cooker hood chimney

Cooker Hood dan Dapur Sehat

Kesehatan keluarga dimulai dari dapur yang sehat.Selain menghasilkan makanan yang higienis dan bernutrisi dapur sehat harus selalu dijaga kebersihannya. Mulai dari kompor dan piranti memasak lain hingga kebersihan udara. Dalam setiap dapur memisahkan peralatan memasak yang kotor sangat penting. Dapur yang sehat juga memiliki tempat sampah. Usahakan ada dua tempat sampah, yang satu untuk membuang sampah organik dan yang lainnya untuk sampah plastik. Untuk setiap tempat sampah, anda bisa tambahkan plastik kresek hitam sesuai ukurannya.
Cara Kerja Cooker Hood Menyehatkan Udara
Dengan aktivitas memasak dari pagi hingga malam, asap dan uap yang dikeluarkan dari proses memasak bisa merugikan kesehatan. Di dapur tradisional yang masih menggunakan tungku tanah liat dan kayu bakar, tentu asap yang dihasilkan bisa mengganggu kenyamanan. Terlebih lagi dalam jangka panjang bisa memicu penyakit pernapasan. Menurut penelitian, asap yang dihirup dari hasil pembakaran kayu sama beracunnya dengan asap rokok. Namun jangan mengira jika dapur modern yang menggunakan kompor terbebas dari polusi udara.
Di daerah perkotaan, banyak orang membuat rumah dengan desain dapur yang kurang ideal sirkulasi udaranya. Memang secara fisik tidak begitu terlihat asap mengepul dari dapur yang menggunakan kompor. Kenyataanya udara dapur sering terkontaminasi karbon monoksida, Nitrogen dioksoda dan sulfur dioksida. Secara langsung orang yang menghirup zat-zat ini akan merasa pusing dan batuk-batuk. Jika terus menerus menghirup udara yang tercemar maka anda bisa menemui resiko penyakit asma, bronchitis dan paling parah kanker paru-paru.Asap juga bisa membuat iritasi mata dan kulit. Uap yang terkadang mengandung minyak bisa membuat kulit wajah kusam dan berjerawat.
Untuk mencegah efek buruk dari asap dapur, anda bisa meminimalisir durasi memasak. Dengan membeli kompor yang efisien, waktu memasak menjadi lebih singkat. Anda bisa menggunakan kompor empat tungku untuk memasak sayur dan lauk dengan waktu bersamaan. Sirkulasi udara juga sangat penting.Anda sebaiknya membuka pintu dan jendela dapur saat memasak. Apabila memang tidak bisa dihindari lagi, anda disarankan memasang installasi cooker hood. Peralatan ini berfungsi membersihkan udara dapur. Cocok bagi anda yang tinggal di pemukiman padat penduduk. Jika dapur anda tidak begitu luas sebaiknya memilih model slim line yang ramping dan tipis.
Cookerhood yang ramah lingkungan biasanya bekerja dengan mode resirkulasi. Maksudnya asap kompor saat memasak akan dihisap oleh alat ini dan didaur ulang menjadi udara segar yang dikeluarkan di dalam dapur. Sementara jenis lain hanya menghisap dan mengeluarkan asap pembakaran keluar rumah. Kalau kita ingin menjaga keluarga kita dari penyakit tentu kita juga harus memperhatikan lingkungan juga. Cooker hood memang menjadi solusi yang bisa diandalkan untuk menjaga sirkulasi udara di dalam dapur tetap sehat. Namun jangan lupa untuk selalu membersihkan ventilasi udara dapur dari debu dan kotoran yang menempel.
Untuk memiliki dapur yang sehat, anda juga harus merawat cooker hood dengan pembersihan berkala. Anda seyogyanya selalu membersihkan lantai, kompor dan juga peralatan yang baru saja digunakan untuk memasak.Meja dan kabinet bisa dibersihkan dengan lap yang dicelupkan pada cairan pembersih. Apabila sayur dan lauk sudah masak, anda bisa memindahkannya di almari makan. Sehingga udara kembali fresh dan bebas bau.Terkadang kita juga perlu mencegah datangnya serangga seperti semut dan kecoa mengotori dapur kita dengan pembasmi serangga. Kebersihan adalah cerminan dapur yang sehat.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment