cara perawatan kompor

Jenis Kompor Dan Perawatannya Agar Api Tetap Terjaga Dan Biru

Salah satu tugas sebagai ibu rumah tangga adalah memasak di dapur. Peranan penting yang ada di dapur adalah kompor, tanpa adanya alat tersebut anda tentu tak bisa memasak berbagai menu makanan yang enak untuk keluarga. Dengan perkembangan zaman alat yang dibuat untuk memasak ini pun mengalami perkembangan.

Dahulu orang memasak masih menggunakan alat tradisional yang memanfaatkan kayu bakar untuk proses menghidupkan api agar tidak cepat mati. Namun untuk saat ini alat tersebut sudah tidak dipakai lagi dan digantikan dengan yang lebih modern yaitu dengan menggunakan gas ataupun listrik.

Macam-Macam Kompor Untuk Melengkapi Dapur Anda!
Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda begitu pula dengan pemilihan alat memasak sesuai keinginan anda. Terkadang memilih alat untuk memasak karena keawetannya ataupun karena perawatannya yang mudah dan gampang digunakan.

Macam-macam kompor untuk memasak adalah:
·    Gas
Cara pemakaian serta perawatannya sangat praktis sehingga membuatnya paling banyak diminati masyarakat.  Bentuknya pun beragam, ada yang bisa dipindah, dapat berdiri sendiri atau jenis tanam untuk dimasukkan di meja dapur. Biasanya terbuat dari stainless steel ataupun kaca. Umumnya dilapisi non-stick coating agar tidak lengket. Selain itu juga dilapisi enamel untuk antigores. Badan dari alat ini  terbentuk dari kesatuan pelat metal yang tidak ada sambungan, ada yang memiliki sambungan. Tungkunya berjumlah satu hingga empat buah. Sebuah tungku hanya ada satu burner head . Lebih efektif jika dua burner head yaitu untuk api besar dan kecil.
·    Listrik
Untuk yang satu ini masih jarang digunakan di Indonesia. Biasanya banyak terdapat di apartemen karena kepraktisan. Pemanasnya tidak dari api tetapi menggunakan aliran listrik yang terdapat pada di bawah tungku berupa lilitan kawat. Biasanya kompor listrik memiliki empat tungku. Makin besar daya listrik, panasnya pun semakin besar pula. Makanan pun akan cepat matang. Daya terendah yang dibutuhkan adalah 250 watt. Kebutuhan daya listrik tinggi membuat jenis ini tak lagi diminati.
·    Minyak
Walaupun termasuk jenis yang tradisional, tetapi masih banyak diminati. Paling banyak digunakan untuk cadangan sebagai pengganti jenis gas. Dibutuhkan kesabaran untuk merawatnya. Bagian-bagiannya terdiri dari sarangan, tungku, tangki minyak, serta sumbu. Bagian tersebut wajib dibersihkan. Perhatikan sumbunya, jangang terlalu pendek agar nyala apai tidak terlalu kecil. Jika sumbu macet, maka tarik ke atas. Alat masak jenis ini sudah sulit ditemukan.

Cara Supaya Nyala Api Pada Kompor Tetap Biru
Mengapa nyala api diharuskan biru? Karena jika nyala api berwarna merah menandakan sirkulasi gas mengalami gangguan. Misalnya saja gas tercampur udara luar kotor. Hal tersebut akan berakibat pada proses pemanasan. Sehingga kualitas api akan berkurang jika digunakan untuk memasak sesuatu membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu anda harus rajin membersihkannya dengan rajin supaya tidak kotor dan tak ada gangguan ketika digunakan untuk memasak.

Langkah-langkah membuat api tetap berwarna biru dan aman adalah:
·    Membeli dari dealer resmi
Pastikan anda membelinya di dealer resmi milik Pertamina agar terjamin kualitasnya. Sehingga dapat dipakai dalam waktu yang lama dan awet.
·    Bersihkan secara teratur
Untuk menjaganya harus dibersihkan secara teratur. Bersihkan tungkunya dari debu, air, minyak dan kotoran lain yang menempel.
·    Periksa regulator
Regulator adalah penghubung pipa dan tabung gas. Anda harus memastikannya terpasang dengan benar. Tekanan ideal ada di posisi low pressure . jika melebihi kekuatan dapat berpotensi menyebabkan ledakan.

Nah, jika ingin nyala api tetap biru dan awet maka harus rajin membersihkannya supaya tidak ada kotoran yang menempel. Dari semua jenis kompor yang dijelaskan di atas paling banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini adalah yang bahan bakarnya gas.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment