Keuntungan AC Portable dan Cara membersihkannya

keuntungan ac portable dan cara membersihkannya

keuntungan ac portable dan cara membersihkannya

Dengan semakin berkembangnya teknologi, kini semakin banyak jenis AC yang bisa kita pilih. Jika ingin sesuatu yang lebih praktis, maka kita bisa menjatuhkan pilihan pada AC portable. Seperti namanya, AC portable bisa dipindahkan dari satu ruang ke ruang ain dengan lebih mudah. Cara pemasangannya pun praktis, yaitu cukup dengan mencolokkannya ke dinding. Dibandingkan dengan AC biasa, AC portable menawarkan keuntungan tersendiri, termasuk harga AC yang lebih terjangkau.
• Keuntungan AC portable
AC portable bisa dibawa kemanapun dengan adanya teknologi built-in kastor dan desainnya yang lebih ramping. Jadi kita bisa memindahkannya di ruangan gunakan dalam keadaan sejuk. AC portable juga lebih mudah dibersihkan, sehingga alergi bisa dicegah. Rampingnya ukuran AC juga memberi keuntungan bagi yang memiliki rumah dengan space terbatas. Yang perlu diperhatikan adalah BTU (British Thermal Unit) pada AC. Semakin luas ruangan, maka semakin tinggi BTU yang digunakan pada AC. Dalam memilih AC portable, pastikan kekuatan BTU sudah sesuai dengan luas ruangan, sehingga AC bisa bekerja secara optimal dalam mendinginkan ruangan. Jika Anda berpikir bahwa teknologi portable membuat harga AC jadi lebih mahal, maka Anda keliru. Dengan konsep portable tersebut, harganya jadi lebih terjangkau dibandingkan AC biasa. Tak hanya harga beli yang lebih murah, AC portable juga menawarkan biaya pemasangan dan listrik yang lebih hemat. Tak seperti AC konvensional yang memerlukan instalasi tepat. Kita tak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar teknisi pemasangan AC, karena AC portable bisa dioperasikan hanya dengan mencolokkannya ke stok kontak. Selain itu, AC portable mengonsumsi lebih sedikit energi atau daya listrik, sehingga pengeluaran bulanan bisa lebih dihemat. Dalam hal ini, semakin tinggi angka EER maka akan semakin sedikit pula konsumsi AC terhadap listrik. Dengan keuntungan dari AC yang bisa dibawa kemanapun dengan mudah tersebut, tentunya AC ini cocok untuk orang dengan rumah yang tak begitu besar dan ingin lebih ekonomis.
• Cara membersihkan AC portable
Desain AC portable tidak hanya membuatnya berbeda dengan AC biasa dalam hal harga AC dan penggunaannya. Dengan desain dan cara kerjanya yang berbeda, maka cara perawatan serta pembersihannya pun juga sedikit berbeda. Sebelum mulai pembersihan, pastikan untuk mematikan AC atau mencabutnya dari stop kontak, untuk memastikan tidak ada aliran listrik pada AC. Juga perlu diingat untuk tidak menggunakan alkohol, minyak tanah ataupun cairan pembunuh serangga untuk membersihkan AC dari kotoran maupun hewan-hewan kecil. Hanya gunakan air atau cairan khusus untuk membersihkan AC. Dalam membersihkan wadahnya, gunakan lap yang sedikit lembab tanpa memakai cairan berbahan kimia agar tak membahayakan keselamatan. Setelah membersihkan wadah, keringkan dengan lap kering. Langkah berikutnya adalah untuk membersihkan saluran pembersih udara, yang merupakan bagian penting dari sebuah AC. Bersihkan dengan dari debu atau serangga agar AC tetap bisa dioperasikan secara maksimal serta efisien. Bersihkan setidaknya satu kali seminggu supaya udara dingin dari tidak mengganggu kesehatan. Caranya adalah dengan melepaskan terlebih dahulu saringan kotor dari kisi-kisi saluran masuk, yaitu dengan menariknya ke atas. Saat membersihkannya dari semua jenis debu, jangan menggunakan kain atau kemoceng, melainkan vacuum cleaner atau alat pembersih debu. Atur daya hisap pembersih debu agar tak terlalu kuat, lalu gunakan untuk menghisap semua jenis kotoran yang tersaring oleh saringan. Namun, apabila saringan sudah terlalu kotor, rendam di air hangat yang suhunya tak lebih dari 40OC lalu bilas hingga bersih. Tunggu hingga benar-benar kering, lalu pasangkan kembali.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment