cooker hood

Jenis Model dan Manfaat Memakai Cooker Hood

Penghisap asap  merupakan alat untuk menghisap asap untuk menyingkirkan asap karena proses memasak. Penghisap asap membuang asap kotor lalu memproses kembali agar udara dalam ruangan sehat dan segar. Itulah salah satu dari manfaat memakai cooker hood. Penghisap asap  alat penghisap asap yang bermanfaat bagi kesehatan serta menyegarkan udara.

Jika kesehatan prioritas utama dalam keluarga maka penghisap asap, peralatan dapur wajib anda miliki. Sebab, asap dapur panas, bau, dan pengap karena proses dari memasak yang dapat menyebabkan polusi. Sehingga tidak baik bagi kesehatan keluarga. Jika dihirup dengan terus-menerus, asap bisa menyebabkan infeksi pernapasan. Apabila mengendap di dalam paru-paru akan mengakibatkan penyakit kanker. Resiko ini akan muncul jika dapur tak punya ventilasi serta sirkulasi udara. Dapur yang baik memperhatikan aspek kesehatan. Lantai dapurnya bersih, udaranya segar maka akan sempurna dan nyaman selama anda memasak. Manfaat dari alat penghisap asap dapur sangat terasa.

Memilih  Model Dan Manfaat Memakai Cooker Hood Yang Cocok
Ada tiga hal yang penting dan diingat sebelum membeli penghisap asap  untuk dapur anda. Pertama, ditempatkan di atas kompor. Kedua, berada di dalam pasokan listrik. Ketiga, pilih model penyaluran yang pipa buangan memiliki akses ke luar supaya manfaat memakai cooker hood dapat terasa dengan sempurna. Pada dasarnya peralatan dapur memiliki satu karakteristik dari dua karakteristik, yaitu terintegrasi bersama peralatan lain atau terpisah dengan peralatan lain. Model penghisap asap  terintegrasi bersama peralatan lain.

Model fully integrated yang menyatu dengan dapur maka alat penghisap ini akan terlihat ketika digunakan. Jika tak digunakan maka tersembunyi. Sebaliknya model semi-integrated sengaja dirancang sebagai desain dapur. Cara kerja penghisap asap ada dua cara. Pertama, dengan ekstraksi yaitu menghisap dan membuang keluar melalui saluran pembuangan. Kedua, resirkulasi yaitu menghisap kemudian memproses hingga bersih lalu mengalirkannya kembali dalam ruangan.

Perbedaan cara kerja diantara kedua penghisap asap  tersebut adalah:
·    Ekstraksi
Cara kerja dari model ekstraksi adalah menyaring udara yang kotor dengan filter kemudian dilepaskan melalui ventilasi ruangan. Manfaat memakai cooker hood jenis ekstraksi adalah efektif menghilangkan asap panas, kelembaban udara, dan bau. Sedangkan kekurangannya adalah butuh ventilasi ke dinding luar dengan biaya pemasangan yang mahal.
·    Resirkulasi
Cara kerja dari resirkulasi adalah menghisap udara melalui filter agar bau dapat dinetralisisr dan mampu menghilangkan partikel lemak. Udara dibersihkan dan dikembalikan ke dapur. Alat ini butuh filter karbon untuk memproses sirkulasi udara bersih dapur. Kelebihan dari sirkulasi adalah biaya pemasangan rendah dan dapat digunakan semua jenis dapur. Sedangkan kekurangannya yaitu filter arang perlu diganti berkala dan tidak bisa menghilangkan uap air.

Filter dari kedua jenis penghisap asap  di atas harus sering dibersihkan, paling tidak satu bulan sekali atau bergantung intensitas dari memasak anda. Jika tidak udara kotor akan menyumbat penghisap asap  milik anda. Fitur yang penting dari penghisap asap  diantaranya control panel bagian depan akan lebih mudah dioperasikan dibandingkan control panel di dalam atau bagian bawah. Power setting digunakan mengatur kecepatan serta daya hisap. Grease filters atau saringan untuk menghisap semua partikel lemak yang naik saat proses memasak. Filter ini harus sering dibersihkan supaya tidak menyumbat penghisap asap.

Satu lagi fitur yang penting adalah fitur lampu dari penghisap asap, biasanya juga dilengkapi lampu halogen untuk menerangi saat memasak. Nah setelah mengetahui semua manfaat memakai cooker hood untuk kesehatan tubuh, terutama pernapasan tentu anda harus memasangnya juga di dapur.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment