Membeli AC Dengan Bijak

membeli ac dengan bijak

membeli ac dengan bijak

Saat suhu udara sedang panas, air conditioner atau AC menjadi peralatan elektronik yang sangat dibutuhkan di sebuah ruangan. Sekarang ini banyak sekali model AC beredar di pasaran, mulai AC berteknologi standard untuk mendinginkan udara, hingga AC dengan teknologi pembunuh virus, kuman dan bakteri. Dengan tekonologi yang semakin maju dan berguna, tentu harga AC tersebut bermacam-macam. Dari berbagai pilihan model AC, kita perlu memilih dengan bijak agar penggunaanya hemat listrik dan biaya, karena harga bukan satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan.
Memilih model AC
Hal pertama untuk dipertimbangkan dalam memilih AC secara bijak adalah tipe AC tersebut. Sesuaikan dengan kebutuhan, apakah jenis AC split atau AC central yang sesuai untuk hunian atau ruangan. AC central bisa diletakkan di suatu ruang dari sebuah rumah atau bangunan, namun bisa mendinginkan seluruh ruangan. Penyaluran udara dingin dari AC tersebut bisa melalui pipa-pipa di setiap ruangan ataupun dengan duct yang terhubung pada masing-masing ruang.
Sedangkan untuk AC split, meski cara kerjanya hampir serupa dengan AC central, kekuatan pendinginnnya tidak terlalu besar. Maka dari itu AC split hanya bisa mendinginkan sebuah ruangan karena daya pendinginnya terbatas. Jika dilihat dari segi keefektifan satu AC central menawarkan lebih banyak kenyamanan dan kepraktisan, karena satu buah AC sudah bisa mendinginkan seluruh ruangan yang ada di rumah.. Namun jika berbicara mengenai biayanya, tentu penggunaan AC central lebih memakan banyak biaya.
Pertimbangkan ukuran AC
Hal kedua setelah model AC, pertimbangan berikutnya adalah ukuran dari AC itu sendiri. Ukuran besar tidak selali menjamin kualitas darisebuah AC, atau tidak berarti bahwa AC besar akan lebih baik dari AC yang ukurannya lebih kecil. Unit AC yang besar tidak bisa mendinginkan ruangan secara merata, bahkan cara kerja AC yang terlalu cepat dalam mendinginkan ruangan bisa berakibat AC sering hidup dan mati.
Hal tersebut tentu bisa menyebabkan AC tidak bisa terlalu lama beroperasi dan membuat ruangan terlampau dingin dan basah. Selain itu, proses hidup-mati AC yang terlalu sering tentunya konsumsi listrik jadi lebih boros, sehingga kita perlu mengeluarkan lebih banyak biaya. Oleh karenanya, lebih disarankan untuk tidak memilih AC dengan unit ataupun kapasitas terlalu besar. Selain teknologi pada AC dan harga AC, sesuaikan ukuran tersebut agar nantinya tidak menimbulkan masalah.
Efisiensi AC
Pada umumnya, pertimbangan utama kebanyakan orang dalam memilih AC adalah merk dan harga AC. Tidak sedikit yang berpikir bahwa merk yang bagus akan sebanding dengan kualitas AC, baik dalam teknologi yang digunakan maupun kekuatannya dalam mendinginkan ruangan serta membersihkan udara dari kotoran. Sebagai pembeli bijak, kita perlu mempertimbangkan fitur yang dipasangkan dalam sebuah AC. Jika kita bingung saat ditawari berbagai jenis AC dengan fitur atau teknologi yang hampir serupa, perhatikan EER atau Energy Efficiency yang menjadi pembeda utama. AC dengan teknologi hemat listrik memang lebih mahal, namun dalam penggunaannya kita bisa lebih menghemat biaya untuk listrik bulanan.
Perhatikan pemasangan AC
Selain fiturnya, pemasangan AC juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih AC secara bijak. Meski sudah berteknologi hemat istrik, pemasangan AC yang tak tepat bisa berakibat pada pemborosan. Setiap jenis AC memiliki cara pemasangan yang spesifik dan berbeda, oleh karena itu kita perlu memperhatikan hal tersebut dengan cermat. Apakah instalasi AC akan dilakukan sendiri atau dengan bantuan teknisi, jangan pernah menyepelekan instruksi pemasangan dengan seksama, agar nantinya kita bisa menghemat pengeluaran untuk listrik.

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment