ac low watt

Fitur-Fitur Umum Pada AC

Di jaman sekarang ini AC atau pendingin ruangan sudah menjadi salah satu peralatan pelengkap dalam rumah terutama yang berdomisili di daerah perkotaan untuk menghalau rasa gerah dan panas. Di pasaran telah tersedia beragam jenis AC berbagai merk, tipe, dan harga AC, mulai dari yang sangat murah hingga yang luar biasa mahal. Walaupun awam, tak ada salahnya kita mengetahui secara umum fitur-fitur pada AC, terutama yang biasa bersentuhan dengan keseharian kita.

Fitur-fitur pada AC yang penting untuk diketahui
Berikut ini adalah fitur-fitur yang terdapat AC yang perlu diketahui pemilik AC untuk menambah wawasan Anda.
Thermostat
Unit ini berguna untuk mengendalikan output pendingin. Pada model-model akhir yang canggih dengan harga AC yang mahal thermostat akan ditampilkan dalam format digital yang mempunyai pembacaan dari kedua suhu yang dikehendaki serta suhu riil ruangan. Format digital untuk  menampilkan suhu ruangan ini terbukti lebih akurat serta mampu mempertahankan suhu secara konsisten dalam ruangan. Terdapat pula off fitur otomatis yang dapat mempertahankan suhu dengan mematikan atau menyalakan unit.

Adjustable fan speed
Fitur ini akan menyesuaikan kecepatan kipas dan pada umumnya terdapat beberapa setelan yaitu dua, yang menunjukkan putaran rendan dan tinggi, atau tiga yang menunjukkan kecepatan rendah, sedang, atau tinggi. Kipas juga berdampak pada tingkat kebisingan sehingga di malam hari Anda sebaiknya memilih putaran kipas yang rendah agar tak terlalu berisik.

Remote
Setiap produk  AC berapa pun  harga AC-nya selalu dilengkapi sebuah remote control yang memudahkan pengguna mengoperasikan unit tanpa menggunakan control manual-nya. Beberapa unit AC bahkan dilengkapi magnet untuk menempatkan remote control tersebut agar tak mudah hilang.

Programmable timer
Timer akan membantu Anda menetapkan berapa lama  AC harus menyala dan pada waktu  yang ditentukan secara otomatis AC akan mati sehingga Anda bisa lebih menghemat energi. Durasi timer dapat diatur sesuai dengan keinginan Anda.

Air direction control
Kisi-kis adjustable pada komponen tersebut memungkinkan untuk memaksimalkan aliran udara dalam ruangan. Fitur ini memudahkan Anda untuk mengarahkan hembusan udara dingin ke arah yang diinginkan, misalnya tak mengenai orang secara langsung  agar merasa terlalu kedinginan.

Filter
Komponen  filter yang paling umum ditemukan pada produk AC adalah filter dasar dan untuk memastikan aliran udara tersaring dengan optimal bagian ini perlu perawatan secara berkala. Bagian ini paling rawan sebagai tempat menumpuknya kotoran sehingga harus dibersihkan secara teratur atau disservice secara teratur. Bila AC kotor maka udara yang dihembuskan keluar dari pendingin udara ini juga akan tercemar oleh debu dan jamur sehingga dapat membahayakan kesehatan.

Energy  star rating
Produk-produk AC dengan harga AC yang cukup mahal pada umumnya dilengkapi fitur Energy Star Rating yang dapat membuat unit beroperasi lebih efisien hingga mencapai 15%. Produk yang hemat energi tentu akan membantu menghemat pengeluaran pada tagihan rekening listrik.

Selain fitur-fitur yang disebutkan di atas, pada produk-produk pendingin udara  modern hasil perkembangan teknologi yang semakin canggih biasanya juga dilengkapi fitur terbaru yang memperluas fungsi AC selain sebagai pendingin udara saja. Fitur-fitur yang dimaksud misalnya Plasmacluster yang dapat memurnikan udara dari debu dan bakteri, eco control yang dapat mengatur suhu AC secara otomatis, atau cooling booster yang dapat mendinginkan suhu ruangan dalam waktu singkat. Tentu saja harga AC yang Anda bayarkan akan sepadan dengan manfaat fitur-fitur tersebut.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment