service-kulkas

Kesalahan Umum Yang Menyebabkan Kulkas Cepat Rusak

Setiap rumah di tanah air bisa dikatakan hampir selalu mempunyai kulkas dan seringkali terjadi si pemilik tak  terlalu memperhatikan keadaannya karena dianggap tak terlalu penting. Padahal menjaga kondisi lemari es ini bisa berdampak positif pada kesehatan seluruh anggota keluarga serta menghemat biaya baik berupa tagihan listrik maupun biaya reparasi. Lemari es memang dapat dikatakan perangkat elektronik yang cukup vital bagi rumah kita karena akan membantu menjaga bahan makanan tetap segar. Beberapa tips berikut akan membantu Anda menjaga lemari es awet.

Menghindari kesalahan umum yang menjadi penyebab kulkas cepat rusak
Dengan menghindari beberapa kesalahan ini kulkas di rumah Anda akan terjaga keawetannya.
1. Jangan mengisi lemari es terlalu penuh
Beberapa orang lebih suka mempunyai persediaan makanan yang mengisi lemari es hingga penuh. Tetapi hal ini ternyata menjadi salah satu penyebab lemari es Anda cepat rusak karena perangkat elektronik ini tak bisa mendinginkan seluruh makanan dengan efektif. Inilah sebabnya Anda harus memberi ruang sehingga sirkulasi udara tetap berjalan lancar. Jika Anda mengisi lemari es hingga penuh sesak maka mesinnya akan bekerja terlalu keras untuk mendinginkan makanan. Akibatnya makanan bisa cepat busuk dan rusak. Setiap beberapa hari lakukan penyortiran untuk membuang makanan yang sudah tak layak dikonsumsi.

2. Tutup pintu dengan rapat
Tak sama seperti lemari biasa, pintu kulkas mempunyai lapisan karet yang menempel serta magnet untuk menjaga pintu tertutup rapat sehingga udara di dalam lemari es tetap dingin. Saat lemari es penuh sesak ada kemungkinkan pintunya tak bisa menutup rapat atau tak tersegel secara maksimal. Dengan demikian udara dari dalam lemari es bisa terpancar keluar. Untuk menghindarinya upayakan menutup pintu lemari pendingin dengan rapat.

3. Mengontrol suhu dalam lemari es
Saat memasukkan atau mengeluarkan bahan makanan dari dalam lemari es mungkin Anda terlalu lama membuka pintunya. Anda mungkin akan menurunkan suhu di dalamnya sementara waktu agar udara dingin tak keluar, tetapi orang sering lupa mengembalikannya ke suhu semula. Dengan demikian mesin lemari es harus bekerja ekstra dengan menggunakan lebih banyak listrik untuk menjaga suhu di dalamnya.

Oleh karena itu pastikan lemari es diatur suhunya secara tepat yaitu pada angka 1.5 sampai 3 derajat Celcius. Suhu tersebut sudah cukup ideal sehingga tak membuat makanan menjadi membeku atau pun terlalu hangat sehingga bahan makanan menjadi rusak serta busuk. Agar suhu dalam lemari es bisa dipantau saat ini sudah ada termometer yang bisa diletakkan di dalam kulkas.

4. Jangan malas membersihkan lemari es
Inilah tempat yang sering menjadi tempat tumpahan makanan atau kebocoran makanan. Inilah sebabnya lemari es juga harus rajin dibersihkan secara total sebagai bagian dari kegiatan bersih-bersih dapur Anda secara berkala. Kebiasaan ini untuk mencegah kontaminasi bakteri penyebab penyakit dari daging mentah ke makanan yang lain.

Sebagai bahan pembersih lemari es Anda bisa menggunakan campuran pemutih dengan sedikit air. Dan saat Anda membersihkan lemari es, jangan sampai lupa membersihkan bagian belakangnya sekaligus. Pada bagian inilah kotoran dan debu sering menumpuk sehingga lemari es tak bekerja secara maksimal. Jadi upayakan untuk melakukan pembersihan secara teratur demi menghemat biaya service perangkat listrik ini.

Demikianlah beberapa kesalahan yang umum terjadi dalam memperlakukan kulkas. Nah semoga bisa menjadi referensi yang berguna bagi Anda.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment