heat pump system

Heat Pump Water Heater Yang Ramah Lingkungan

Jika anda seorang pekerja yang sering pulang malam atau tinggal di daerah dengan cuaca yang cukup dingin, tentu anda akan membutuhkan water heater agar anda bisa mendapatkan air hangat dengan lebih mudah dan praktis. Penggunaan pemanas air tersebut memang sudah mulai populer terutama di daerah perkotaan. Sehingga penjualnnya pun juga terus meningkat.

Dalam memilih water heater yang tepat tentu anda harus mempertimbangkan kondisi rumah anda terlebih dahulu. Sehingga anda tidak sampai salah pilih dan bisa mendapatkan air hangat sesuai dengan yang anda butuhkan. Selain itu, biaya perawatan dan penggunaan daya untuk menghasilkan panas juga harus anda perhatikan untuk juga bisa menghemat biaya yang harus anda keluarkan.

Mengenal Sistem Kerja Heat Pump Water Heater
Saat ini, dengan terus meningkatknya permintaan untuk memasang alat pemanas air, menuntut terus adanya perkembangan teknologi dan inovasi yang digunakan. Salah satu inovasi yang bisa anda gunakan adalah heat pump water heater yang akan memberikan air hangat untuk kebutuhan anda secara lebih efisien. Alat ini menggunakan panas udara yang ada disekitarnya untuk menghasilkan air hangat.

Alat tersebut memang dibuat dengan konsep yang ramah lingkungan serta lebih hemat dari segi biaya dan energi yang digunakan. Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan dengan menggunakan heat pump water heater ini. Mendapatkan air hangat dengan mudah dan praktis, namun tetap menghemat biaya anda.

Sedikit berbeda dengan sistem kerja water heater lainnya, heat pump ini hampir mirip dengan kulkas. Namun kondisinya dibalik karena udara di sekitarnyalah yang digunakan untuk memanaskan kondisi yang ada di dalam alat tersebut. Selain bisa menghemat biaya, alat ini juga lebih aman secara penggunaannya. Berikut sistem kerja dari heat pump yang perlu anda ketahui.
·    Evaporator akan menghisap udara yang ada di sekitar heat pump. Evaporator tersebut telah dilengkapi dengan kipas, sehingga udara lebih mudah masuk
·    Kemudian refrigerant dengan kompresor temperatur yang dinaikkan akan membuat udara yang masuk akan dialihkan ke heat exchanger yang berfungsi menukar panasnya
·    Setelah udara tersebut menjadi panas maka akan dialihkan ke pipa air dingin
·    Udara panas yang tidak teralihkan akan dialihkan ke katup pembuangan dan menjadi dingin kembali dan berbalik ke evaporator lagi
·    Air dingin yang berada dalam saluran pipa akan menjadi panas dan kemudian dialirkan ke tangki penampung
·    Air dingin yang masuk ke inlet dalam tangki akan didorong menuju heat exchanger untuk dipanaskan

Siklus tersebut akan terus berlangsung untuk bisa menghasilkan air panas yang anda butuhkan. Seperti halnya pemanas air lainnya anda bisa membuat pipa ke berbagai posisi yang dibutuhkan seperti kamar mandi dan wastafel lainnya. Dengan penggunaan panas udara sekitar untuk memanaskan air tentu akan lebih aman dalam digunakan dan anda tidak perlu memikirkan mengenai energi yang digunakan karena tidak akan habis udara panas di sekitar anda.

Perawatan yang bisa anda lakukan juga tidak terlalu rumit karena tidak ada komponen listrik atau gas yang harus anda perhatikan sebelum melakukan pengurasan atau perawatan lainnya. Begitu juga dengan mineral atau hal yang mungkin menyumbat dan mencemari air yang anda gunakan juga lebih aman jika menggunakan heat pump water heater ini. Anda hanya perlu melakukan pengecekan pada beberapa komponen saja, sehingga anda akan lebih mudah untuk merawatnya.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment