maintenance

Kiat-Kiat Khusus Untuk Menjaga Performa LED TV

Setiap peranti elektronik selalu memiliki tingkat ketahanan masing-masing, tak terkecuali eletronik LED TV yang memiliki tingkat ketahanan sesuai dengan kualitas dan tingkat pemakaiannya. Tak selalu brand-brand terkenal identik dengan ketahanan yang lama. Brand standar pun, jika pemakaian dan perawatannya dilakukan secara benar juga tidak menutup kemungkinan elektronik tersebut lebih tahan lama dibanding brand ternama. Semua itu tergantung pada pemakaian dan perawatan sang pemilik.

Pada era sekarang ini, LED TV adalah pilihan televisi yang tepat bagi para pecinta teknologi di dalam rumah. Seiring dengan majunya teknologi yang disuguhkan oleh televisi ini, maka pemilik hendaknya harus memahami cara-cara untuk menggunakan dan melakukan perawatan agar tetap terjaga kualitasnya. Dengan penggunaan yang baik, maka akan pemilik juga akan merasakan kenyamanan dalam menonton televisi bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Tips Perawatan LED TV Agar Performa Tetap Maksimal
Di bawah ini terdapat beberapa kiat-kiat untuk tetap menjaga performa dan ketahanan LED TV, antara lain :
1.    Mengatur tingkat kecerahan kontras dan warna gambar yang dihasilkan
Dengan mengatur tingkat kecerahan, maka secara otomatis pemilik dapat menghemat lebih banyak daya yang dikeluarkan, karena jika kontras yang diatur terlalu tinggi berarti juga akan membuang-buang daya. Disamping itu, kecerahan yang terlalu tinggi juga dapat merusak kesehatan mata. Oleh karena itu, para pemilik televisi ini diharapkan dapat mengatur tingkat kecerahan standar dari brand.
2.    Atur volume sesuai tingkat kebutuhan dan kemampuan televisi
Untuk meminimalisir kerusakan pada speaker televisi hendaknya para pemilik dapat lebih bijak dalam mengatur volume televisi. Kerusakan speaker televisi akan mengajak pemilik untuk membawanya ke tukang servis dan mengeluarkan dana yang di luar dugaan. Selain itu juga untuk menghindari resiko orang lain terganggu dan merusak telinga. Oleh karena itu, lebih baik mengatur volume secara standar.
3.    Batasi durasi waktu menonton televisi
Televisi sama seperti manusia, memerlukan waktu untuk istirahat. Agar umur  LED TV dapat bertahan lebih lama, pastikan dalam penggunaannya memiliki durasi sesuai kebutuhan. Dampak terhadap televisi karena menonton tanpa batas waktu adalah resiko overheat pada komponen yang ada di dalamnya sehingga dapat mengurangi usia televisi. Di samping itu, jika terlalu lama menonton televisi juga dapat mengakibatkan mata lelah dan tentu tagihan listrikpun menjadi meningkat.
4.    Hindari penggunaan secara kasar
Perlakukan LED TV dengan baik agar televisi tidak cepat rusak. Sebaiknya pemilik menghindarkan kontak televisi dengan benda beraliran magnet karena dapat mempengaruhi komponen yang ada di dalamnya dan berpengaruh terhadap layar. Selain itu, pemilik hendaknya tidak terlalu sering menyentuh layarnya karena juga dapat berpengaruh pada kualitas layar televisi. Hindari juga mematikan televisi dengan langsung mencabut stop kontak dari saklarnya karena hal tersebut berarti memaksa televisi untuk memutuskan daya yang sedang mengalir, maka sebaiknya gunakan tombol power terlebih dahulu untuk mematikannya.

Perawatan Fisik LED TV agar tetap menarik dipandang
Berikut adalah tips agar LED TV yang kita miliki tetap mulus dan nikmat untuk dipandang, antara lain
1.    Letakkan LED TV di sudut ruangan atau gantung pada tembok dengan penampang besi yang kokoh. Hal tersebut untuk memberikan keamanan pada televisi ini yang cenderung tipis dan rentan tersenggol jika tidak diletakkan pada tempat yang sesuai. Apalagi bagi pengguna yang memiliki anak kecil, maka penempatan yang aman itu sangat dibutuhkan untuk menghindari televisi tersenggol dan bahkan pecah.
2.    Lakukan perawatan badan televisi, seperti mengelap kotoran dan debu yang menempel pada badan televisi. Gunakan lap pembersih debu yang biasa dijual-jual untuk layar monitor laptop atau komputer agar layar tetap koncling dan pengguna dapat lebih nyaman dalam menonton tanpa gangguan kotoran dan debu.

Informasi beberapa tips di atas adalah bertujuan untuk menginformasikan kepada para pengguna LED TV agar lebih bijak dalam menggunakan televisi modern ini. Disamping untuk menjaga ketahanan umur televisi juga untuk menghindarkan para pemilik dari kemungkinan-kemungkinan kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan penggunaan. Televisi layaknya manusia yang perlu dijaga kualitasnya.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment