comparison

Membandingkan Water Heater Gas dan Elektrik

Kesalahan pemula ketika mereka membeli sebuah produk water heater muncul karena kurangnya pengalaman dan juga pengetahuan seputar produk yang ingin dibeli. Produk pemanas ruangan telah populer penggunaannya di masyarakat modern. Pengetahuan seputar pembelian produk pemanas ruangan bisa dilandaskan pada jenis energi yang digunakan pada produk bersangkutan. Ada dua jenis utama produk heater yang tersedia dipasaran sana. Tipe yang pertama adalah produk dengan energi elektrik. Sedangkan pilihan yang kedua, heater menggunakan energi gas. Kedua tipe memiliki keunggulan masing-masing sehingga susah ditentukan mana produk terbaik.

Membandingkan Produk Water Heater
Ketika mempertimbangkan untuk membeli produk pemanas air elektrik atau gas, orang perlu paham dasar dan fungsi keduanya. Tujuannya guna mengetahui sedikit perbedaan terkait dengan produk. Kebanyakan orang sudah nyaman dengan pilihan produk pemanas air. Faktanya, orang justru malas mengganti pemanas air yang sudah lama terinstal dirumah mereka. Dari sudut pandang konsumsi energi, produk pemanas air dengan energi listrik dianggap lebih bisa menghemat pemakaian energi dalam rumah. Dari sudut pandang umur penggunaan, kedua tipe sama-sama memiliki jangka waktu 13 tahun. Keduanya bisa berfungsi untuk jangka panjang.

Meskipun water heater gas dan listrik memiliki perbedaan cukup substansial dari segi harga, cara kerja dan sistem operasi keduanya cenderung sama persis. Kedua produk berfungsi memanaskan air dengan metode pertukaran suhu. Sebuah produk heater tradisional memiliki bagian tangki yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan air panas. Sedangkan versi tankless takkan membutuhkan sama sekali karena air panas tersedia sesuai kebutuhan. Baik itu heater versi gas ataupun elektrik, tentu saja masih menggunakan tangki maupun tanpa tangki. Keduanya memiliki fungsi yang sama sehingga bisa dimanfaatkan pada versi manapun.

Memilih Produk Water Heater
Perbadingan cukup nampak dari produk water heater terletak dari segi biaya. Secara umum penggunaan biaya pada kedua tipe bisa dikatakan sama. Biaya penggunaan tergantung pada seberapa banyak akses gas dan listrik yang digunakan untuk mengaktifkan pemanas air. Biaya yang mahal terletak pada proses instalasi. Biasanya orang butuh mengeluarkan biaya instalasi sebesar 2 juta rupiah hingga mencapai 7 juta rupiah. Jika mau menghemat biaya instalasi, Anda bisa melakukan instalasi secara pribadi. Pengguna bisa mengurangi biaya penggunaan produk pemanas air dengan mengurangi intensitas penggunaan.

Perbedaan biaya pemakaian kedua jenis water heater terletak pada kebiasaan pemilik rumah. Penggunaan produk pemanas air versi gas biasanya membebani pemilik rumah dengan biaya 2 juta hingga 8 juta tiap tahun. Sedangkan produk pemanas air versi elektrik menghabiskan sekitar 4 juta hingga 12 juta setiap tahunnya. Beban biaya pemakaian juga tergantung dari tempat dimana orang biasa memanfaatkan produk dalam rumah. Ada biaya tertentu seperti penggunaan air dan seberapa banyak orang dalam rumah. Artinya, semakin banyak penghuni rumah maka semakin banyak biaya yang wajib dikeluarkan.

Ciri khas masyarakat modern selalu menyukai teknologi dan kenyamanan. Teknologi baru pasti memberikan kemudahan serta biaya lebih ekonomis dari penggunaan pemanas air dalam rumah. Pembeli pemula produk water heater perlu memanfaatkan review guna memilih produk paling efisien bagi kebutuhan dirumah mereka. Efisiensi pemanas air bergantung berbeda pada model dan jenis produk. Ada teknologi baru dari produk pemanas air elektrik yang ramah lingkungan. Bahkan penghematan energi bisa mencapai 98%. Sistem kerja pemanas air juga terbukti pada sisi efisiensi dari produk itu sendiri. Bahkan ada alternatif baru dari gas dan elektrik yaitu energi tenaga matahari.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment