water heater

Keunggulan Water Heater Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Masyarakat jaman modern selalu mencari cara mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya dari teknologi dan kemajuan jaman. Kenyamanan  di rumah bisa ditingkatkan dengan produk water heater. Versi tanpa penampung atau istilahnya tankless lebih populer digunakan masyarakat jaman sekarang. Sejarah awal perkembangan produk pemanas air sudah lama menemani kehidupan masyarakat sehari-hari. Biasanya orang akan melakukan instalasi pada sisi garasi mereka dan membiarkan produk tersebut terpasang hingga akhirnya rusak. Pencipta produk pemanas air adalah Edwin Ruud pada tahun 1889. Sistem kerja tidak banyak berubah semenjak jaman itu. Ada elemen elektrik atau juga tenaga gas yang digunakan.

Efisiensi Water Heater Tanpa Tangki
Versi pemanas air dengan tangki masih dipakai hingga sekarang. Perkembangan teknologi menyebabkan produk mengalami sedikit perubahan dan hingga sekarang tak membutuhkan tangki sama sekali. Orang mulai berpikiran kalau produk heater versi tangki mulai tak efisien dan menyebabkan borosnya pemakaian energi. Ketika baru dibeli pertama kali, produk dengan versi tangki masih memiliki tingkat efisiensi sebesar 55%. Kemudian seiring umur pemakaian, tingkat efisiensi akan jatuh secara drastis hingga 30% atau kurang. Penyebabnya karena bertambah banyak sedimen yang terbentuk di dasar tangki. Permasalahan selanjutnya terkait munculnya banyak bakteria dan resiko kesehatan.

Produk water heater versi tangki mulai tergantikan dengan versi tankless. Alasannya karena memberikan tingkat efisiensi lebih tinggi dan hemat energi. Sedangkan pada produk versi tangki sering menimbulkan masalah karat dan secara signifikan mengurangi efisiensi dari proses dan juga kinerja produk secara keseluruhan. Sedimen akan terus terbentuk sehingga menimbulkan masalah penggunaan. Produk heater tanpa tangki diperkenalkan pertama kali tahun 1870-an. Idenya adalah untuk memanaskan air ketika dibutuhkan saja. Proses pemanasan cenderung instan dan bisa dilakukan seketika. Seiring waktu berjalan, desain dan juga ragam bentuk produk semakin berubah.

Mengenal Produk Water Heater Tanpa Tangki
Kebanyakan dari produk water heater tanpa tangki didesain hanya untuk aspek kegunaan saja. Produk bersangkutan takkan perlu lagi proses plumbing. Produk heater tanpa tangki juga terbukti mampu menghemat energi serta ramah lingkungan. Alhasil peminat produk semakin meningkat dan mulai menggantikan produk versi tangki mereka dengan produk tanpa tangki. Kapanpun orang menghidupkan faucet air panas, maka secara otomatis air panas akan tersedia dalam beberapa detik. Sisi efisiensi penggunaan produk bisa mencapai 80%. Ada versi paling populer terkait dengan jenis produk pemanas air tanpa tanki yaitu WH (whole house). Sesuai namanya, produk mencakupi seluruh bahia rumah.

Teknologi water heater WH dianggap paling mutakhir namun juga dijadikan sebagai alternatif. Fungsi utamanya untuk menyuplai kebutuhan air panas di seluruh bagian rumah pada kebutuhan mendasar saja. Jumlah air yang dipanaskan disesuaikan kebutuhan dari pemilik rumah apakah itu untuk mandi, urusan dapur, mencuci, atau lain sebagainya. Karena dipakai ketika butuh, sisi efisiensi amat ditonjolkan dari produk heater WH. Keunggulan lain produk bersangkutan adalah suplai tak terbatas dari air panas asalkan selalu ada energi gas atau listrik tersedia dirumah. Beragam merek baru dan berkualitas sudah muncul terkait produk WH.

Konsep penggunaan water heater tanpa tangki adalah tidak adanya energi yang terbuang secara sia-sia. Tak perlu lagi ada energi yang terbuang sia-sia dari penggunaan pemanas tadi. Lalu bagaimana tentang sisi keamanan produk? Hampir tak ada catatan buruk seputar keamanan penggunaan produk heater WH. Sistem pemanas dari produk hanya bekerja bila pemakai membutuhkannya. Tingkat resiko keamanan amat kecil pada penggunaan produk pemanas air tanpa tangki.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment