tips

LED TV: Solusi Terhadap Kesehatan Saat Menonton TV

Dalam kehidupan sehari-hari kita memang tak dapat lepas dari unsur teknologi karena memang teknologi dibuat untuk mempermudah manusia. Dengan teknologi yang semakin berkembang di zaman modern ini seakang-akan kita memang dapat melakukan berbagai macam hal dengan mudah. Hal yang sama terjadi pada perkembangan teknologi televisi, yaitu lahirnya generasi terbaru televisi masa denpan LED TV dan OLED TV. Berikut ini adalah sekilas tentang kedua jenis televisi tersebut.

LED TV

Setelah teknologi televisi layar datar plasma, teknologi televisi LCD muncul dengan perkembangan yang lebih baru dan saat ini televisi LED menjadi televisi dengan teknologi yang termutakhir sedikit demi sedikit mulai menyingkirkan para pendahulunya.  Sesuai dengan namanya, televisi ini menggunakan teknologi terbaru Light Emitting Dioda pada sistem pencahayaan untuk menghasilkan gambar pada layar.

Dari segi bentuknya LED TV lebih ringan dan ramping dibandingkan dengan LCD karena penggunaan sistem backlight yang berbeda. LED memang lebih ringan dan lebih kecil dibandingkan lampu neon yang digunakan sebagai sistem pencahayaan TV LCD sehingga memungkinkan untuk memangkas body televisi. Secara singkat berikut ini adalah kelebihan LED TV:

TV LED tampil dengan elegan karena bentuknya yang revolusioner juga bobotnya yang lebih ringan bahkan dapat ditempelkan pada dinding dan cocok untuk ruangan yang bertema minimalis. TV LED bertipe “edge lit” lebih hemat energi hingga mencapai 30% jika dibandingkan dengan LCD TV. “Edge lit” artinya adalah sistem pencahayaan yang diletakkan pada sudut. Kualitas gambar TV LED lebih unggul dibandingkan dengan televisi LCD yaitu dengan kecerahan yang lebih baik. Masa pakai televisi LED juga lebih lama dibandingkan televisi dengan teknologi yang lain sehingga dapat dikatakan televisi ini lebih berwawasan lingkungan.

OLED TV

Jenis TV LED dengan teknologi yang paling mutakhir disebut dengan OLED atau Organic Light Emitting Diode. Walaupun bentuknya terlihat mirip dengan televisi LCD atau LED, tetapi kualitas yang ditawarkan oleh OLED TV adalah yang terbaik baik dalam hal kualitas gambar maupun lebih ramah lingkungan. Televisi OLED adalah yang paling hemat energi karena dalam pembuatannya tidak dibutuhkan pemanas atau backlights.

Tingkat kecerahan dan kecepatan televisi masa depan ini adalah yang paling unggul karena terbuat dari bahan dasar yang mempunyai kapasitas seutuhnya untuk menunjang spektrum cahaya yang terlihat. Gerakan-gerakan cepat yang dihasilkan oleh televisi ini juga tampak lebih nyata dengan sudut pandang lebih luas yang dapat dinikmati tanpa gangguan. Gambar-gambar virtual yang ditontong dengan televisi OLED akan tampak lebih nyata dan dapat dilihat dalam jangka waktu yang lebih lama. Tentang dimensi televisi, TV OLED adalah juaranya dengan design yang paling slim dan ringan.

Pengaruh televisi terhadap kesehatan

Menonton televisi saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok karena televisi bukan hanya menawarkan hiburan yang dapat menjadi pelepas rasa stres akibat kesibukan sehari-hari, tetapi juga merupakan sumber informasi. Efek buruk dari menonton televisi terus-menerus akab berdampak pada organ mata kita. TV LED adalah salah satu solusi dari permasalahan kesehatan ini.

TV LED selain memiliki fitur unggulan dari segi kualitas gambar, juga dapat diatur tingkat kekontrasan dan ketajamannya sesuai dengan kapasitas yang dapat diterima oleh mata kita. Dengan demikian kegiatan menonton televisi dapat menjadi lebih aman bahkan untuk anak-anak yang lebih rentan. Jadi tak hanya berwawasan lingkungan, televisi masa depan ini juga memperhitungkan dampaknya bagi kesehatan kita.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment