masalah pada ac yang umunnya terjadi

Masalah Pada AC yang Umumnya Terjadi

Air conditioners merupakan konsumsi yang sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain itu permasalahan yang ada mengenai Ac juga beragam yang membuat sistem Ac tidak berjalan dan berhenti total dan pengguna menderita kepanasan yang tidak bisa ditahan. Jika memperbaiki Ac sendiri dengan pengalaman yang otodidak akan menghemat biaya namun semuanya butuh pembelajaran dan tidak sembarangan untuk memperbaikinya. Ini ada beberapa masalah yang sering terjadi dalam pendingin udara berupa Ac ini. Berikut penjelasannya:

1.    Kumparan yang membeku yang sering terjadinya karena pembatasan dalam filter udara yang berlangsung secara berulang-ulang. Untuk mengatasinya jika terjadinya kumparan yang membeku maka sistem HVAC harus dimatikan dan di non-aktifkan, jika tidak segera diperbaiki akan merusak kompresor dalam Ac tersebut dan Ac tidak bisa digunakan serta tidak bisa diperbaiki walaupun dibawa di cleaning service.

2.    Terjadinya kabel yang rusak yang akan menyebabkan timbulnya kebakaran. Kabel yang jelek dan buruk akan menyebabkan kekurangan dan lonjakan daya yang tidak bisa terukur dan bisa memutuskan perjalanan dalam sistem pendinginan. Selain itu eksterior kipas tidak aktif dalam sistem kerjanya yang dapat menyebabkan overheating dalam ruangan yang akan menimbulkan panas yang berlebih. Ini bisa juga disebabkan kerusakan internal dalam kompresor.

3.    Refrigerant atau yang dikenal dengan Freon yang digunakan dalam Ac sebagai sistem pendingin udara. Jika Freon yang ada dalam ac itu dalam tingkat rendah maka akan terjadinya Ac yang sering rusak. Salah satunya terjadinya kebocoran yang harus segera diperbaiki agar aman untuk kesehatan dan lingkungan.

4.    Condensate drain terblokir dan tidak terpasang dengan benar akan terjadinya kebocoran di sekitar kumparan yang akan menimbulkan efek negatif dalam Ac. Cara menanggulanginya yaitu dengan memperbaiki dan menghapus condensate dengan benar melalui bantuan pompa.

Selain beberapa masalah di atas ada juga masalah lain dan butuh adanya perawatan dalam Ac yang digunakan. Adapun masalah dan cara perawatan yang benar adalah:

·    Agar tidak terjadi kondensor rusak, maka harus dibersihkan minimal sekali dalam satu tahun agar sirkulasi udara tidak lambat karena bisa mempengaruhi keefisienan pendingin dan akan merusak kompresor dan dapat meningkatkan daya energi listrik. Ini diperlukan teknisi yang ahli dalam bidangnya. Keluarnya air dalam ac ini biasanya disebabkan saluran pembuangan air tersumbat dan kotoran yang menumpuk, kemiringan dalam sistem pembuangannya pemasangannya tidak benar. Cara mengatasinya harus diperbaiki sesegera mungkin dan bersihkan minimal tiga bulan sekali. Mengeluarkan bunyi yang berisik dikarenakan koil dan blower yang kotor serta tidak pernah dibersihkan. Ini bisa mengakibatkan kompresor outdoor mengeluarkan suara berisik dalam menyalur di unit indoornya dan mengakibatkan Ac rusak total.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi permasalahan yang sering sekali dikeluhkan oleh pengguna Ac di seluruh kalangan di Indonesia, maka yang perlu diperhatikan adalah:

·    Jangan sampai menghalangi saluran yang berfungsi sebagai keluar masuknya udara.
·    Jangan sampai menggunakan peralatan yang mengandung panas di sekitar dan di dakat Ac.
·    Jangan sampai menarik kabel sembarangan agar tidak terjadi tegangan dalam mensuplay sistem kerja Ac.
·    Jika Ac tidak terpakai segera untuk dimatikan
·    Jangan terlalu dekat di tempat angin Ac keluar untuk menjaga kesehatan.

Itulah beberapa masalah yang sering terjadinya pada Ac yang membuat sistem kerja Ac tidak berjalan secara normal dan efisien. Maka hati-hati dalam menggunakan Ac.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment