tumble-dry

Istilah Tumble Dry Pada Mesin Cuci

Mungkin Anda pernah membaca tulisan tumble dry pada label pencucian yang ada pada pakaian atau pada mesin cuci. Tetapi tahukah Anda apa yang dimaksud dengan tulisan tersebut? Istilah ini memang ada hubungannya dengan cara mencuci pakaian menggunakan mesin pencuci. Nah, untuk memperluas pengetahuan Anda tentang perangkat elektronik rumah tangga ini, berikut ini adalah penjelasannya.

Tentang istilah tumble dry pada mesin cuci
Secara umum yang dimaksud dengan tumble dry adalah simbol dari dryer atau mesin pengering pada mesin pencuci. Pada banyak label pencucian pakaian simbol tersebut digunakan untuk memberikan petunjuk apakah bahan yang dimaksud boleh dikeringkan dalam mesin ataukah tidak. Nah, inilah simbol-simbol yang sering tertera pada label perawatan pakaian.
1.    Bentuk persegi dengan lingkaran di dalamnya ini artinya pakaian boleh dikeringkan menggunakan mesin pengering atau tumble dryer.
2.    Bentuk X di depan simbol persegi dengan lingkaran di dalamnya, artinya pakaian tersebut tak boleh dikeringkan menggunakan mesin pengering.
3.    Bentuk dua buah titik di dalam sebuah lingkaran berarti pakaian tersebut bisa dikeringkan menggunakan mesin pengering dengan suhu panas yang paling tinggi.
4.    Bentuk sebuah titik di dalam lingkaran maksudnya adalah pakaian boleh dikeringkan menggunakan mesin pengering tetapi hanya pada suhu yang paling rendah.

Label pakaian yang mencantumkan gambar simbol persegi dengan lingkaran di dalamnya adalah dapat dikeringkan menggunakan mesin pengering. Biasanya pakaian yang boleh dikeringkan dalam tumble dryer adalah pakaian harian serta bahan-bahan kain yang tebal seperti handuk atau bed cover. Tetapi Anda harus hati-hati karena tak semua pakaian bisa dikeringkan menggunakan mesin pengering seperti sutra, wol, atau pakaian dalam. Kain sutra yang dikeringkan dengan alat ini akan menyusut, sementara untuk kain wol seratnya akan kusut dan menumpuk yang membuat bentuk bahan atau pakaian menjadi lebih jelek. Untuk pakaian dalam yang dikeringkan dalam tumble dryer pada umumnya saat dikenakan akan menjadi kurang nyaman. Inilah sebabnya penting sekali memperhatikan label-label pada pakaian untuk mengetahui cara merawat bahan-bahan tersebut.

Nah, setelah mengetahui simbol-simbol pada label pakaian atau pun mesin cuci yang berkaitan dengan tumble dry, terapkan langkah-langkah berikut dalam menggunakan mesin pengering secara tepat.
1.    Pakaian yang hendak dikeringkan seharusnya tak basah kuyub karena semakin basah pakaian tersebut, mesin pengering harus bekerja semakin keras dalam waktu yang lebih lama untuk mengeringkan pakaian Anda.
2.    Jangan sampai memasukkan pakaian terlalu banyak ke dalam tumble dryer untuk menjaga keawetan mesin. Jadi sesuaikanlah kapasitas mesin pengering dengan pakaian Anda.
3.    Ada beberapa jenis bahan yang tak bisa terlalu lama berada dalam mesin pengering sehingga Anda harus mengatur waktu sesuai kebutuhan.
4.    Agar tak terjadi overheating atau panas yang berlebihan jangan lupa membersihkan filter serat pada pengering secara teratur untuk mengambil kotoran berupa tumpukan serat kain atau benang. Kebiasaan ini akan menjaga mesin Anda tetap awet.

Selain mengetahui cara mencuci pakaian dengan benar menggunakan mesin cuci, panduan yang berkaitan dengan mesin pengering juga sebaiknya Anda tahu. Dengan demikian pakaian-pakaian kesayangan Anda dan keluarga akan terjaga keawetannya. Sebelum menggunakan peralatan elektronik sangat disarankan untuk mempelajari manual booknya agar tak terjadi kekeliruan pada penggunaan. Dengan demikian Anda bisa menjaga keawetan peralatan rumah tangga tersebut. Nah, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang berguna bagi Anda.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment