kompor tenaga surya

Kompor Energi Surya Yang Ramah Lingkungan Dan Hemat Biaya

Salah satu alat untuk memasak dengan memanfaatkan tenaga surya menggunakan sinar matahari untuk sumber energi. Berhubung kompor jenis tidak memakai bahan bakar yang konvensional dan memiliki biaya operasi rendah serta dapat mengurangi penggundulan hutan yang disebabkan penggunaan kayu untuk memasak. Alat ini bisa digunakan di dalam ruangan dan di luar ruangan. Resiko kebakaran pun sangat rendah. Terdapat berbagai jenisnya yang semuanya menggunakan panas matahari.

Beberapa prinsip alat yang menggunakan sinar matahari adalah pemusatan sinar matahari. Beberapa yang dapat digunakan berupa cermin dan bahan metal atau logam untuk memusatkan cahaya ke area memasak, membuat energi terkonsentrasi dan menghasilkan panas untuk memasak. Mengubah cahaya matahari menjadi panas. Bagian dalam alat ini dan panic bisa terbuat dari bahan apa saja asalkan berwarna hitam. Supaya meningkatkan efektivitas sinar matahari menjadi panas. Panci warna hitam bisa menyerap seluruh cahaya matahari lalu mengubahnya jadi panas.

Energi Alternatif Untuk Kompor Tenaga Surya
Matahari adalah merupakan energi yang terbesar dalam kehidupan. Indonesia merupakan negara khatulistiwa yang memiliki periode relatif banyak untuk memanenkan cahaya matahari, baik kuantitas maupun kualitasnya dibanding dengan negara lain. Maka dari itu energi dari matahari dapat dijadikan energi alternative. Saat harga gas dan minyak tanah semakin membumbung tinggi terdapat alternative lain untuk digunakan memasak yakni dengan kompor bertenaga surya.

Prinsip dari alat memasak yang memanfaatkan sinar matahari adalah:
·    Memusatkan cahaya matahari
Pada prinsipnya alat masak menggunakan tenaga surya cara kerjanya tak jauh berbeda dengan memusatkan sinar matahari yang jatuh pada alumunium atau kaca. Tujuannya supaya energi akan lebih terkonsentrasi serta berpotensi untuk menghasilkan panas yang bisa digunakan memasak.
·    Mengubah cahaya
Bagian dalamnya serta panic bisa terbuat dari bahan apa saja asalkan warnanya hitam. Karena bisa meningkatkan efektivitas untuk pengubahan cahaya jadi panas. Panci warna hitam mampu menyerap hampir seuruh cahaya masuk dan mampu berubah menjadi panas. Makin baik kemampuan panci dalam menerima dan menghantarkan panas, semakin cepat menjadi panas.
·    Memerangkap panas
Upaya mengisolasi udara dari udara di luar adalah penting. Penggunaan bahan keras dan kering seperti tutup panci yang terbuat dari kaca memungkinkan cahaya masuk dalam panci.

Strategi memanaskan barang dengan energi tenaga surya bisa menjadi tidak efektif jika menggunakan salah satu dari tiga prinsip di atas. Pada umumnya kompor surya paling sedikit menggunakan dua prinsip untuk menghasilkan panas. Alat ini mempunyai beberapa keunggulan antara lain adalah bahan bakar yang dipakai tidak pernah habis serta gratis. Tidak akan menyebabkan polusi yang mengakibatkan efek buruk untuk lingkungan. Dapat di bawa kemanapun dengan biaya yang murah. Untuk hasil masakannya akan lebih nikmat.

Matahari merupakan sumber energi paling besar dan utama. Dapat memanen energi matahari gratis dengan teknologi sederhana. Penggunaan energi matahari dijadikan alternatif untuk memasak. Ada berbagai jenisnya yang bisa digunakan memanen energi matahari. Pertama, Box cooker, kebanyakan dari jenis ini digunakan di India. Kedua, Parabolic cooker yang didesain untuk konsentrator, menghasilkan panas yang tinggi sehingga bahaya dan butuh perhatian ekstra dalam penggunaan. Biasa digunakan memasak dalam jumlah besar.

Itulah pentingnya sinar matahari yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan energi matahari anda akan hemat biaya karena tidak perlu lagi membeli gas ataupun mencari kayu bakar. Kompor tenaga surya ini pun bisa digunakan untuk memasak beraneka jenis makanan.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment