingin menikmati tontonan dengan gambar berkualitas.

Salah satu teknologi yang dapat menyajikan gambar kualitas tinggi adalah LED. Akan tetapi di negara ini keberadaan LED belum populer dan belum merakyat dibanding TV konvensional. Bisa saja terbentur pada permasalahan harga, relative lebih tinggi. Karena kurangnya informasi maka banyak yang belum tahu cara perawatannya dengan baik. Sehingga tidak jarang mengalami kerusakan karena salah penanganan. Sedangkan biaya service sangat mahal.

Cara Pemeliharaan LED TV Dengan Benar
Untuk teknologi baru, LED memberi fitur yang menarik diantaranya adalah kemudahan koneksi jaringan internet tingkat lanjut sehingga pengguna LED TV bisa mendownload apapun mulai dari lagu sampai aplikasi. Fitur lain yang tidak kalah hebat adalah menginput data yang berasal dari flash disk lalu menonton data itu bahkan bisa digunakan sebagai monitor untuk presentasi.

Namun agar dapat digunakan dengan baik dalam waktu lama harus dipelihara dengan baik. Berikut cara pemeliharaan lampu yang baik adalah:
·    Rajin membersihkan layar dari debu atau kotoran
Jangan tunggu hingga debu banyak baru dibersihkan. Saat pembersihan LED tak boleh menggunakan cairan beralkohol. Bisa memakai cleaning kit ataupun pembersih kacamata, kemudian dilap menggunakan kain flannel atau kain kanebo.
·    Perhatikan suhu ruangan
Anda harus mengatur suhu ruangan jangan terlalu panas. Sebaiknya gunakan AC supaya TV tidak overheat.
·    Pakai regulator
Regulator tak hanya dipakai hanya untuk TV saja, tetapi semua elektronik sebaiknya memakai regulator. Saat elektronik dinyalakan secara bersamaan, ada perebutan listrik sehingga membuat listrik yang masuk ke dalam elektronik jumlahnya tidak selalu sama. Seiring dengan waktu, hal tersebut dapat mempengaruhi LED TV anda.
·    Jangan membongkar sendiri
Bila ada masalah pada TV jangan membongkarnya sendiri, segeralah panggil tukang servis. Anda juga bisa membawa ke dealer resmi kemudian dibetulkan mana yang rusak.
·    Matikan TV saat tidak ditonton
Segera matikan TV jika tidak ada yang menonton. Dengan begitu umur TV anda akan panjang karena tidak terlalu sering digunakan. Tampilan gambar pun akan meredup karena lampu sudah tua.
·    Mengurangi kecerahan TV
Jika mengatur kecerahan TV terlalu tinggi maka bisa membuat umurnya pendek.
·    Atur kontras gambar dengan tepat
Anda bisa mengatur pada pilihan standar jika ingin menonton acara berkualitas HD bisa menggunakan Movie. Kontras gambar mempengaruhi umur TV juga, karena jika kontras gambar dipakai tinggi, maka daya yang dipakai juga tinggi, sehingga usianya makin cepat berkurang.

Ada baiknya anda menggunakan pelindung layar supaya tidak terkena noda minyak dan debu ataupun tergores sesuatu. Gambar LED TV makin berkualitas jika anda merawatnya dengan baik. Umur TV juga makin panjang dengan pemeliharaan yang benar. Berbagai keunggulan dari LED bisa anda rasakan misalnya fitur-fitur yang dimiliki sangat canggih. Banyak sekali keunggulan dapat diperoleh dari LED daripada TV konvensional.
Keunggulan LED dari kualitas gambar yang ditampilkan tidak dapat disanksikan. LED menawarkan tampilan gambar memiliki rasio kontras tinggi. Warna putih bisa mencapai paling terang, begitu dengan warna hitam akan menampilkan warna paling gelap dan pekat. Itulah salah satu kelebihan dari LED TV yang kaya akan warna.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment