tips ac, daftar harga ac, ac murah bagus, ac berkualitas, toko ac murah

Mau beli AC, anda harus tahu 3 hal ini

Saat ini AC sudah menjadi kebutuhan banyak orang, terutama mereka yang tinggal didaerah perkotaan. Tata kota yang semrawutan, pembangunan rumah yang dempet satu sama lain serta asap kendaraan yang lalu lalang membuat udara terasa sangat panas. Kondisi ini membuat orang-orang memutuskan untuk memasang Air Conditioner (AC) di rumah mereka.

Mungkin saja anda adalah salah satu dari ribuan orang yang mengeluhkan masalah yang sama. Dari hari ke hari suhu udara didaerah perkotaan semakin ekstrim sehinga mengharuskan mereka untuk menggunakan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC)

Tapi karena banyaknya merk AC yang beredar dipasaran membuat kita bingung memilih Air Condition yang seperti apa yang cocok untuk kita, karena masing masing dari merk tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Supaya anda tidak salah pilih ketika membeli Air Conditioner, maka pada tulisan ini kami akan memberikan beberapa informasi penting tentang faktor faktor yang perlu menjadi pertimbangan ketika membeli AC untuk rumah anda atau mungkin juga untuk kantor anda.

Beberapa faktor tersebut adalah:

Energi Listrik yang dibutuhkan

Tidak dipungkiri lagi bahwa perangkat elektronik pasti membutuhkan energi listrik untuk bisa berjalan. Oleh karenanya, penting bagi anda untuk mempertimbangkan jumlah energi listrik yang dibutuhkan oleh Air Conditioner jika anda ingin membelinya

Untuk melihat sebuah perangkat Air Conditioner hemat listrik atau tidak, bisa dengan melihat jumlah watt yang dibutuhkan. Semakin rendah watt yang dibutuhkan perangkat elektronik tersebut maka hampir dipastikan semakin hemat perangkat elektronik tersebut, termasuk AC.

Hal lain yang juga bisa anda perhatikan dan terkait dengan penghematan energi listrik adalah BTU. Jika pada watt, semakin kecil semakin bagus, maka pada BTU semakin besar BTUnya semakin bagus, karena ini terkait dengan cepat atau lambatnya proses pendinginan ruangan yang dipasang Air Conditioner.

Masalahnya, sulit sekali atau mungkin mustahil menemukan Air Conditioner yang wattnya kecil tapi BTUnya besar. Yang sering kita temukan adalah jika BTUnya besar, maka watt yang dibutuhkan juga besar.

Logika lain yang juga terkait dengan penghematan listrik ketika menggunakan Air Conditioner adalah alat ini akan memerlukan energi yang besar jika ia bekerja dengan ekstra.

Misalnya: Jika ruangan anda sebesar 4 x 3 m dan anda memutuskan menggunakan AC 1/2PK, maka proses pendinginan ruangan tersebut akan sangat lambat, jika proses pendinginannya lambat, maka mesin akan bekerja ekstra, ketika mesin bekerja ekstra, maka ia membutuhkan energi listrik yang jauh lebih besar, walaupun watt dari mesin tersebut cukup kecil.

Nah, disinilah pentingnya mengukur kebutuhan anda sebelum memutuskan membeli AC dengan spesifikasi tertentu. Termasuk melihat ukuran ruangan yang ingin anda pasang AC.

Lebih tahan atau tidak mudah rusak

Selain faktor hemat energi, faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan anda ketika ingin membeli Air Conditioner adalah ketahanannya. Tentunya kita sebagai pengguna menginginkan perangkat elektronik yang kita beli tahan lama dan tidak memerlukan biaya perawatan yang mahal.

Untuk mengetahui apakah AC dengan merk/spesifikasi tertentu mudah rusak, anda bisa bertanya pada teman –teman anda yang sudah pernah menggunakannya. Atau jika anda mau, anda juga bisa melihat review yang juga banyak tersedia di internet.

Harga

Sengaja saya meletakan faktor harga pada bagian akhir karena memang sebenarnya murah dan mahal itu relatif. Jika harga AC tertentu lebih tinggi harganya dibandingkan dengan AC yang lain, tentu AC tersebut memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh AC yang lain. Mungkin AC tersebut jauh lebih hemat, tidak berisik serta lebih tahan lama.

Oleh karenanya, jangan jadikan harga sebagai faktor penentu ketika anda ingin membeli Air Conditioner. Tapi pertimbangkanlah faktor jangka panjangnya, seperti listrik yang digunakan serta biaya perawatannya jika AC tersebut rusak.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment