Kenapa Air Conditioner diruangan anda tidak dingin

Kenapa Air Conditioner diruangan anda tidak dingin

Seperti tujuan awalnya, kita memasang Ac dirumah tentunya ingin mendapatkan udara yang lebih dingin dibandingkan dengan udara sekitarnya. Namun, terkadang Ac yang dipasang tersebut sama sekali tidak menghasilkan udara yang dingin walaupun kita sudah mengatur suhunya dengan benar.

Nah, jika anda menghadapi kondisi ini, anda tidak perlu panik. Hal ini biasa terjadi dan merupakan sesuatu yang lazim karena layaknya perangkat yang lain, Air Conditioner juga bisa rusak.

Yang perlu anda lakukan jika kondisi ini terjadi adalah mencari tahu penyebab Air Conditioner anda tidak mampu menghasilkan udara yang dingin sebagaimana seharusnya.

Jika anda belum berhasil menemukan penyebab Air Conditioner tersebut tidak dingin, mungkin beberapa daftar berikut ini bisa membantu anda untuk kemudian menindaklanjutinya segera sehingga Air Conditioner dirumah anda kembali berfungsi seperti sedia kala.

Tegangan Listik

Jika Air Conditioner dirumah anda tidak menghasilkan udara yang dingin, maka bisa jadi hal ini disebabkan oleh turunnya tegangan listrik. Cara yang paling mudah untuk melihat, apakah tegangan listrik dirumah anda sedang turun atau tidak adalah dengan melihat bola lampu dirumah anda. Jika kelihatan redup dibanding biasanya, maka hamper dipastikan sedang terjadi penurunan tegangan listrik.

Pengecekan tegangan listrik adalah langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum anda melihat faktor yang lainnya.

Spare Part Air Conditioner Kotor

Pemakaian yang sudah lama, mungkin membuat beberapa perangka atau spare part Ac anda kotor sehingga mengalami penurunan kinerja (tidak berfungsi sebagaimana spare part baru). Jika spare part Air Conditioner anda kotor, maka hal ini bisa mengurangi hawa dingin yang dihasilkan dalam ruangan dimana Air Conditioner tersebut dipasang.

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mencuci Air Conditioner tersebut. Apalagi, saat ini banyak sekali yang menawarkan jasa pencucian Air Conditioner dengan harga yang sangat terjangkau.

Freon

Selain karena spare part Air Conditioner yang kotor, penyebab kurang dinginnya ruangan ketika Air Conditioner anda dihidupkan juga bisa disebabkan oleh Freon. Bisa karena freonnya habis, pipa freonnya bocor atau karena yang lain.

Untuk mengetahui apa sebenarnya yang terjadi dengan Freon tersebut, maka anda perlu memanggil tukang service Air Conditioner sesuai dengan merk Air Conditioner yang anda gunakan (memanggilkan ahlinya jauh lebih kami rekomendasikan daripada anda menebak nebak yang terjadi pada Ac anda)

Kondensor Kotor

Sama halnya dengan penyebab yang lain Air Conditioner yang kotor juga bisa menyebabkan tidak dinginnya ruangan anda. Kondensor merupakan salah unit outdoor dari Air Conditioner.

Untuk anda ketahui juga, jika Air Conditioner anda hidup, maka akan menghasilkan panas pada kondensornya, jika panas ini tidak bisa dibuang sebagaimana biasanya, maka panas tersebut akan mengganggu kinerja Air Conditioner secara keseluruhan sehingga menyebabkan udara yang dihasilkan tidak terasa dingin.

Dampak lain jika perangkat kondensor ini terlalu kotor adalah naiknya konsumsi listrik Air Conditioner anda. Oleh karenanya perlu menjadi perhatian anda untuk menjada kebersihannya secara berkala.

Sebenarnya masih banyak faktor lain yang menyebabkan Air Conditioner anda tidak mampu menghasilkan udara yang dingin ketika dihidupkan . Masing masing merk juga memiliki masalah yang berbeda.

Saran kami ketika anda menghadapi masalah diatas adalah memanggil orang orang yang memang memiliki pengetahuan tentang Air Conditioner tersebut, dalam hal ini Tukang Service Air Conditioner.

Oh ya, anda juga harus selektif memilih Tukang Service Air Conditioner karena jika anda salah pilih bisa bisa kerusakan Air Conditioner anda bukannya beres, tetapi sebaliknya malah semakin rusak.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment